Tips dan Trik Mengatur Keuangan untuk Hadapi New Normal

Mengatur keuangan untuk menghadapi new normal.
Mengatur keuangan untuk menghadapi new normal. Photo by Tribunnews
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang merasa bingung dalam mengatur keuangan. Apalagi mengatur keuangan untuk menghadapi new normal yang saat ini sedang mulai dikampanyekan oleh pemerintah dalam rangka menghadapi pandemi corona. Ada sebagian masyarakat yang kondisi perekonomiannya hampir tidak bisa di stabilkan. Hal tersebut karena berkurangnya pendapatan dampak dari terkena pandemi.

Ada juga sebagian dari mereka yang tidak bisa bertahan sampai akhirnya harus menjual beberapa barang berharga milik mereka. Bahkan terkadang beberapa orang bingung bagaimana kondisi perekonomian mereka ke depan. Hal tersebut karena kebutuhan ekonomi masih terus berjalan oleh karena itu mengapa penting untuk mengatur perekonomian tersebut.

Ada banyak tips dan trik yang dapat kamu gunakan untuk mengatur kondisi perekonomian tersebut agar tidak terlalu merosot ke bawah. Oleh karena itu kamu wajib untuk mengetahui beberapa trik dan tips tersebut. kamu juga bisa langsung mempraktekkannya sendiri dalam lingkungan keluarga.

Pengeluaran yang tersusun

Rincian pengeluaran bulanan.
Susun pengeluaran. Photo by Pixabay

Terkadang banyak di antara kamu yang tidak bisa menyusun sebuah anggaran. Sehingga, banyak di antara kamu yang terkadang mengeluarkan uang dengan tidak terkendali. Secara tidak langsung hal tersebut dapat membuat pembengkakan dalam mengatur keuangan dalam hadapi new normal. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui berapa jumlah budget atau dana yang kamu miliki saat ini. Setelah itu, susun pengeluaran dengan bijak agar tetap bisa bertahan dalam menghadapi kondisi seperti saat ini.

Pengeluaran yang diprioritaskan

Susun rencana setelah dapat modal.
Data pengeluaran yang diprioritaskan. Photo by Rawpixel

Bagi setiap keluarga pasti memiliki kebutuhannya masing-masing baik dalam segi rumah tangga dan lain sebagainya. Maka dari itu kamu juga perlu untuk menulis sebuah list di mana dalam sebuah catatan tersebut. Ada kebutuhan yang penting dan tidak penting  maka kamu perlu mengeluarkan biaya untuk yang penting terlebih dahulu.

Jangan kamu keluarkan pengeluaran untuk hal yang tidak penting. Hal tersebut akan merugikan diri kamu sendiri karena tidak bisa mengatur sebuah keuangan tersebut. Kejadian seperti ini akan merusak perekonomian keluarga kamu di masa yang akan datang.

Baca juga: Belajar Atur Uang dari Drakor The World of The Married

Pengeluaran saat new normal

Dana darurat mengurangi pengeluaran bulanan.
Pengeluaran saat new normal. Photo by Pixabay

Setelah semua selesai barulah kamu menulis budget yang akan dikeluarkan saat keadaan new normal nanti. Pengeluaran yang dilakukan pun tidak boleh over limit harus sesuai dengan pendapatan. Jika tidak sesuai dengan pendapatan yang kamu punya maka ada beberapa hal yang harus dikurangi.

Banyak orang yang terkadang tidak melihat pendapatan yang didapat. Tetapi, mereka lebih melihat pengeluaran yang ingin mereka keluarkan. Hal tersebut dapat mengakibatkan kamu over limit akhirnya mencari jalan pintas dengan utang pinjam.

Padahal ketika kamu mengajukan sebuah utang pinjam tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah cara membayar utang tersebut. Jangan sampai utang yang kamu pinjam menjadi beban tanggungan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhitungkan dalam sebuah perencanaan keuangan tersebut. Jangan sampai perekonomian kamu anjlok hanya karena tidak bisa mengatur keuangan itu sendiri. Jadi, yang kamu perlu lakukan adalah menghitung terlebih dahulu berapa pendapatan yang didapat.

Setelah selesai mengetahui hal tersebut barulah kamu bisa menghitung berapa pengeluaran yang bisa dikeluarkan. Jangan sampai pengeluaran tersebut lebih banyak daripada pemasukan yang kamu dapatkan. Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam membuat perhitungan.

Agar kamu tidak salah perhitungan dan masih memiliki sisa pendapatan untuk kebutuhan kamu dikemudian hari. Semoga artikel mengatur keuangan untuk menghadapi new normal ini dapat bermanfaat bagi kamu. Sehingga kamu tidak mengalami over limit dalam mengatur sebuah keuangan tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai