Cara Mengelola Pinjaman untuk Usaha Kecil Yang Tepat

pinjaman untuk usaha kecil.
Cara mengelola pinjaman untuk usaha kecil. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Modal adalah salah satu hal penting untuk memulai dan juga menjalankan suatu usaha. Terlebih lagi, jika usaha yang dijalankan termasuk usaha kecil yang masih memerlukan suntikan modal cukup besar. Pinjaman untuk usaha kecil bisa meningkatkan kelangsungan bisnis tersebut agar menjadi lebih berkembang. Agar usaha rumahan tersebut bisa berjalan lancar dengan suntikan modal, inilah beberapa cara mengelola pinjaman itu.

Membedakan Pinjaman Produktif dan Konsumtif

Limit pinjaman
Membedakan pinjaman produktif dan konsumtif. Photo by @synkevych

Saat ingin menjalankan usaha rumahan dengan modal kecil, kamu bisa melakukan sejumlah pinjaman. Pastikan untuk mengelola pinjaman ini dengan baik. Pahamilah terlebih dulu terkait jenis pinjaman yang hendak dipilih. Ada dua jenis pinjaman yaitu pinjaman produktif yang bisa dipakai untuk modal usaha kecil. Sedangkan pinjaman konsumtif hampir mustahil untuk digunakan usaha. Pinjaman ini hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi saja. Tetapi, bukan berarti pinjaman konsumtif berubah jadi produktif jika digunakan untuk membeli gadget atau smartphone untuk sarana pengembangan usaha kecilmu.

Memilih Pinjaman Yang Tepat

pinjaman untuk usaha kecil
Pinjam dana dengan tepat. Photo by Pixabay

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis pinjaman untuk usaha kecil yang tepat agar memperoleh modal usaha. Kamu harus memilih pinjaman tepat untuk meminimalkan resiko. Ada dua jenis pinjaman yaitu jangka panjang dan pendek. Pinjaman jangka panjang lebih diminati karena angsuran bulanan jauh lebih ringan bagi pelaku bisnis. Tentu saja ini tidak memberatkan keuangan bulanan pelaku usaha.

Membayar Angsuran Pinjaman dengan Disiplin

Bayar utang.
Bayar angsuran dengan disiplin. Photo by Republika

Mendapatkan pinjaman modal dari bank menjadi angin segar bagi pelaku usaha. Tetapi, jangan sampai terlena dengan biaya angsuran per bulannya. Agar keuangan usaha kecil berjalan wajar dan sehat, pastikan bahwa pembayaran angsuran dilaksanakan tepat waktu. Kamu bisa mempersiapkan besaran angsuran dengan menyisihkan hasil penjualan. Jangan sampai menunggak karena akan memberatkan besaran bunga yang harus dibayarkan.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Meminjam Uang

Bisa Meningkatkan Aset Usaha

Manfaat Google My Business.
Aset usaha meningkat. Photo by Pexels

Saat meminjam modal ke bank, kamu harus teliti dan bijak dalam memakai modal tersebut. Pastinya pinjaman itu dipakai untuk mengembangkan usaha kecil milikmu. Membeli beberapa barang ataupun aset juga bisa dilakukan dengan uang pinjaman ini agar usaha kecil yang dijalankan lebih berkembang. Jika kamu terpaksa memakai pinjaman ini sebagai pembelian aset, pastikan aset tersebut berguna dan menguntungkan untuk bisnismu sehingga suatu saat bisa digunakan.

Memperhatikan Besaran Rasio Keuangan Usaha

Perencanaan keuangan.
Perhatikan rasio keuangan. Photo by Pixabay

Langkah terakhir adalah dengan memperhatikan besaran rasio keuangan dari usaha kecil yang dijalankan. Pastikan bahwa kamu juga mengatur rasio keuangan bisnis dengan baik dan sehat agar pinjaman untuk usaha kecil tidak membebani bisnismu. Rasio keuangan bisnis harus seimbang dengan pengeluaran agar tidak terjadi kebangkrutan dalam menjalankan usaha kecilmu. Itulah tadi beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengelola pinjaman dari bank secara bijaksana.

Mungkin Anda juga menyukai