Lebih Cepat! Begini Tata Cara Buka Tabungan Online

Buka Tabungan Online
Lebih Cepat! Begini Tata Cara Buka Tabungan Online. Photo by Jeshoots
Waktu baca: 3 menit

Ada yang bilang gara-gara pandemi semua harus dilakukan secara online. Tak terkecuali buka tabungan online. Padahal, sebenarnya cara ini sudah dimulai sebelum pandemi. Hanya saja, ketika pandemi covid-19 terjadi, setiap bank seolah memiliki urgensi untuk segera memberikan layanan pembuatan tabungan online lebih cepat dari yang sudah direncanakan.

Bagaimana tanggapan masyarakat? Tentu saja mereka sangat antusias. Karena ketika mereka bisa buka tabungan online, mereka tidak perlu datang ke bank. Mereka juga tidak perlu repot antri. Bukankah ini yang sering dikeluhkan oleh calon nasabah?

Meskipun demikian, masih ada yang belum berani atau mungkin juga belum tahu bagaimana cara membuka tabungan online. Berikut ini informasi lengkah tata cara buka rekening bank secara online.

Langkah-Langkah Buka Tabungan Online

Sebenarnya, setiap bank memiliki tata cara tersendiri ketika seorang nasabah ingin membuka tabungan online. Hanya saja, secara umum, ada langkah-langkah yang setiap bank pasti ada. Dan berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mendownload Aplikasi

Setiap bank sekarang memiliki aplikasi mobile banking. Dan di dalam aplikasi tersebut, ada beberapa fasilitas seperti cek saldo, transfer, dan juga fasilitas buka tabungan online. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi mobile banking sesuai dengan bank yang ingin kamu pilih.

Itu artinya kamu tidak bisa menggunakan handphone biasa. Kamu harus menggunakan smartphone Android atau iPhone. Jika menggunakan Android, download aplikasi mobil banking di PlayStore. Jika menggunakan iPhone, kamu bisa download aplikasi di AppStore.

  • Buka Rekening Online

Setelah download dan menginstal aplikasi mobile banking, langkah berikutnya adalah membuka rekening online. Cari fitur buka tabungan online atau buka rekening online di aplikasi tersebut.

  • Mengisi Data Secara Online

Setelah menemukan fitur buka rekening online, biasanya kamu akan diminta untuk mengisikan data diri. Adapun data yang biasanya diminta adalah:

  1. Nama Lengkap
  2. Nomor Telepon
  3. Email
  4. Foto diri
  5. Foto KTP dan NPWP
  6. Pekerjaan

Data diri yang diminta tergantung bank apa yang kamu pilih. Namun, itulah yang secara umum diminta untuk diisikan oleh semua bank.

  • Membuat PIN dan User ID

Selanjutnya adalah membuat PIN yang harus kamu buat dan hafalkan. Karena PIN inilah yang akan terus digunakan untuk membuka aplikasi mobile banking.

Begitu juga dengan user ID. User ID dan PIN ini yang akan kamu gunakan untuk transaksi melalui mobile banking.

Nah, itulah tata cara membuka tabungan online. Mudah, bukan? Tidak butuh waktu lama. Dan kamu bisa lakukan itu di mana saja. Kamu tidak perlu ke kantor cabang bank yang dipilih lalu mengantre. Buka tabungan online merupakan cara paling efektif dan mudah untuk dilakukan sekarang.

Baca juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap Yang Perlu Diketahui

Menunggu Petugas Bank Melakukan Video Call

Video call dengan petugas bank untuk konfirmasi data. Photo by Pexels

Setelah mengisi formulir pembukaan akun bank serta mengirimkannya secara online melalui aplikasi, kamu tinggal tunggu panggilan dari petugas bank. Akan ada wawancara secara langsung yang akan dilakukan oleh pihak bank. Ini seperti ketika kamu membuka tabungan di bank terdekat. Hanya saja, ini dilakukan secara daring atau online.

Petugas akan menghubungimu melalui video call. Kamu juga harus siap untuk video call dengan petugas. Kamu akan ditanya terkait dengan data yang sudah dikirimkan. Ini hanya bersifat konfirmasi saja.

Setelah mendapatkan video call, kartu ATM dan juga kartu tabungan akan dikirimkan ke alamat rumahmu. Dan saat itulah kamu bisa melakukan aktivasi. ATM bisa digunakan. Transaksi melalui mobile banking juga sudah bisa dilakukan.

Di sisi, ada juga bank yang tetap memintamu untuk mengambil buku tabungan serta ATM di kantor cabang terdekat. Ini yang membedakan antara bank satu dengan yang lain. Ada juga yang meminta untuk mengisi saldo minimal sesuai dengan jenis tabungan yang kamu pilih.

Secara umum, itulah langkah demi langkah buka tabungan online. Yang pasti, kini semuanya dipermudah. Bukan hanya transfer dan menerima uang saja yang bisa dilakukan secara online. Buka tabungan pun bisa secara online.

Mungkin Anda juga menyukai