Pebisnis Pemula Ingin Sukses? Yuk Simak Caranya di Sini

Seorang pebisnis sedang belajar
Pebisnis Pemula Ingin Sukses? Yuk Simak Caranya di Sini. Photo by @sarah_elizabeth
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali referensi yang bisa kamu baca mengenai cara bisnis online pemula. Sayangnya, kebanyakan dari referensi tersebut justru membingungkan. Referensi bukan mengarahkan kamu untuk cepat sukses menjadi pengusaha online tapi kamu justru kebingungan. Biasanya, ini disebabkan saking banyaknya referensi yang sudah kamu baca atau bahkan praktikkan.

Tentu itu bukan hal yang salah. Membaca dan belajar tentang bisnis online untuk pemula itu penting. Akan tetapi, seharusnya ilmu yang kamu serap tersebut membuat kamu lebih jelas apa yang segera harus dilakukan untuk jadi pengusaha sukses.

Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula yang Efektif

Sekumpulan orang yang sedang belajar bersama.
Belajar bisnis yang efektif. Photo by Pexels

Kamu perlu tahu satu hal, yaitu cara belajar bisnis online yang efektif. Di sinilah letak kesalahan kebanyakan orang. Mereka terlalu banyak membaca buku tentang bisnis online sehingga pandangan mereka semakin tidak jelas tentang apa yang harus dilakukan. Makanya, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui cara belajar bisnis online yang efektif.

Berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya kamu lakukan:

  • Membaca Referensi

Kamu harus mencari artikel, buku, atau e-book yang menjelaskan tentang macam-macam bisnis online. Setidaknya kamu harus mendapatkan gambaran terlebih dahulu seperti apa model bisnis online yang ada sekarang ini.

  • Pelajari Satu Jenis Bisnis Online secara Mendalam

Setelah tahu semua jenis bisnis online, saatnya kamu fokus. Pilih salah satu model bisnis yang paling kamu sukai. Di saat itulah kamu harus mulai memperdalam tentang bisnis tersebut.

  • Ikut Kelas Berbayar

Mungkin kamu bisa belajar dari sumber referensi atau e-book gratisan. Namun, kamu harus naik level. Kamu harus ikut kelas atau kursus belajar bisnis online berbayar. Mengapa? Karena di kelas tersebut kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti rahasia bisnis online yang belum banyak orang ketahui, jaringan yang lebih luas, dan lain sebagainya.

  • Cari Mentor yang Tepat

Mentor sangat diperlukan. Bahkan, ini cara bisnis online pemula yang sangat penting. Banyak pebisnis pemula yang salah jalan karena tidak memiliki mentor. Jadi, mentor itu diperlukan untuk memastikan kamu tidak salah jalan ketika memulai sebuah bisnis.

Jadi, sudah tahu kan apa yang harus segera kamu lakukan sekarang?

Baca juga: Ingin Tahu Perkembangan Bisnis Online di Indonesia? Simak Penjelasannya di Sini

Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Risikonya Rendah

Seorang wanita memegang kertas bergambar bohlam
Ide bisnis. Photo by Pexels

Bisnis seperti apa yang tepat untuk pemula? Tentu saja bisnis yang risiko buruknya sangat minim. Dalam hal ini, ada tiga ide bisnis dengan risiko rendah. Apa saja itu?

  • Reseller

Pada intinya, tugas kamu sebagai reseller adalah menjualkan produk orang lain. Sebagai reseller, biasanya kamu mendapatkan harga produk yang jauh di bawah harga jual produsen. Dengan ini, kamu bisa menentukan margin keuntungan secara lebih leluasa.

  • Dropshipper

Ini mirip dengan reseller. Hanya saja, ketika kamu menjadi dropshipper, kamu tidak perlu stok produk. Kamu hanya perlu mencari lead atau sales. Ketika ada yang membeli, kamu bisa meminta produsen untuk mengirimkan produk atas nama toko online kamu.

  • Affiliate Marketer

Mau yang lebih mudah lagi daripada reseller dan dropshipper? Namanya Affiliate Marketer. Tugasnya sama, yaitu menjualkan produk. Hanya saja, kamu hanya perlu memasang link affiliate entah itu di blog, media sosial, atau media apapun yang kamu gunakan. Setiap kali ada pembelian dari link tersebut, kamu secara otomatis mendapatkan komisi.

Mana yang akan kamu pilih? Yang pasti, cara bisnis online pemula tersebut di atas bisa kamu terapkan agar kamu tidak salah langkah. Banyak yang salah langkah karena terlalu banyak hal yang dilakukan tanpa membuahkan hasil.

Artikel Lainnya