5 Teknologi Otomatisasi yang Meningkatkan Efisiensi UMKM

Kasir digital, salah satu teknologi otomatisasi
5 Teknologi Otomatisasi yang Meningkatkan Efisiensi UMKM. Photo by Freepik
Waktu baca: 2 menit

Kemampuan dalam mengikuti perkembangan zaman merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dengan mengikuti perkembangan terkini, bisnis akan dapat bertahan dan berkembang dengan pesat.

Apalagi di era sekarang sudah banyak teknologi otomatisasi yang membantu memudahkan pebisnis menjalankan bisnisnya, terutama UMKM.

Sayangnya, masih banyak UMKM di Indonesia yang belum bisa memanfaatkannya. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan beberapa teknologi otomatisasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Pengeluaran Ekspansi Bisnis yang Besar dan Tidak Terduga

5 Teknologi Otomatisasi yang Meningkatkan Efisiensi

Ada beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM. Berikut 5 teknologi otomatisasi utama yang bisa dimanfaatkan.

Kasir Digital

Pebisnis pasti membutuhkan laporan keuangan. Sebab semua kegiatan yang melibatkan transaksi keluar masuk kas perusahaan harus dicatat agar tahu pos mana yang berlebihan dan yang tepat.

Biasanya untuk memperoleh laporan keuangan, pebisnis perlu melakukan pembukuan setiap bulannya. Prosesnya terkadang cukup memakan waktu, apalagi jika dikerjakan secara manual.

Maka dari itu, munculah teknologi otomatisasi berupa kasir digital yang membantu menyederhanakan pekerjaan ini. Umumnya, kasir digital bekerja dengan cara menghitung, mencatat, dan menyimpan segala jenis transaksi keuangan untuk mempermudah arus kas bisnis. Nantinya di akhir bulan kamu bisa melihat kembali semua transaksi yang terjadi sehingga proses pembukuan lebih mudah.

Chatbot

Chatbot merupakan salah satu teknologi otomatisasi yang bisa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Melalui Chatbot, kamu bisa menyapa pelanggan dengan otomatis. Tentu hal ini jadi nilai plus untuk pelayananmu.

Selain itu, Chatbot juga dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan berulang yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Dengan sistem penjawab otomatis ini, tentu kamu bisa jadi lebih fokus untuk hal lain yang lebih penting.

Software CRM

Di tengah persaingan yang semakin ketat, bisnis tidak hanya harus menghasilkan produk yang berkualitas. Namun, layanan juga harus ditingkat agar mengerti kebutuhan pelanggannya.

Salah satu cara untuk mengerti kebutuhan pelanggan adalah dengan memangaatkan tools CRM atau Content Resource Management. Tools ini berfungsi untuk melihat kebiasaan membeli dari setiap konsumen yang bertransaksi. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan data-data yang tersedia untuk mengetahui barang apa yang sedang dibutuhkan, bagaimana preferensinya, dan kapan waktu terbaik untuk meluncurkannya.

Internet of Things

Salah satu cara mempermudah operasional bisnis ialah dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT). Teknologi ini bekerja dengan cara menghubungkan beberapa perangkat sekaligus melalui jaringan internet.

Nantinya, kamu bisa memiliki laporan terkini dari perangkat tersebut. Beberapa hal yang bisa terangkum dalam IoT adalah data stok barang, manajemen cabang, hingga efisiensi produksi.

Software ERP

Software ERP atau Software Enterprise Resource Planning merupakan perangkat penting dalam bisnis. Teknologi ini mesti dipadukan dengan IoT untuk menunjang kinerjanya.

Melalui kombinasi software ERP dan IoT ini, kamu bisa mendapat banyak informasi dari banyak sektor sekaligus. Tentunya informasi ini akan sangat membantu pebisnis saat akan mengevaluasi dan membuat keputusan baru.

Itulah beberapa teknologi otomatisasi yang membantu meningkatkan efisiensi bisnis. Lalu, untuk UMKM lebih bagus yang mana? Tidak ada panduan baku untuk memilihnya.

Yang terpenting adalah pelaku bisnis harus mengerti kemampuan perusahaannya baik secara budget maupun sumber daya manusia.

Dengan begitu, pelaku UMKM dapat memilih teknologi mana yang ingin digunakan.

Mungkin Anda juga menyukai