Pengeluaran Ekspansi Bisnis yang Besar dan Tidak Terduga

Sekumpulan orang yang sedang berdiskusi
Pengeluaran Ekspansi Bisnis yang Besar dan Tidak Terduga. Photo by Freepik
Waktu baca: 2 menit

Melakukan ekspansi bisnis menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan pebisnis. Sebab, ekspansi dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan profit bisnis.

Biasanya, aktivitas ekspansi bisnis berjalan setidaknya empat sampai lima tahun. Namun, ada juga yang tercapai hanya dalam hitungan bulan tergantung strategi masing-masing pebisnis.

Namun ekspansi bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, perusahaan harus menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Manfaat Ekspansi Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat melakukan ekspansi bisnis, yaitu:

Pendapatan dan Keuntungan Meningkat

Tujuan utama ekspansi bisnis adalah meningkatkan profit. Contohnya adalah meningkatkan kapasitas produksi sehingga bisa menjual lebih banyak produk. Saat lebih banyak produk yang terjual, maka keuntungan yang diperoleh akan lebih besar dari sebelumnya.

Perluas Pasar

Dengan ekspansi bisnis, perusahaan dapat terlibat dalam kolaborasi dengan entitas bisnis lain untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kolaborasi itu, tentu perusahaan akan dapat memasuki pasar dengan cakupan yang lebih luas.

Efisiensi Meningkat

Melalui ekspansi bisnis, efisiensi operasional usaha dapat meningkat. Sebab perusahaan akan memiliki lebih banyak rantai pasokan, cabang, ataupun lainnya yang lebih besar sehingga operasional bisnis berjalan cepat dan efisien.

Baca juga: Kiat-kiat Menjaga Hubungan Baik dengan Supplier, UMKM Wajib Tahu!

Pengeluaran Ekspansi Bisnis yang Tidak Terduga

Setelah tahu seperti apa manfaatnya, kamu perlu tahu pengeluaran yang tidak terduga dari ekspansi bisnis.

Berikut ini beberapa pengeluaran yang tidak terduga saat ekspansi bisnis:

Biaya sewa dan perawatan tempat

Saat melakukan ekspansi dengan membuka cabang di kota lain, kamu perlu menyewa tempat dan melakukan perawatan yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus membayar tagihan seperti tagihan listrik, air, dan internet.

Izin dan sertifikasi

Kamu mungkin akan membutuhkan izin dan sertifikasi lagi untuk mendukung upaya ekspansi bisnis. Ini tergantung dengan jenis bisnis yang dijalankan.

Contohnya, saat berbisnis makanan dan akan menjual menu baru, kamu akan membutuhkan sertifikasi halal.

Remodeling lokasi bisnis

Tidak hanya membuka cabang baru, dengan ekspansi bisnis butuh untuk remodeling tempat bisnisnya. Apalagi jika bisnismu adalah bisnis kuliner.

Restoran yang tadinya hanya 1 lantai perlu direnovasi menjadi dua lantai agar makin bisa menampung pelanggan.

Peralatan baru

Kamu pasti membutuhkan peralatan baru saat ingin ekspansi bisnis. Sebab, dengan meningkatnya pertumbuhan bisnis, maka butuh peralatan baru agar semuanya berjalan lancar.

Karyawan baru

Memperkerjakan karyawan baru tentu dibutuhkan untuk ekspansi bisnis. Seperti yang diketahui, saat rekrut karyawan baru butuh biaya tidak sedikit. Mulai dari proses sebelum rekrut hingga saat sudah menjadi karyawan.

Dana darurat

Pastikan untuk selalu menyiapkan dana darurat meskipun belum mulai ekspansi bisnis. Dengan adanya dana darurat ini, kamu bisa tetap tenang menghadapi kondisi apapun.

Dari daftar pengeluaran di atas, tentu ekspansi bisnis bukan hal yang murah. Maka dari itu, KlikCair menyediakan pinjaman untuk ekspansi bisnis.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs https://klikcair.com atau bisa juga menghubungi kami melalui WhatsApp.

Demikian penjelasan mengenai ekspansi bisnis. Pastikan untuk menyiapkan strategi yang tepat dan uang yang sesuai agar proses ekspansi bisnis berjalan lancar.

Mungkin Anda juga menyukai