5 Teknik Negosiasi yang Bikin Untung, Wajib Coba!

5 Teknik Negosiasi
5 Teknik Negosiasi yang Bikin Untung, Wajib Coba! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya terdapat negosiasi. Bahkan, dalam aspek bisnis negosiasi merupakan hal utama dalam memperoleh keuntungan. Faktanya terdapat 5 teknik negosiasi yang wajib diketahui. Hal ini sangat perlu untuk diketahui semua jenis kalangan.

Teknik negosiasi ini sangat penting untuk dipelajari. Pasalnya dengan adanya keterampilan negosiasi kamu bisa menjalin hubungan dengan orang lain semakin baik. Tidak hanya itu saja, keterampilan ini juga memberikan solusi jangka panjang dan konflik berkepanjangan.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui apa saja teknik negosiasi yang wajib diketahui, artikel ini akan memberikan penjelasan secara rinci. Tentunya penjelasan ini sangat berguna di kehidupan sehari-hari. Faktor keberhasilan negosiasi bergantung pada teknik yang dipakai.

Baca juga: Apa Itu Interpersonal Skill dan Pelajari Manfaat untuk Hidupmu

5 Teknik Negosiasi untuk Mendapatkan Apa yang Diinginkan

Kata negosiasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Teknik negosiasi sendiri memiliki arti cara seseorang dalam menyelesaikan perbedaan. Tujuan negosiasi ini untuk mencapai kesepakatan bersama antara dua belah pihak tanpa adanya perselisihan.

Maka dari itu, jika terjadi kegagalan dalam negosiasi dapat dikatakan salah satu pihak tidak merasa diuntungkan. Untuk mencapai keuntungan tersebut sangat diperlukan teknik negosiasi. Lebih lanjut, artikel ini akan membahas berbagai trik negosiasi yang bikin untung.

Mau tahu apa saja tekniknya? Yuk, simak ulasan lebih lanjut di bawah ini untuk memperoleh keuntungan negosiasi berikut ini:

1. Tingkatkan Skill Mendengar

Seseorang yang memiliki skill negosiasi terbaik, umumnya dia juga memiliki tingkatan tinggi pada skill mendengar. Dirinya akan senantiasa bersabar untuk mendengar negosiasi seseorang. 

Perlu diketahui, kamu bisa membiarkan lawan bicara bernegosiasi terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan mengetahui apa yang diharapkan. Setelah itu, kedua pihak diharapkan memberikan jalan tengah untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Contoh bernegosiasi ini biasa terjadi pada pedagang dan pembeli. Mungkin sebagian besar orang sudah mempunyai pengalaman negosiasi ini. teknik poin pertama ini dapat dibilang sangat ampuh untuk diterapkan. Jadi, sebaiknya tingkatkan skill mendengar terlebih dahulu. 

2. Hindari Terbawa Suasana

Dalam ilmu negosiasi terbawa suasana perlu kamu hindari. Hal ini memicu salah satu pihak mengalami kerugian. Perlu diingat, adanya negosiasi bertujuan memperoleh keuntungan kedua belah pihak dengan kesepakatan bersama.

Salah satu contoh negosiasi kolaborasi, ketika kamu melakukan negosiasi, pastinya dari pihak lain akan menceritakan masalah dan alasan mengapa mereka menolak kesepakatan. Pada kesempatan kali ini, sebaiknya jangan terlalu terbawa suasana. 

Umumnya, itu adalah cara mereka memancing pihak lawan untuk mengerti keadaan mereka. Pada transaksi jual beli yang rendah, tidak ada salahnya kamu mempersilahkan lawan bicara mencari alternatif lainnya. 

Banyak orang mengalami kegagalan bernegosiasi karena terbawa suasana. Maka dari itu, sebaiknya hindari hal ini untuk mendapat keuntungan.

3. Gunakan Kecerdasan Emosional

Selain menggunakan teknik negosiasi sebelumnya, menggunakan kecerdasan emosional menjadi salah satu dari 5 teknik negosiasi. Dengan menggunakan kecerdasan emosional ini, kamu akan lebih mudah menunjukkan empati dan rasa tidak nyaman. 

Tidak hanya itu saja, menariknya orang lain akan lebih menyukai dirimu dan dipercaya dapat memberikan solusi terbaik. Oleh sebab itu, kecerdasan emosional sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada aktivitas negosiasi.

Menggunakan teknik yang satu ini dapat dipastikan kamu akan lebih mudah mencapai keberhasilan negosiasi. Teknik ini juga sudah banyak digunakan oleh seseorang yang profesional bernegosiasi. 

4. Mempersiapkan Secara Matang

Teknik negosiasi bisnis selanjutnya yakni mempersiapkan segala hal secara matang. Perlu diketahui, melakukan negosiasi tanpa perencanaan yang matang merupakan nol besar. Oleh karena itu, lakukan pelatihan teknik negosiasi terlebih dahulu untuk memaksimalkan untung.

Dalam mempersiapkan negosiasi, kamu bisa sedikit riset terhadap apa yang lawan inginkan. Setelah itu, sebaiknya analisis kekurangan dan kelebihan harapan mereka. Dengan cara tersebut dapat dipastikan teknik negosiasi efektif dan tepat sasaran.

Akan tetapi, untuk memaksimalkan hasil secara sempurna, sebaiknya lakukan konsultasi kepada seseorang yang lebih paham tentang sisi lawan negosiasi. 

Cara ini terbilang sangat ampuh untuk dilakukan. Jadi, mempersiapkan segala hal dalam negosiasi memang sangat penting.

5. Berpegang Teguh Pada Prinsip

Tidak kalah penting dari 5 teknik negosiasi lainnya, berpegang teguh pada prinsip juga merupakan salah satu teknik dan strategi negosiasi. Umumnya saat proses negosiasi berlangsung, sebaiknya kamu memegang prinsip serta nilai panduan yang telah ditetapkan. 

Sebaiknya hindari menawar prinsip tersebut. Jika kamu melakukan hal tersebut dapat dikatakan kamu merupakan seorang negosiator yang buruk. Hal ini sangat penting untuk diketahui. Sebab pada poin tersebut juga menjadi penentu keberhasilan negosiasi.

Nah, itulah 5 teknik negosiasi yang harus diketahui semua orang. Pada dasarnya, negosiasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada bisnis. Untuk mencapai kesepakatan bersama, sangat diperlukan teknik dan taktik negosiasi. 

Beberapa teknik yang perlu diketahui yakni meningkatkan skill mendengar, menghindari terbawa suasana ketika negosiasi, hingga menggunakan kecerdasan emosional.

Tidak lupa, kamu juga diharapkan mempersiapkan segala hal secara matang dan berpegang teguh pada prinsip. Dengan menggunakan 5 teknik negosiasi ini dapat dipastikan keuntungan dalam negosiasi akan sangat mudah didapatkan. Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk melakukan negosiasi. Cukup gunakan 5 teknik negosiasi tersebut, maka kamu akan mudah mendapatkan apa yang diinginkan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat ya!

Mungkin Anda juga menyukai