Contoh Bisnis Online Rumahan Mudah yang Layak Dicoba

ilustrasi menjalankan bisnis online menggunakan handphone dan laptop
Contoh Bisnis Online Rumahan Mudah yang Layak Dicoba. Photo by @austindistel
Bagikan:

Waktu baca: 5 menit

Masa pandemi Covid-19 yang belum selesai membuat banyak orang berpikir lebih guna mendapat pemasukan yang mencukupi. Bisnis online menjadi salah satu yang banyak digeluti masyarakat saat ini, keuntungan yang menjanjikan jika digeluti dengan tekun membuat bisnis ini semakin menjamur di kalangan masyarakat.

Bisnis online rumahan menjadi pilihan seiring pandemi Covid-19 yang belum mereda hingga saat ini, bisnis ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Pelaku bisnis ini bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan mudah tanpa harus keluar dari rumah, sehingga waktu bersama keluarga tidak akan berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang dijalankan dengan mengandalkan internet dan perangkat lain, seperti komputer, laptop atau smartphone. Pelaku bisnis ini biasanya disebut dengan internet marketer, banyak sekalis bisnis online yang tersedia saat ini, beragam macam pilihan bisnis online berikut ini bisa dijadikan rekomendasi.

Contoh Bisnis Online Terbaik

  • Pengiklan
Ilustrasi iklan yang dijalankan melalui Facebook
Menjadi pengiklan. Photo by @alessiozaccaria

Bisnis online rumahan yang tak membutuhkan modal pertama adalah menjadi seorang pengiklan website, bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan bahkan tak memerlukan modal besar untuk melakukannya. Menjadi pengiklan sudah digeluti banyak orang di tengah pandemi Covid-19, karena dianggap bisnis yang simpel tapi menguntungkan.

Membuat website dengan konten yang menarik bisa dilakukan pelaku bisnis ini, meski begitu perlu dipahami juga mengenai target pembacanya agar tepat sasaran. Iklan atau ads bisa ditambahkan ke dalam website, keuntungan cukup banyak didapat dari iklan tersebut.

Pelaku bisnis juga harus memastikan jika memiliki jumlah pengunjung yang signifikan pada website tersebut, tujuannya nanti pihak yang produknya ingin diiklankan bersedia agar iklannya dipasang pada website yang digunakan untuk berbisnis online tadi.

  • Menjadi Pembangun
transaksi kartu kredit
Menjadi pembangun. Photo by Pexels

Bisnis online yang bisa dijalankan di kala pandemi Covid-19 selanjutnya adalah list building atau pembangun, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Namun, pelaku bisnis ini harus benar-benar teliti karena bakal bermain dengan data dan pada umumnya, pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan.

Data yang diambil bersifat umum, seperti membuat daftar dari nomor WhatsApp dan daftar yang bisa dikelompokkan berdasarakan usia, gender dan sebagainya. Meskipun berhubungan dengan data pribadi seseorang, jika dijalankan dengan benar dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku bisnis ini bisa sangat menjanjikan.

  • Affiliate Marketer
Seorang wanita sedang menjalankan affiliate marketing.
Affiliate marketing. Photo by Pixabay

Memasarkan produk sebagai affiliate marketer adalah bisnis online dengan modal minim lainnya, pada dasarnya bisnis yang satu ini erat hubungannya dengan list building dan bisnis yang memiliki target pasar. Pelaku bisnis yang satu ini harus bisa menemukan target yang jelas dan sistem pendapatannya adalah sistem komisi.

Misalnya pelaku bisnis ini memasarkan sekaligus menjual produk dari harganya sekitaran Rp10 ribu namunbisa dijual hingga Rp50 ribu, sehingga sebanyak Rp40 ribu sisanya akan menjadi milik pelaku bisnis affiliate marketer sebagai keuntungan bersih dari sistem komisi.

Baca juga: Langkah Belajar Bisnis Affiliate Marketing Gratis bagi Pemula

  • Online Shop
Buka online shop.
Buka online shop. Photo by Pixabay

Toko online bisa dibilang menjadi contoh bisnis online terbaik yang pernah ada di era milenial sekarang dan tidak membutuhkan banyak modal. Secara fisik toko merupakan sebuah bangunan yang di dalamnya terdapat barang-barang dagangan yang tertata rapi, berisi semua kebutuhan baik primer maupun sekunder.

Namun untuk toko online tidak berbentuk fisik, semua barang dagangan bisa dimasukkan ke dalam laman jual beli online. Pelau bisnis hanya membutuhkan smartphone dan internet, selain barang yang diperdagangkan toko oinline juga berisi spesifikasi barang yang dijual. Selain itu, pelaku bisnis juga harus menjaga nama baik agar dipercaya konsumen.

Perlu dipahami dengan benar agar membentuk reputasi baik terhadap bisnis onlie ini, jangan sampai membuat kesalahan seperti penipuan atau barang yang diperjualkan tidak sesuai dengan keterangan dan spesifikasi yang dituliskan. Kondisi itu bisa menyebabkan konsumen kecewa hingga berujung menurunya tingkat kepercayaan mereka dalam belanja di toko online.

  • Content Writer
Jasa content writer.
Jasa content writer. Photo by @kaitlynbaker

Contoh bisnis rumahan tanpa modal selanjutnya adalah menjadi seorang penulis atau nama kerennya content writer. Modal yang dikeluarkan sebagai penulis tidak banyak, namun harus teliti, memiliki pengetahuan luas hingga mempunyai kemampuan menulis yang baik atau setidaknya sesuai dengan kaidah penulisan.

Keuntungan lain dari menjalankan bisnis ini selain uang adalah mendapatkan pengetahuan mengenai apa saja yang ada di sekitar hingga apa saja di seluruh dunia. Pekerjaan ini memberikan hasil yang lumayan jika pelaku bisnisnya konsisten dalam mengerjakannya seperti halnya menjalankan bisnis pada umumnya.

  • Menjual Jasa
Salah satu contoh jasa yang bisa dijual yaitu desain grafis.
Menjual jasa sebagai desain grafis. Photo by Pexels

Menjual jasa tengah menjadi peluang bisnis paling ngetren saat ini, pasalnya pelaku bisnis ini dapat menawarkan apa saja dengan berbagai macam keahlian. Bisa berhubungan dengan teknologi maupun tradisional, bagi yang menggeluti dunia teknologi menjual jasa sebagai maintenance website, SEO dan lainnya sangat menjanjikan.

Pekerjaan ini ditentukan dari berapa lama seorang duduk di kuris kerjanya, tanpa tekanan dari pihak lain dan hanya pelaku bisnis yang mampu menentukan kapan pekerjaan akan selesai. Namun demikian, untuk menjalankan bisnis ini pelaku tentu harus membekali diri dengan modal cukup mahal, yakni leptop yang sehat dan koneksi internet lancar.

  • Kursus Online
Buka kursus online.
Buka kursus online. Photo by Pexels

Membuka kursus online juga tengah menjadi tren yang tengah digemari banyak orang, kursus online merupakan sebuah website yang berisi berbagai macam materi pengetahuan. Nantinya pengunjung website tersebut dapat mengakses dengan membayar terlebih dahulu, bisa berlangganan maupun sekali beli.

Pelaku bisnis ini tak perlu memiliki keahlian codding untuk membuat website, karena sudah banyak platform website yang membantu pelaku bisnis membuat kursus online menggunakan sistem yang baik, pelaku hanya harus fokus pada keahlian yang ditawarkan saja.

  • PPD Lewat Android
mengunduh suatu aplikasi melalui HP android
PPD lewat android. Photo by Pexels

Bisnis online yang satu ini terbilang menarik, PPD merupakan singkatan dari Pay Per Download atau bisa dibilang pelaku bisnis ini dibayar setiap melakukan download. Bisnis ini bisa dijalankan menggunakan komputer maupun ponsel android, sebagai pemula disarankan untuk menggunakan smartphone android karena jauh lebih simpel dan cepat menghasilkan. Jika sudah memiliki ponsel android dan internet.

Pelaku bisa langsung mendaftarkan diri dan tidak dipungut biaya dan bahkan langsung dibayar sebagai anggota baru. Namun sangat disarankan untuk memahami benar peraturan yang diterapkan guna menghindari risiko yang ada.

  • Membuka Jasa Copywriting
seseorang sedang menyusun copywriting untuk suatu brand.
Jasa copywriting. Photo by Pixabay

Copywriting bisa menjadi bisnis online yang sangat layak dicoba jika pelaku bisnis memiliki basic yang pintar dalam menawarkan barang dagangan. Karena copywriting merupakan salah satu teknik menjual produk yang banyak ditemukan, baik melalui media cetak maupun media digital seperti lewat website.

Bagi seseorang yang menguasai teknik copywriting tentu bisa langsung memulai bisnis ini, modalnya memang cukup mahal bukan menggunakan dana melainkan kecerdasan otak dalam meyakinkan konsumen agar mau membeli produk yang dijual. Untuk pemula sebaiknya memahami dulu teknik copywriting yang benar agar tidak salah ketika menerapkan.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai