Pengertian Tabungan, Jenis-Jenis, dan Syarat-Syaratnya 

Tabungan
Pengertian Tabungan, Jenis-Jenis, dan Syarat-Syaratnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Pengertian tabungan adalah kegiatan menyisihkan uang yang didapatnya untuk disimpan. Banyak orang yang tidak mengetahui pengertian tabungan dan peranannya. Tabungan juga memiliki berbagai jenis yang tidak banyak diketahui. 

Setiap jenisnya memiliki keunikan yang berbeda. Selain itu, ada juga berbagai manfaat menabung. Lalu, bagaimana cara menabung di bank? Semua akan dijelaskan lengkap dalam pembahasan ini. 

Pengertian Tabungan 

Apa yang dimaksud dengan tabungan? Pengertian tabungan secara umum adalah simpanan uang dari hasil pendapatan atau gaji yang disisihkan untuk keperluan lain. 

Namun, ada juga pengertian berdasarkan ekonomi yang mempunyai pengertian yang mirip. Apa yang dimaksud tabungan dalam ekonomi? Tabungan adalah simpanan dalam bentuk perorangan atau perusahaan pada bank sesuai dengan syarat yang berlaku. 

Simpanan ini dapat diambil untuk memenuhi berbagai kepentingan dan bersifat fleksibel. Di masa modern ini, banyak yang memanfaatkan bank untuk menyimpan uangnya. 

Jenis-jenis Tabungan 

Setelah mengetahui pengertian tabungan secara lengkap, berikut adalah jenis tabungan yang ada di Indonesia: 

1. Tabungan Konvensional 

Tabungan Konvensional adalah jenis tabungan yang masih menerapkan sistem bunga dan sistem biaya. Sistem bunga ini berlaku untuk seluruh layanannya, yaitu deposito, pinjaman, tabungan, dsb. 

2. Tabungan Syariah 

Pengertian tabungan syariah adalah simpanan yang berbasis akad yang sesuai dengan tuntunan syariat agama Islam. Jadi, tidak ada bunga di dalamnya tetapi hanya ada bagi hasil. 

Selain itu, semua penarikannya juga diatur oleh prinsip syariat yang harus memenuhi persyaratan tertentu. 

3. Tabungan Berjangka 

Jenis selanjutnya adalah tabungan berjangka. Pengertian tabungan berjangka adalah simpanan yang membuat nasabah perlu menabung dalam jumlah tertentu sesuai kesepakatan. 

Uang kemudian akan diambil ketika sudah jatuh tempo simpanan.  

4. Tabungan Investasi 

Selanjutnya adalah tabungan investasi yang berguna untuk menghasilkan pendapatan yang lebih besar lagi. 

Apa contoh tabungan investasi? Contohnya adalah deposito, saham, dan mata uang asing. 

5. Tabungan Haji 

Tabungan haji adalah tabungan yang berguna untuk simpanan naik haji. Ini akan mempermudah kamu untuk mengumpulkan dana untuk pergi ke tanah suci. 

6 . Tabungan Anak 

Selanjutnya adalah tabungan anak yang khusus untuk anak di bawah 17 tahun. Jadi, anak bisa diajarkan sejak dini cara menabung dan pentingnya menabung. 

7. TabunganKu 

TabunganKu adalah jenis yang hampir semua bank memilikinya. Jenis ini adalah tabungan khusus personal. Umumnya, persyaratannya juga mudah. 

8. Tabungan Giro 

Terakhir adala tabungan Giro yang merupakan simpanan perbankan. Hal yang unik adalah cara penarikannya yang harus melalui surat perintah jika ingin memindahkan buku dari milik satu ke rekening lainnya. 

Baca juga: Lebih Cepat! Begini Tata Cara Buka Tabungan Online

Manfaat Menabung 

Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat menabung yang masih diremehkan dan tidak diketahui oleh banyak orang. 

1. Kebutuhan Dana Darurat 

Manfaat menabung yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan dana darurat. Tidak ada yang tahu kebutuhan hidup masa mendatang akan seperti apa. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkannya sejak dini. 

Jadi, jika ada pengeluaran yang tidak terduga, maka sudah ada tabungan darurat untuk mengatasi hal tersebut. Untuk meraih keuangan yang sehat, kamu perlu menyiapkan dana 6-12 kali pengeluaran. 

Jadi, ini menjadi lebih aman untuk masa depan. Contoh hal yang tidak diinginkan adalah kena PHK, anak melahirkan, kecelakaan, bangkrut, dll yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

2. Kebutuhan di Masa Mendatang 

Melanjutkan manfaat di atas, menabung juga bisa membuat kamu memenuhi kebutuhan masa depan yang sudah kamu rencanakan dan impikan. 

Contoh kasus manfaat menabung yaitu keinginan untuk memiliki rumah impian, membeli mobil, naik haji, dsb. Keinginan tersebut adalah hal yang diimpikan dan tidak lepas dari dana yang harus dikeluarkan. 

Untuk itu, kamu perlu menabung untuk lebih mudah menggapai impian. 

3. Menjaga Keamanan Finansial 

Fungsi tabungan selanjutnya adalah keamanan finansial yang terjamin karena membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tabungan bermanfaat dijadikan sumber dana membayar biaya di masa depan. 

Contohnya adalah ketika membutuhkan dana cepat kamu tidak perlu melakukan pinjaman yang merugikan karena biasanya ada bunga yang harus kamu tanggung. 

4. Pencapaian Keuangan Dapat Diwujudkan 

Pencapaian keuangan ini berkaitan dengan kebutuhan di masa tua atau pensiun. Jika tabungan mencukupi sampai masa pensiun tentu ini membuat kamu lebih tenang dan sejahtera. 

Jadi, dibutuhkan strategi dan perencanaan keuangan agar bisa mencapai keuangan yang diinginkan. 

5. Adanya Cashflow yang Baik 

Cashflow adalah aliran keuangan dimana pendapatan dan pengeluaran kamu akan diketahui dengan mudah. Cashflow yang baik akan menyajikan data dimana ada pendapatan yang tersisa. 

Jadi, pemenuhan kebutuhan hidup menjadi lebih stabil karena arus keuangannya yang tidak pernah minus. 

Keuntungan Menabung di Bank 

Jika ingin menabung, maka ada berbagai cara menabung mulai dari menggunakan celengan sampai menabung di bank. Berikut adalah keuntungan menabung di bank yang perlu kamu ketahui. 

1. Ada Bunga dan Bagi Hasil 

Dengan menjadi nasabah di bank, kamu akan mendapatkan keuntungan yaitu adanya suku bunga yang membuat tabungan kamu bertambah. 

Namun, bunga yang didapat tidaklah besar. Namun, jika menabung untuk waktu yang lama dan jumlahnya semakin besar, bunga yang didapat akan lebih banyak. 

Namun, itu tidak berlaku bagi bank syariah. Meskipun begitu ada juga keuntungan akan didapat yang disebut sebagai bagi hasil. 

2. Keamanan Terjamin 

Menabung sendiri di rumah selalu memiliki resiko yang tinggi karena banyak kasus dimana sering terjadi perampokan. Jadi, lebih baik menyimpan uang di bank karena memiliki keamanan yang ketat disertai password, identitas lengkap sehingga sulit untuk dibobol. 

3. Kemudahan Bertransaksi 

Memiliki rekening bank akan memudahkan transaksi baik ke nasabah satu bank atau rekening lain. Transaksinya mudah dan cepat karena dapat dilakukan dimana saja. 

4. Kelola Keuangan Lebih Terencana 

Jika kamu memilih tabungan berjangka ini akan memudahkan kamu mengelola keuangan dengan lebih konsisten. 

Dengan demikian, target tabungan tiap bulannya dapat dikontrol dan dicapai dengan baik. 

Syarat-syarat Menabung di Bank 

Jika berencana menabung di bank, berikut adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi: 

1. Melengkapi Data Diri Secara Lengkap 

Cara menabung di bank yang mendasar yaitu menyiapkan identitas diri seperti KTP, SIM, Kartu Mahasiswa, dsb. 

Ada pula yang membutuhkan dokumen lain seperti KK dan NPWP. 

2. Siapkan Setoran Awal 

Setiap bank memberlakukan setoran awal yang harus dibayar untuk membuka rekening. Adapun nominalnya bisa berbeda-beda tiap banknya. 

3. Pilih Jenis Tabungan 

Bank juga menyiapkan jenis tabungan yang memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kamu perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan. 

4. Isi Formulir

Syarat terakhir yaitu harus mengisi formulir yang disediakan oleh pihak bank secara benar dan lengkap. 

Kamu juga perlu membubuhkan tanda tangan agar proses verifikasi berhasil. 

Pengertian tabungan pada dasarnya adalah simpanan untuk memenuhi keinginan dan tujuan dari si penabung. Tabungan adalah hal paling penting dan perlu dilatih sejak dini karena berperan besar untuk kehidupan di masa mendatang.

Artikel Lainnya