5 Peluang Bisnis Bagi Fresh Graduate yang Bisa Dicoba

Peluang bisnis bagi fresh graduate yang bisa dicoba.
Peluang bisnis bagi fresh graduate yang bisa dicoba. Photo by @goian
Waktu baca: 3 menit

Di zaman modern ini, peluang bisnis bagi fresh graduate semakin terbuka lebar. Selama ini, kata bisnis identik dengan modal yang besar. Tapi, sekarang banyak sekali model bisnis yang bisa kamu jalani tanpa mengeluarkan banyak modal, lho.

Dengan adanya internet, siapapun bisa membuka bisnis online dengan modal kecil tanpa toko offline. Kamu yang baru lulus kuliah bisa mencoba beberapa ide bisnis di bawah ini.

Reseller

Jualan snack kemasan.
Jadi reseller. Photo by Usaha Rumahan

Pasti kamu sudah pernah mendengar istilah reseller. Peluang bisnis ini memang cukup banyak diminati. Kamu bisa mengeluarkan modal sedikit untuk membeli barang yang kemudian dijual kembali dengan harga lebih tinggi.

Banyak seller yang memberikan peluang untuk menjadi reseller. Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah barang yang berhasil dijual. Cara lainnya adalah dengan membeli barang grosiran di situs e-commerce. Banyak situs e-commerce yang memberikan harga miring apalagi jika kamu membeli dalam jumlah besar.

Baca juga: Berikut Ide Bisnis yang Bisa Dicoba saat Adaptasi New Normal

Dropshipper

Izin usaha online berlaku awal 2020.
Jadi dropshipper. Photo by Okezone

Peluang bisnis satu ini juga populer. Modelnya mirip dengan reseller, tapi kamu tidak perlu membeli barang dulu. Kamu cukup mempromosikan produk dan menyampaikan order yang masuk kepada seller. Semakin banyak barang yang dijual, semakin besar juga keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Dropshipper tidak memerlukan modal dan risikonya juga minim. Sebab, kamu tidak perlu membeli barang dulu. Sebaliknya, keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup besar. Jadi, peluang bagi fresh graduate untuk sukses sebagai dropshipper terbuka lebar.

Jasa Pembuatan Website

membuat website
Jasa pembuatan website. Photo by @campaign_creators

Dunia modern semakin bergantung kepada internet, apalagi sejak terjadinya wabah COVID-19. Bisnis berbondong-bondong beralih ke basis online demi bertahan di tengah pandemi. Tidak heran semakin banyak orang dan bisnis membayar orang untuk membuat website yang menarik perhatian pelanggan.

Hal ini membuat pembuatan website menjadi peluang bisnis bagi fresh graduate yang menggiurkan. Kalau punya kemampuan coding, kenapa tidak memanfaatkan peluang ini dengan menjual keahlianmu sebagai freelancer?

Keunggulan model bisnis ini adalah bisa dilakukan dari mana saja dan produknya 100 persen digital. Kamu bisa melakukan bisnis dengan orang dan perusahaan dari luar negeri. Tidak sedikit lho perusahaan luar negeri yang mau membayar mahal.

Bisnis Kuliner

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Bisnis kuliner. Photo by Detik

Tren makanan juga selalu berubah. Apalagi bisnis kuliner akan selalu hidup karena orang selalu membutuhkan makanan. Adanya pandemi Covid-19 membuat semakin banyak bisnis kuliner kecil berbasis online menjamur.

Kalau kamu suka memasak, kenapa tidak mencoba ubah hobi itu jadi sumber keuntungan? Promosikan masakanmu melalui media sosial atau daftar sebagai mitra ojek online agar pembeli potensial semakin banyak. Tentunya kamu harus tetap menjaga kebersihan dan keindahan makanan supaya bisa mempertahankan minat pembeli.

Fashion dan Kecantikan

Bisnis kosmetik halal
Jasa kecantikan. Photo by @elementdigital

Tren fashion dan kecantikan selalu berubah. Jika dulu fokusnya lebih ke make up, sekarang minat untuk skincare semakin bertambah. Apalagi setelah pandemi yang membuat orang lebih banyak tinggal di rumah dan memakai masker untuk menutupi wajah.

Ada banyak cara untuk membuka usaha dalam bidang fashion dan kecantikan. Kamu bisa menjual baju yang sudah tidak terpakai atau menjadi reseller dan dropshipper produk kecantikan.

Apa pun cara bisnis yang kamu pilih, sesuaikan dengan pasar yang selalu berubah. Selera masyarakat yang selalu berganti memang berarti banyak tantangan. Tapi, banyak juga peluang bisnis untuk fresh graduate yang terbuka untukmu dari bidang ini.

Mungkin Anda juga menyukai