Mengenal AI Karakter yang Viral di Instagram dan Cara Menggunakannya

Mengenal AI Karakter yang Viral di Instagram dan Cara Menggunakannya
Mengenal AI Karakter yang Viral di Instagram dan Cara Menggunakannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Belakangan ini, penggunaan AI karakter kian populer di tengah masyarakat. Banyak sekali pesohor dan orang ternama di tanah air yang menggunakannya. Bahkan, pemanfaatannya kini menjadi trend di media sosial seperti Instagram.

Lantas, apa sebenarnya AI karakter tersebut? Kemudian, apa saja kegunaannya?

Mari simak ulasannya lengkap dengan cara menggunakannya di bawah ini!

Mengenal Avatar AI

Avatar AI
Avatar AI. Photo by Pixabay

Apa itu Avatar AI? Avatar AI adalah sebuah karakter digital yang dibuat dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Ini menjadi sebuah teknologi baru yang cukup menjanjikan. Ditawarkan untuk mengubah sebuah foto menjadi sebuah lukisan modern hingga seperti karakter dalam film fantasi.

Pengguna bisa mengubah sejumlah foto yang diinginkannya. Foto tersebut bisa diubah menjadi gambar animasi sesuai dengan tema yang terpilih. Contohnya adalah diubah dengan tema horor atau fantasi dan lain sebagainya.

Jenis dari avatar yang disediakan sangat bervariasi. Meskipun begitu, kebanyakan dibuat menyerupai manusia dalam dunia nyata.

Hasil dari pengubahan foto menjadi bentuk karakter tertentu ini dapat disimpan. Kemudian, dibagikan di berbagai media sosial. Contohnya adalah Instagram.

Yang perlu diketahui, pengubahan ini membutuhkan bantuan aplikasi lain. Aplikasinya adalah Lensa AI.

Lensa AI sendiri merupakan sebuah aplikasi untuk mengedit foto. Lebih tepatnya digunakan untuk mengedit foto wajah.

Pengubahan foto tersebut memanfaatkan teknologi AI. Tentunya, hasil yang didapatkan memberikan kesan yang lebih nyata.

Di dalam aplikasi tersebut, ada beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Fitur yang sering digunakan adalah pengedit foto wajah.

Fitur pengeditan ini cukup lengkap. Yakni, bisa kamu gunakan untuk mengedit warna kulit, warna rambut, bentuk pipi hingga bentuk hidung.

Ketika kamu menggunakan aplikasi untuk membuat AI karakter online ini, kamu akan memperoleh foto yang sesuai dengan keinginan. Menariknya, pengeditan ini bisa dilakukan dengan mengganti gaya sekaligus latar belakang foto.

Tetapi kebanyakan, para pengguna lebih sering memanfaatkan fitur untuk mengubah foto menjadi bentuk animasi. Karena, tampilannya dinilai lebih artistik.

Baca juga: Pengertian, Manfaat dan 4 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Kegunaan Avatar AI

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan Avatar AI ini. Salah satu kegunaan atau manfaatnya adalah memungkinkan pengguna untuk mengubah foto wajahnya menjadi bentuk animasi sesuai keinginan.

Selain mengubahnya ke bentuk animasi, kegunaan lainnya adalah untuk mengubah seluruh tampilan foto sesuai dengan tema. Contohnya bila ingin menampilkan foto lebih tirus, pengguna dapat mengeditnya melalui fitur yang tersedia.

Kemudian, pengguna juga dapat mengedit warna rambut hingga warna kulit. Ini memungkinkan hasilnya jauh lebih bagus.

Tak hanya itu saja, kegunaannya adalah untuk mengedit rupa foto secara keseluruhan. Pengguna bisa mengganti tema latar belakang yang memungkinkannya sedang berada di tempat lain.

Contohnya mengganti latar belakang dengan pemandangan alam atau pun latar belakang berupa luar angkasa. Dengan pengubahan ini, tampilan dari fotonya akan jauh lebih unik.

Keunikan hasil inilah yang menjadikan pengguna semakin tertarik. Bahkan, mulai mencoba untuk memanfaatkannya sebagai bagian dari kreativitasnya dalam mendesain.

Hasilnya dapat dibagikan sebagai Avatar Instagram. Tentunya, menjadi salah satu foto profil yang lebih menarik untuk dilihat.

Cara Menggunakan Avatar AI Karakter

Bukanlah hal yang sulit untuk membuat avatar dengan memanfaatkan teknologi AI. Jika kamu hendak membuatnya, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh Aplikasi Lensa AI

Untuk pertama kalinya, silahkan unduh aplikasi untuk mengedit foto Lensa AI. Karena, aplikasi inilah yang paling sering digunakan untuk menghasilkan foto karakter animasi.

Setelah mengunduhnya, instal ke dalam perangkat seluler. Usahakan aplikasinya sesuai dengan perangkat yang digunakan. Tujuannya supaya tidak terjadi crash atau corrupt file apk.

  1. Jalankan Aplikasi

Langkah keduanya adalah mulai menjalankan aplikasinya. Caranya cukup dengan menekan menu Magic Avatars.

Menu ini dipilih jika kamu ingin mengubah foto menjadi bentuk karakter animasi. Tentunya, pengeditan foto akan lebih dinamis dan fleksibel.

  1. Ambil Foto

Langkah ketiganya adalah menentukan foto yang hendak diedit. Di sini, pastikan sudah menyediakan foto yang telah tersimpan dalam perangkat seluler.

Usahakan supaya fotonya menampilkan wajah secara close up. Dengan begitu, pengeditannya akan lebih maksimal.

Cara mengunggahnya dengan menekan menu Try Now. Setelah itu, tekan Continue untuk memilih sejumlah fotonya.

  1. Pilih Detail Avatar

Langkah keempat adalah menentukan detail avatar. Ini hanya bisa dilakukan setelah kamu menyelesaikan proses pemilihan foto yang sesuai persyaratan.

Jika sudah, tekan Import. Kemudian, tentukan detail avatarnya. Contohnya memilihnya sesuai gender.

Aplikasi ini akan segera memproses pengeditannya. Silahkan tunggu beberapa menit agar aplikasi ini melakukan pengeditan otomatis.

Biasanya, waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Tergantung pada jumlah foto yang hendak diedit. Artinya, lamanya bergantung pada banyaknya foto yang mungkin kamu ingin ubah.

  1. Unduh dan Bagikan

Langkah kelima adalah mengunduhnya. Ini bisa dilakukan setelah proses edit selesai dilakukan.

Ketika editing foto selesai sesuai dengan tema yang diinginkan, hasilnya akan ditampilkan. Kamu tinggal mengunduhnya dengan menekan tombol Save All. Barulah kamu dapat mengunggahnya di Instagram atau pun media sosial lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai AI karakter yang trending di Instagram. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi Lensa AI. Aplikasi ini tersedia gratis selama 7 hari. Setelah itu, kamu perlu langganan.

Mungkin Anda juga menyukai