Ketahui! Ini 5 Tips Memilih Tabungan Anak Terbaik di Indonesia

Tabungan anak
Ketahui! Ini 5 Tips Memilih Tabungan Anak Terbaik di Indonesia. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Ingin buka tabungan khusus untuk si kecil? Kebiasaan menabung memang harus mulai ditanamkan sejak dini. Lagipula, saat ini ada banyak bank penyedia yang menawarkan jenis tabungan anak. Tapi meski begitu, kamu perlu jeli saat memilihnya.

Kepribadian anak harus terus dibentuk sejak kecil. Berbagai kebiasaan baik harus selalu diajarkan. Salah satunya yaitu dengan melatihnya agar terbiasa menabung. Mulai dari menyimpan di celengan hingga memiliki rekening tabungannya sendiri.

Tips Memilih Tabungan Anak yang Terbaik

Pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis.
Memilih rekening tabungan untuk anak. Photo by Pixabay

Di awal mengajari anak untuk menabung, kamu mungkin bisa menyediakan celengan di rumah. Namun ketika uang sudah tertabung banyak, itu tentu tidak bisa lagi dilakukan. Karenanya, kamu perlu membuka tabungan khusus anak di bank.

Nah, untuk itu berikut tips memilih tabungan yang terbaik untuk anak:

  • Pilih yang Setoran Awalnya Kecil

Seperti pada umumnya, ada setoran awal sebelum buka tabungan anak. Biasanya untuk tabungan ini, jumlah setoran awalnya lebih kecil dari tabungan biasa. Akan tetapi, itu tetap penting diperhitungkan juga.

Disarankan untuk setoran awal ini gunakan saja uang milik anak sendiri. Seperti dari celengan atau sisa uang saku. Hal ini agar si kecil merasa memiliki tabungan tersebut. Sehingga ia bersemangat untuk rajin menabung.

Nah, untuk itu maka lebih baik pilihlah bank yang setoran awalnya sesuai jumlah uang anak. Kamu bisa cek lebih dulu bank-bank yang menyediakan tabungan ini. Karena setiap bank memiliki aturannya sendiri.

  • Jumlah Setoran Minimal Selanjutnya Juga Kecil

Tidak hanya untuk setoran awal, pilihlah juga yang minimal setoran selanjutnya kecil. Kamu bisa mencari tahu di beberapa bank yang menawarkan. Dan ketahui berapa minimum setoran yang masing-masing bank tetapkan.

Minimum setoran yang kecil ini akan memudahkan anak menyetor uang setiap bulannya. Sehingga keinginannya untuk menabung jadi semakin besar.

  • Potongan Biaya Administrasi Rendah

Saat menabung di bank, pasti ada biaya administrasi yang dibebankan. Kalau itu tabungan kamu pribadi, mungkin tak begitu masalah. Namun ini berbeda karena untuk si kecil. Kamu harus pilih tabungan dengan potongan yang rendah.

Potongan biaya ini bisa menguras tabungan. Jadi jangan sampai kamu pilih yang potongannya tinggi. Cermatlah melihat biaya administrasi bank yang akan kamu pilih. Semakin kecil potongan bahkan nol, maka akan semakin bagus.

  • Memberikan Suku Bunga dengan Saldo Minimum Rendah

Tidak hanya tabungan biasa, tabungan khusus anak juga memiliki bunga. Dengan catatan, jumlah saldonya sudah memenuhi saldo minimum. Dari hal ini anak bisa diajarkan bahwa menabung itu menguntungkan. Jadi sebaiknya pilih bank yang memberikan bunga pada jumlah minimum saldo yang kecil.

  • Memiliki Desain Kartu ATM Menarik

Bagi orang dewasa, hal ini mungkin tidak penting. Namun bagi anak-anak, jelas ini menarik. Kartu ATM yang bagus akan membuat si kecil bangga dan senang. Sehingga ia lebih bersemangat untuk menabung.

Yang perlu diperhatikan adalah awasi anak dalam menggunakan kartunya. Beri tahu juga soal keamanan dan merahasiakan pin agar tabungan tetap aman.

Baca juga: Strategi Orang Tua Modern Mengajari Anak Menabung

Rekomendasi Tabungan Anak di Indonesia

Britama Junior, salah satu contoh tabungan anak. Photo by Kumparan

Bank yang menyediakan membuka tabungan khusus anak ada banyak, tidak cuma satu. Di Indonesia sendiri, ada beberapa yang bisa kamu pilih. Diantaranya yaitu:

  • Tabungan BTN Junior

Adalah produk BTN khusus bagi nasabah 0-17 tahun. Tabungan ini sangat cocok untuk mengedukasi anak. Setoran minimum cuma Rp10.000 dan saldo minimum mengendap hanya Rp20.000. Sangat memudahkan bagi anak menabung.

  • Tabungan BNI Taplus Anak

Tabungan ini ditujukan bagi nasabah di bawah 18 tahun. Kelebihan tabungan ini yang banyak disukai ialah adanya notifikasi SMS ke orang tua. Juga banyaknya promo dan desain kartu debit yang bebas ditentukan. Selain itu, saldo minimum mengendap hanya Rp10.000 dan gratis biaya administrasi.

  • CIMB Niaga Tabungan Junior

Dibanding lainnya, tabungan anak ini bisa dibilang lebih menguntungkan. Sebab ada bonus bunga tambahan dan program Point Reward yang bisa ditukar dengan hal-hal menarik. Tapi untuk batasan usia nasabahnya hanya 6-12 tahun.

  • BritAma Junior BRI

Tabungan dari bank BRI ini memiliki banyak fasilitas dan kemudahan. Mulai dari bisa diakses secara online, transaksi real time dan fasilitas asuransi kecelakaan. Tidak itu saja, kamu juga akan diikutsertakan dalam program undian.

Jadi, produk tabungan anak dari bank mana yang kamu pilih? Setiap tabungan ini pada dasarnya memiliki kelebihan masing-masing. Untuk itu, perhatikan dan pertimbangkan juga dengan kebutuhan anak.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai