Contoh SMART Goals dan Manfaatnya

Contoh SMART Goals dan Manfaatnya
Contoh SMART Goals dan Manfaatnya. Photo by @ronnieovergoor
Waktu baca: 3 menit

Tahukah kamu mengenai SMART Goals? Yuk simak penjelasan mengenai contoh SMART goals supaya kamu bisa lebih semangat dalam menjalani hidup. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi SMART dan bersemangat.

Apa itu Metode SMART?

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah SMART Goals, kita akan membahasnya terlebih dahulu. Arti SMART adalah sebuah akronim yang bisa kamu gunakan untuk membuat tujuan hidup. Kamu bisa membuat tujuan hidup dengan memahami metode ini dengan baik.

Terdapat 5 langkah SMART yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Specific

Buatlah tujuan yang sempit dan detail sehingga kamu bisa menyusun langkah-langkahnya dengan baik. Kamu perlu membuat misi yang sesuai dengan tujuan tersebut. Membuat tujuan yang spesifik akan memudahkanmu untuk mencapainya. Jika ingin membuat tujuan yang spesifik, pastikan kamu memperhatikan rumus 5W+1H. Rumus ini akan membantumu menemukan tujuan yang spesifik. Jangan ragu untuk membuat tujuan hidup yang indah karena kamu pasti bisa mencapainya.

Tuliskan hal-hal yang kamu perlukan untuk mencapai tujuan secara mendetail. Misalnya tentang siapa yang akan membantumu, apa yang menjadi tujuanmu, kapan akan diwujudkan, dilaksanakan dimana, bagaimana caranya, dan mengapa harus dilaksanakkan.

2. Measurable

Tujuan harus dapat diukur, dalam artian dapat dilihat keberhasilannya. Kamu perlu mengukur setiap proses yang dilakukan dengan baik. Hal ini penting supaya kamu bisa melakukan evaluasi mengenai tujuan tersebut. Measurable adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat tujuan. Kamu bisa membuat pertanyaan yang akan membantumu mengukur tujuan tersebut. Misalnya berapa banyak aktivitas yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kamu juga bisa menanyakan bagaimana bisa mengetahui bahwa kamu berhasil. Selain itu, pastikan kamu menentukan tolak ukur yang bisa menunjukkan keberhasilanmu dalam mencapai tujuan tersebut.

3. Achievable

Kamu perlu menetapkan tujuan yang bisa dicapai. Dalam artian, tujuan yang kamu buat tidak hanya sekedar halusinasi. Pastikan bahwa kamu memikirkannya dengan matang sehingga tujuan tersebut dapat diwujudkan dalam jangka waktu tertentu. Achievable adalah salah satu metode yang bisa memperkuat tujuan yang ingin kamu capai. Sebelum mulai menentukan tujuan dan melakukan pekerjaan untuk mencapainya, pastikan bahwa kamu siap.

Contoh SMART goals yang baik adalah meyakini bahwa tujuan tersebut dapat dicapai. Hal ini penting supaya kamu tidak hanya mengejar tujuan yang bersifat halusinasi. Tetapi, tujuan tersebut harus bisa dicapai dengan usaha yang akan kamu lakukan.

4. Relevan

Relevan adalah hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan baik sebelum membuat tujuan. Pastikan bahwa tujuan tersebut relevan untuk dikembangkan dan dicapai. Kamu perlu menanyakan mengapa tujuan itu penting untuk dicapai. Penting untuk memikirkan tujuanmu berdasarkan contoh SMART goals. Supaya dapat memberikan dampak yang baik bagi kehidupanmu. Kamu perlu membuat tujuan yang tidak hanya berdampak pendek. Tetapi, memberikan manfaat dalam waktu yang panjang.

Pastikan bahwa tujuan yang ingin dicapai selaras dengan nilai-nilaimu. Hal ini penting supaya kamu tidak kehilangan semangat untuk mencapainya. Kamu harus memperhatikan relevansi tujuan dengan baik.

5. Time Bound

Kamu bisa menerapkan contoh SMART goals dengan memperhatikan time bound. Pastikan bahwa tujuan tersebut berbasis waktu. Dalam artian, kamu bisa memberikan batasan waktu untuk mencapainya. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa melakukan evaluasi apabila tujuan tersebut belum tercapai. Kamu bisa menemukan alasan kenapa hal tersebut belum bisa dicapai. Sehingga kamu tidak akan kehilangan arah dalam proses mencapai tujuan tersebut.

Pastikan kamu mengetahui dengan baik mengenai SMART Goals apa saja dan manfaatnya. Sehingga kamu bisa mencapai tujuan dengan baik dan bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi prosesnya.

Baca juga: Contoh Sociopreneur yang Bisa Kamu Jadikan Teladan

Manfaat Penerapan SMART Goals

Setelah memahami mengenai apa yang dimaksud dengan SMART Goals, maka Anda perlu mengetahui manfaatnya. Hal ini akan membantu Anda menggunakan metode ini dengan maksimal.

Beberapa manfaat SMART Goals yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Semangat

Proses mencapai tujuan memerlukan waktu yang panjang. Sehingga kamu perlu memiliki kesabaran yang kuat untuk menjaga semangat. Penerapan contoh SMART goals akan membantumu menjaga semangat mencapai tujuan. Kamu bisa menggunakannya sebagai pengingat tujuan, evaluasi, dan mengetahui keberhasilanmu. Hal ini sangat penting untuk diketahui supaya kamu tidak kehilangan arah dalam melangkah. Pastikan kamu tetap kuat dan bersemangat untuk mencapai tujuan.

2. Evaluasi Diri

Penerapan contoh SMART goals dapat membantumu untuk mengevaluasi diri. Hal ini penting supaya kamu tidak membuang waktu untuk tujuan yang tidak bisa dicapai. Dalam artian, kamu bisa mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Fungsi SMART Goals adalah memberikan waktu untuk kamu mengevaluasi diri. Sehingga kamu bisa mencapai tujuan sesuai dengan harapan dan keinginanmu. Pastikan saja kamu tetap memiliki semangat yang tinggi.

Contoh Penerapan Metode SMART

Contoh penerapan metode SMART dapat dilakukan dimana saja. Kamu bisa menerapkannya untuk kehidupan pribadi seperti menentukan tujuan hidup dan sebagainya. Hal ini akan membantumu mencapai tujuan hidup yang lebih baik. 

Kamu juga bisa menerapkan metode SMART dalam lingkungan pekerjaan. Sehingga kamu bisa mencapai tujuan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan harapanmu. Kamu bisa mencapai tujuan dengan menggunakan metode yang tepat.

Selain itu, contoh SMART goals dapat dijadikan salah satu kekuatan dalam menghadapi kehidupan yang penuh kompetisi. Kamu bisa menyusun rencana dengan baik dengan menggunakan metode ini. 

Demikianlah pembahasan mengenai contoh SMART goals dan manfaatnya yang perlu diketahui. Pastikan kamu tidak menyerah pada tujuan yang ingin dicapai. Jadilah SMART dalam menghadapi kehidupan yang penuh kompetisi ini.

Artikel Lainnya