Tips Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD

Ilustrasi CV sedang diperiksa oleh HR
Tips Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Saat ingin melamar kerja, tentunya hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah Curriculum Vitae atau biasa disingkat dengan CV. Tujuan CV adalah merangkum semua pengalaman dan riwayat kerja yang kamu jalani sebelumnya.

Sebagai tahapan paling pertama dalam proses perekrutan, pembuatan CV yang baik dan menarik sangat perlu di perhatikan. Berikut ini tips dalam membuat CV yang menarik berserta contohnya dan beberapa hal yang perlu kamu hindari dalam membuat CV.

Baca Juga: Hal yang Dihindari Setelah Interview Kerja Agar Bisa Diterima

Tips Membuat CV yang Tepat dan Menarik

  • Membuat CV yang singkat, padat dan jelas

Informasi yang dimuat dalam CV sangat baik jika tidak bertele-tele. Maka dari itu, diharapkan informasi dalam CV harus singkat, padat dan jelas. Usahakan CV yang kamu buat tidak melebihi dari satu halaman.

  • Membuat Desain yang Menarik

Desain CV menjadi salah satu aspek untuk menarik perhatian HRD lho! Namun perlu kamu perhatikan bahwa desain CV tetap harus sederhana dan tidak terlalu berlebihan ya. Karena yang terpenting dari CV adalah informasinya. Desain yang menarik hanya sebagai pemanis CV kamu saja.

  • Mencantumkan Pengalaman Kerja dengan Detail

Pengalaman kerja sudah menjadi bagian penting yang harus kamu cantumkan di CV. Hal ini agar HRD bisa melihat pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki.

Pasikan kamu menjelaskan pengalaman kamu sebelumnya dan bagaimana hasil kinerjamu. Dengan ini, HRD bisa menilai apakah kamu cocok dengan posisi yang kamu lamar.

  • Memperhatikan Kata-kata yang Digunakan dan Tata Bahasa

CV menjadi penilaian pertama bagi HRD saat ingin merekrut calon kandidatnya. Pastikan kamu menggunakan kata-kata professional yang dapat mengikat HRD. Tidak hanya memperhatikan penggunaan pilihan kata yang tepat saja, namun kamu harus memperhatikan tata bahasa. Tata bahasa yang baik membuat pembaca merasa nyaman saat membaca CV milikmu.

  • Menunjukkan Soft Skill yang Kamu Miliki

Selain pengalaman kerja, kamu dapat menunjukkan soft skills yang kamu miliki. Hal ini bisa menjadi point tambahan untukmu. Bisa saja, soft skills yang kamu cantumkan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kamu lamar.

  • Tambahkan Kemampuan Bahasa Asing yang Kamu Kuasai

Jika kamu memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, kamu bisa mencantumkannya di CV. Kamu juga dapat menjelaskan level kemampuan berbahasa yang kamu miliki. Tentunya ini akan menjadi point tambahan untuk kamu.

  • Mencantumkan Kontak Aktif

Hal ini sebenarnya sangat penting. Jika kamu lolos ditahap selanjutnya, pihak rekruter akan menghubungimu. Jadi pastikan kamu mencantumkan kontak yang aktif di CV. Kamu bisa mencantumkan nomor handphone yang aktif atau pun alamat email.

  • Memberikan Informasi Social Media

Kamu dapat memberikan informasi mengenai social media kamu. Hal ini agar HRD dapat menilai tentang dirimu lebih dalam. Pastikan social media yang kamu beri tetap bersifat professional. Kamu bisa mencantumkan LinkedIn, facebook ataupun Instagram.

Contoh CV yang Menarik Bagi HRD

Format CV yang menarik tentunya berbeda-beda. Semuanya tergantung dari posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar di industri kreatif, tentu format desain CV nya di anjurkan untuk tidak kaku.

Ada juga perusahaan yang menggunakan software seperti ATS (Applicant Tracking System). Disini kamu dianjurkan untuk membuat CV sesuai dengan format ATS-friendly.

Berikut ini contoh-contoh CV:

  • CV dengan format ATS-friendly
Contoh CV ATS Friendly.
Contoh CV ATS Friendly.
  • CV dengan format Simple dan Modern
Contoh CV modern.
Contoh CV modern.

Hindari Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Membuat CV

  • Format Desain CV yang Berlebihan

Memang desain CV merupakan aspek yang dapat menarik perhatian pembacanya. Namun, kalau berlebihan juga tidak baik. Cukup dengan format yang sederhana namun tetap modern. Format desain yang terlalu berlebihan akan menyulitkan software seperti ATS (Applicant Tracking System) untuk membaca CV milikmu.

  • Sering Salah Penulisan

Mungkin bagimu hal ini termasuk sepele, akan tetapi hal ini dapat menurunkan pointmu di mata HRD lho! Pastikan kamu teliti akan penulisan di CV mu. Tentunya pembaca akan merasa terganggu jika banyak salah penulisan alias typo di CV milikmu. Kamu juga akan dinilai sebagai orang yang kurang teliti.

  • Mencantumkan Informasi yang Tidak Valid

Cantumkanlah informasi-informasi sesuai fakta ya. Karena jika tidak akan sangat fatal akibatnya. Memberikan rasa kepercayaan adalah modal utama.

  • Menuliskan Hal-hal Privasi di CV

Ada beberapa hal yang tidak perlu kamu masukan kedalam CV. Hal-hal yang bersifat privasi sebaiknya tidak kamu cantumkan dalam CV. Cukup hal-hal yang terkait dengan posisi yang kamu lamar secara professional saja yang perlu kamu cantumkan.

  • Penulisan CV yang Terlalu Panjang

CV bukanlah sebuah essai. Jadi pastikan hal-hal yang kamu tulis tidak terlalu panjang. Cukup memberikan point-point secara singkat namun tetap jelas dan detail.

Nah, sekarang waktunya kamu untuk meng-upgrade CV mu agar lebih menarik dan professional ya!

Artikel Lainnya