Produk Menarik Desain Grafis yang Bisa Dijual

Salah satu produk desain grafis
Produk Menarik Desain Grafis yang Bisa Dijual. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Produk desain grafis telah menjadi bagian dari masyarakat yang sangat penting. Selain membuat segala macam bentuk benda menjadi lebih indah dan estetik, biasanya sebuah desain akan membuat sebuah barang menjadi lebih bernilai dan berharga di mata orang-orang yang tepat. Itulah sebabnya tidak jarang produk yang dijual era sekarang mengandalkan desain grafis sebagai daya jual mereka yang sangat menguntungkan. 

Bahkan karena desain menjadi salah satu komoditi yang sangat menguntungkan, sebagian orang akhirnya menjual beberapa produk desain dengan kualitas yang sangat menjanjikan. Meski banyak desain grafis bertebaran di internet, dan bisa mengunduhnya secara gratis, namun desain grafis yang dijual memiliki nilai estetik yang sangat tinggi. Tidak jarang beberapa perusahaan besar membeli produk desain tersebut untuk kepentingan bisnis maupun pribadi. 

Lantas apa saja contoh produk desain grafis yang biasa dijual? 

Baca juga: Begini Caranya Membuat Invoice Untuk Bisnis

7 Produk Desain Grafis yang Bisa Dijual

  • Desain Grafis Proyek Rumah

Semua orang tentu memiliki bentuk dan desain rumah impian. Untuk mewujudkan itu semua tidak jarang orang-orang tertentu akan menyewa jasa arsitektur yang memang paham sebuah desain rumah baik dan berkualitas. Karena arsitektur hanya mengetahui bagaimana merancang dan mengembangkan sebuah desain rumah yang baik, tidak jarang tampilannya pun terkesan kurang menarik. 

Itulah sebabnya dibutuhkan seorang tenaga ahli desain grafis proyek rumah yang berpengalaman untuk membuat para calon konsumen percaya akan kualitas yang dimiliki arsitektur. Biasanya kalian bisa menemukan hasil desain grafis semacam ini di sosial media seperti instagram yang memang memiliki basis unggan video dan foto. Sosial media ini juga membuat calon konsumen langsung tertarik dengan desain rumah yang menarik dan juga berkualitas. 

  • Ikon 

Semakin beredarnya website sebagai media digital marketing yang menarik, membuat banyak orang memburu beberapa item kecil yang menarik sebagai pelengkap websitenya masing-masing. Salah satu item kecil namun membuat tampilan website kamu tampak lebih kece dan menarik adalah ikon. Benda kecil satu ini akan membuat website kamu menjadi lebih berkualitas dan akan menarik minat para calon pembeli di luar sana untuk mampir ke website yang sedang kamu kelola. 

Tidak jarang pula ikon digunakan untuk kepentingan pribadi. Sehingga membuat tampilan digital yang kamu miliki menjadi lebih enak dipandang. Terutama bagi seorang programer yang memiliki hobi mengembangkan aplikasi terbaru. Tentu ikon akan menjadi salah satu item kecil yang sangat dibutuhkan, agar maha karya yang dihasilkan menjadi lebih estetik dan berkelas di mata semua orang.

  • Template Digital

Perkembangan zaman yang semakin cepat membuat semuanya menjadi serba instan. Sehingga semua serasa bisa dilakukan dengan sangat cepat namun juga menghasilkan sesuatu yang berkelas. Itulah sebabnya hadirlah beberapa template yang bisa kalian unduh dengan berbagai macam cara di internet. Tujuannya agar pekerjaan kamu menjadi lebih mudah, efisien dan estetik. 

Template yang hadir di internet sangat beragam, mulai dari template PPT, cover, poster, dan lain-lain. Bahkan kalian juga bisa mengunduh sebuah template logo yang kini telah tersedia dan bisa kalian utak-atik sesuai dengan nama produk yang diinginkan. Kehadiran template ini membuat semua orang bisa memiliki produknya sendiri dengan desain yang sederhana namun memiliki nilai jual tinggi. 

Kebutuhan orang akan template pula yang membuat desain template dijual bebas di pasar digital. Kamu bisa mencarinya dengan sangat mudah, dan tinggal memilih harga yang pas untuk kantong kamu. Meskipun ada beberapa template yang gratis dan bisa diunduh dengan bebas, namun template premium tentu memiliki banyak kelebihan yang bisa membuat kamu menjadi lebih nyaman ketika menggunakannya. 

  • Mockups

Maket atau yang biasa dikenal dengan istilah mockups merupakan salah satu bentuk desain yang bisa kalian temukan di jagat internet dengan mudah. Maket membuat kamu bisa memasarkan produk yang dimiliki dengan sangat mudah dan tentunya memiliki nilai jual yang tinggi. Secara garis besar maket bisa digunakan sebagai media pemasaran yang baik, kalian bisa membuat produk yang dimiliki menjadi semakin menarik bagi para calon customer di luar sana. 

  • Font 

Produk desain grafis yang juga bisa dijual secara online adalah font. Sekumpulan huruf estetik ini bisa kalian cari di internet. Meski terkesan sepele, namun bentuk huruf yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, membuat mata melihatnya menjadi lebih menarik dan estetik. Selain itu apabila sebuah produk juga menampilkan bentuk kata dan huruf yang sesuai dengan produk yang dijual, tentu akan menarik minat para pembeli. 

Desain grafis merupakan sebuah produk digital yang berupa sebuah gambaran. Meski bukanlah sebuah barang yang berbentuk nyata dan bisa dipegang. Namun kehadiran desain grafis membuat semua barang menjadi lebih estetik dan enak untuk dipandang. Itulah sebabnya jual desain grafis akan sangat menguntungkan jika menemukan pasar yang pas. 

Marketplace yang sesuai untuk desain grafis tentunya adalah internet. Selain bisa menarik masa dalam jumlah banyak, hasil desain grafis juga bisa lebih menjanjikan dan mudah untuk ditampilkan. Kamu juga tidak perlu repot-repot untuk mencari konsumen kesana kemari jika menggunakan bantuan dunia digital. Cukup posting, dan tinggal lihat apakah desain kamu telah layak mendapatkan calon pembeli atau tidak. 

  • Saran 

Walaupun desain grafis yang kamu jual tidak laku dalam waktu yang cepat, bisa jadi itu karena pemasarannya yang tidak sesuai. Sebab dunia digital memiliki algoritma masing-masing yang perlu dipahami. Sehingga kamu juga perlu pandai mengira-ngira kapan waktu yang pas dan konten desain grafis macam apa yang sekiranya akan laku di dunia digital. 

Hal semacam ini yang jarang diperhatikan oleh para pelaku seni desain grafis. Biasanya mereka memiliki prinsip dan juga idealisme sendiri yang dipegang teguh. Sehingga banyak dari mereka enggan mengevaluasi dan merasa desain yang dimiliki adalah yang terbaik dan juga menolak kritik yang membangun. Padahal bisa jadi desain yang dimiliki masih belum memenuhi standar pasar tertentu agar bisa digunakan dengan baik, dan menarik minat para calon pembeli. 

  • Desain Grafis Yang Idealis

Walau demikian, para pelaku desain grafis juga berhak untuk memiliki idealismenya masing-masing. Sehingga desain yang dihasilkan akan memiliki nilai estetik dan sarat akan karakter yang sangat unik. Sehingga desain yang dihasilkan berbeda dengan desain lain di pasaran. Proses untuk memiliki nilai karakter tersebut memiliki jangka waktu tertentu dan tidak bisa ditentukan. 

Kritik yang diterima bisa jadi adalah salah satu proses, agar seorang pelaku desain grafis memiliki karakter yang dimaksud. Menjadi pelaku desain tentu harus banyak belajar, referensi, kritik dan juga masukan. Agar apa yang dihasilkan memiliki makna dan juga berkelas di mata para calon pembeli. Pelaku desain amatir yang baik akan fokus dalam proses pembelajaran dan menerima segala macam masukan. Sebab masukan yang membangun akan membuat kamu menjadi seorang kreator seni desain grafis yang berkelas.

Artikel Lainnya