Apa Saja Perbedaan Manajemen dan Kepemimpinan?

Perbedaan Manajemen dan Kepemimpinan
Apa Saja Perbedaan Manajemen dan Kepemimpinan? Photo by @cowomen
Waktu baca: 3 menit

Istilah manajemen dan kepemimpinan tentunya sangat melekat pada kerja sama tim atau organisasi. Kedua istilah ini sangat berperan penting dalam mewujudkan cita-cita suatu kelompok. Namun kamu harus tahu dulu apa perbedaan manajemen dan kepemimpinan.

Kedua istilah ini memiliki pengertian yang berbeda. Terdapat perbedaan mendasar yang ada pada manajemen dan kepemimpinan. Oleh karena itu, penting bagi semua orang mengetahui apa saja perbedaan serta persamaan kepemimpinan dan manajemen yang paling mendasar. 

Jika kamu tertarik mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut, artikel ini akan membahas lebih rinci. Seperti yang diketahui sebagian besar kalangan, dalam mengenali kedua istilah ini akan mengasah kemampuan diri kamu untuk mencapai hasil yang optimal. 

Pengertian Kepemimpinan

Secara garis besar kepemimpinan adalah kemampuan yang dimiliki oleh diri seseorang untuk mempengaruhi serta memandu kelompok tersebut. Pada dasarnya ada banyak model kepemimpinan yang dimiliki setiap orang.

Model kepemimpinan ini berupa demokratis, visioner, multikultural, strategis, hingga suportif. Pada dasarnya seorang pemimpin harus mempunyai kekuatan dari kemampuan yang dimilikinya guna mendapatkan bantuan dari orang lain. 

Banyak orang salah mengartikan kepemimpinan dengan pemimpin. Padahal pemimpin adalah mereka yang menantang norma dan umumnya mengacu melakukan sebuah perubahan. Secara garis besar juga pemimpin memiliki arti seseorang yang memiliki pengikut.

Pengertian Manajemen

Kata manajemen sendiri mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) manajemen memiliki arti penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai tujuan.

Perlu diketahui, secara garis besar manajemen adalah salah satu hal yang perlu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya manajemen ini sangat bermanfaat untuk mengelola waktu. Hal itu bertujuan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, fungsi manajemen sendiri yakni merencanakan, mengorganisasikan, hingga mengendalikan sumber daya yang dimiliki agar lebih efektif dan efisien. Pengertian manajemen ini pada dasarnya sangat penting untuk diketahui. 

Hal itu dikarenakan dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari manajemen. Maka dari itu, sebagai langkah awal, sangat diperlukan pengetahuan mengenai definisi manajemen.

Baca juga: Macam-Macam Gaya Kepemimpinan dalam Sebuah Organisasi

Perbedaan Manajemen dan Kepemimpinan

Manajemen dan kepemimpinan merupakan dua kata yang memiliki banyak perbedaan. Berbeda halnya dengan manajemen kepemimpinan yang memiliki pengertian sebuah keahlian yang dimiliki seseorang terdiri dari ilmu kepemimpinan dan manajemen.

Lebih lanjut, berikut ini merupakan pembahasan secara rinci mengenai perbedaan manajemen dan kepemimpinan yang harus kamu ketahui. 

1. Perbedaan dari Segi Ide

Perbedaan antara manajemen dan kepemimpinan yang paling mendasar terletak pada seri ide yang dimilikinya. Umumnya seorang pemimpin merupakan orang yang memiliki kemampuan meyakinkan bahwa ide mereka sangat bermanfaat.

Selain itu, seorang pemimpin memiliki otoritas dalam hal penyampaian ide-ide. Berbeda halnya dengan manajemen yang pada dasarnya tidak diharuskan menjual ide. Hal itu dikarenakan seorang manajer hanya menjalankan kebijakan yang telah ada. 

Tidak hanya itu saja, manajer juga memastikan semua hal harus berjalan sesuai dengan prosedur yang telah dibuat. Perbedaan kepemimpinan dan manajemen yang satu ini menjadi salah satu perbedaan mendasar yang harus diketahui. 

2. Perbedaan dari Segi Cara Kerja

Selain mengetahui apa perbedaan manajemen dan kepemimpinan sebelumnya, cara kerja keduanya terbilang sangat berbeda. Seperti yang diketahui banyak orang, seorang pemimpin akan selalu mendorong bawahannya untuk menyelesaikan permasalahan. 

Beda halnya dengan manajer yang umumnya memiliki panduan jelas mengenai berbagai aspek di lingkungan kerja. Umumnya pekerjaan seorang manajer memberi tahu kepada karyawan mengenai apa saja yang boleh dilakukan dan tidak. 

3. Perbedaan dari Fokus

Tidak kalah penting dari perbedaan lainnya, perbedaan manajemen dan kepemimpinan juga memiliki visi dan misi tersendiri. Ketika seorang pemimpin mencoba hal yang baru, umumnya mereka akan menerangkan secara rinci ide yang berkaitan dengan misi tersebut.

Sedangkan seorang dalam prinsip manajer merupakan seorang pengatur tugas dan umumnya merpa akan berpegang teguh pada kebijakan yang sudah ada. Seorang manajer akan ide hebat untuk seorang pemimpin di kelompok tersebut.

4. Perbedaan dari Segi Resiko

Contoh kepemimpinan yang baik yakni terlihat pada besar kecilnya keberanian mengambil resiko. Sama halnya dengan semua orang, setiap mencoba hal baru, tentu terdapat resiko yang harus ditanggungnya. 

Sebetulnya pemimpin harus mengambil resiko untuk mendorong perubahan. Dengan begitu seorang pemimpin akan mendapatkan tujuan yang diinginkan. 

Sedangkan pada manajer yang memiliki tugas memastikan bawahannya mengikuti seluruh prosedur yang telah ditentukan. Perlu untuk diketahui, proses manajemen sendiri menerapkan cara sistematis dalam melakukan sesuatu, khususnya mengelola suatu pekerjaan.

Jadi, pada poin ini seorang pemimpin harus bisa menghadapi segala besaran risiko yang diterimanya untuk melakukan suatu perubahan. Sedangkan pada manajer, lebih mengacu pada prosedur yang telah ada.

Nah, itulah beberapa perbedaan manajemen dan kepemimpinan yang harus diketahui. Penjelasan dan perbedaan ini tentunya penting untuk diketahui oleh semua orang. Beberapa perbedaan terletak pada ide, cara kerja, fokus yang dimiliki, hingga besar resiko.

Meskipun perbedaan tersebut sudah banyak diketahui sebagian kalangan, namun masih banyak orang mempertanyakan mengapa kepemimpinan berbeda dengan manajemen. Ulasan artikel ini menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai