Inilah Berbagai Jenis Pilihan Alat Pembayaran Non Tunai Modern yang Banyak Digunakan Masyarakat

Inilah Berbagai Jenis Pilihan Alat Pembayaran Non Tunai Modern yang Banyak Digunakan Masyarakat. Photo by @blakewisz
Waktu baca: 3 menit

Berkembang pesatnya teknologi yang ada di zaman sekarang ini, ternyata juga turut berpengaruh pada proses transaksi keuangan di kalangan masyarakat. Hal ini bisa kamu lihat dari munculnya aneka jenis alat pembayaran non tunai super canggih dan modern yang berguna dalam mempermudah kegiatan transaksi pengguna sehari – hari.

Dengan menawarkan kemudahan, kecepatan, keamanan dan kenyamanan dalam penggunaannya, alat pembayaran non tunai ini bisa dijadikan sebagai solusi pilihan alternatif bagi orang – orang yang tidak memiliki banyak waktu dalam melakukan transaksi secara langsung. Maka dari itu, di artikel kali ini akan dijelaskan secara lebih detail terkait macam – macam alat pembayaran non tunai dalam memudahkan proses transaksi keuangan sehari – hari.

8 jenis alat pembayaran

Pembayaran cashless.
Alat pembayaran cashless. Photo by @squareinc

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai jenis – jenis alat pembayaran non tunai yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat, ada baiknya bagi kamu untuk tahu lebih dulu mengenai pengertian dari alat pembayaran non tunai yang satu ini. Ya, alat pembayaran non tunai sendiri umumnya merupakan alat pembayaran yang sering dipakai dalam melakukan proses pembayaran tanpa perlu menggunakan uang fisik seperti kertas maupun koin. Sebab, alat pembayaran non tunai yang biasanya dipakai di sini yakni menggunakan cek, kartu kredit, giro maupun uang elektronik.

Baca juga: Prosedur Mengurus Buku Tabungan Hilang

Hadir sebagai sistem pembayaran digital yang menawarkan berbagai keunggulan, alat pembayaran non tunai / cashless ini terbagi menjadi beberapa jenis yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat di antaranya yakni sebagai berikut

  • Kartu kredit

Salah satu alat pembayaran non tunai yang banyak dipakai oleh kalangan masyarakat di masa sekarang yakni kartu kredit. Dimana, kartu kredit ini sendiri umumnya merupakan alat pembayaran non tunai yang dikeluarkan oleh pihak bank dengan menggunakan sistem utang. Adapun untuk jumlah total transaksi yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan jenis kartu kredit ini nantinya akan diakumulasikan dalam jangka waktu tertentu, seperti misalnya sebulan.

  • Kartu debit

Alat pembayaran non tunai selanjutnya yang juga tidak kalah populer dari kartu kredit adalah kartu debit. Dimana, jenis kartu ini umumnya merupakan kartu yang yang diterbitkan oleh pihak bank dimana kamu biasanya menabung rekening. Untuk kartu debit ini sendiri, biasanya berbentuk saldo. Sementara itu, kamu juga perlu tahu bahwa ada beberapa kartu kredit yang biasanya memiliki batasan tertentu dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh pihak pengguna.

  • Kartu prabayar

Dalam kehidupan sehari – hari, kamu tentu pernah atau bahkan sering mendengar alat pembayaran non tunai seperti kartu prabayar, bukan? Ya, kartu prabayar ini umumnya berbeda dengan kartu debit maupun kartu kredit. Sebab, di kartu ini tidak memiliki sistem utang dan juga tidak terkait dengan adanya rekening bank. Adapun untuk kartu prabayar ini sendiri memiliki saldo minimum sampai dengan Rp 0 sehingga kamu bisa mengisi ulang atau bahkan menghentikan pemakaiannya tanpa takut terkena denda.

  • Cek

Jenis alat pembayaran non tunai cek ini sendiri umumnya berbentuk kertas. Dimana, kertas cek ini biasanya berupa surat perintah kepada pihak bank untuk dapat mencairkan sejumlah dana tertentu yang diinginkan. Adapun cek ini bisa dicairkan atas persetujuan dari nama nasabah maupun nama lain yang memang sudah tertera jelas di dalam cek tersebut.

  • Giro

Seperti halnya dengan sistem cek, giro juga umumnya merupakan surat perintah kepada pihak bank tertentu. Meski memiliki sistem yang sama, baik cek dan giro memiliki perbedaan. Dimana, giro sendiri umumnya tidak digunakan untuk mencairkan dana seperti halnya cek. Sebab, giro sendiri umumnya hanya digunakan untuk dapat memindahkan dana dari rekening satu nasabah ke pihak rekening nasabah lain.

  • E-money

Zaman modern seperti sekarang ini, elektronik money (e-money) umumnya sering dipakai oleh hampir sebagian besar kalangan masyarakat. Adapun dalam penggunaannya sendiri, e-money yang digunakan dapat berbentuk kartu maupun server. Hal ini tentunya bisa kamu lihat dari beberapa contoh e-money di pasaran seperti DANA, OVO dan lain – lain, bukan?

  • Nota kredit

Yakni merupakan surat yang dipakai oleh nasabah untuk dapat mengirim dan memindahkan uang non tunai ke rekenik lain dengan menggunakan metode kliring. Dalam penggunaannya sendiri, alat pembayaran jenis non kredit ini biasanya sering digunakan oleh para pengguna dalam melakukan transaksi yang memiliki nominal yang cukup besar.

  • Nota debit

Alat pembayaran non tunai selanjutnya yakni nota debit. Dimana, nota debit tersebut biasanya sering digunakan untuk menagih hutang para nasabah dengan nominal dan jangan waktu tertentu yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu saja, nota debit ini sendiri juga biasanya sering digunakan sebagai alat untuk memudahkan transaksi antar perusahaan.

Jadi, itulah beberapa jenis alat pembayaran yang sampai sekarang masih digunakan oleh kalangan masyarakat untuk memudahkan dalam proses transaksi secara mudah, aman, cepat dan nyaman.

Artikel Lainnya