Pahami Cara Menghindari Pencurian Data Pribadi Ini

cara menghindari pencurian data pribadi
Cara menghindari pencurian data pribadi. Photo by Pexels
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Di era yang serba digital dan online ini semua hal serba mudah dan cepat. Namun, dibalik kemudahan dan serba cepat ini ada yang perlu diwaspadai yaitu pencurian data pribadi. Kamu harus mengetahui cara menghindari pencurian data.

Sebisa mungkin kamu harus bisa menjaga kerahasiaan data pribadi dengan baik saat beraktivitas online. Terlebih untuk pengguna internet yang banyak aktivitas seperti berselancar, akses media sosial, menonton streaming video dengan banyak link tautan iklan, hingga mengunduh gambar/video secara ilegal.

Tanpa disadari hal itu malah menambah ancaman virus/malware yang bisa menyerang dan mencuri data-data pribadi yang tersimpan di ponsel pintar atau PCmu.

Maka dari itu, kamu harus pahami cara menghindari pencurian data pribadi seperti penjelasan di bawah ini.

Jangan simpan username dan password akun-akun penting secara otomatis

cara menghindari pencurian data pribadi
Jangan simpan password dan username secara otomatis. Photo by Pixabay

Semua akun online yang dianggap penting harus dipastikan untuk menggunakan kata sandi atau password yang sulit ditebak. Jangan lupa gunakan password yang berbeda-beda setiap akun digital yang kamu miliki. Jangan lupa aktifkan 2 tahap verifikasi pada aplikasi tersebut agar keamanan lebih terjaga.

Jangan asal klik tautan atau lampiran iklan yang sering muncul

Perlu diingat bahwa virus internet banyak terselip di dalamnya. Bahkan populer modus kejahatan siber dengan cara membuat tautan yang mirip dengan situs suatu bank atau perusahaan besar, bahkan media sosial yang dipastikan dapat mengecoh dan menipumu.

Jangan pernah bagikan informasi pribadi kepada siapapun

Informasi pribadi seperti password, PIN, kode OTP, CVV, dan lain sebagainya harus dilindungi dengan baik. Jangan sampai kamu terjebak penipuan dengan modus memintamu mengirimkan salah satu informasi pribadi tersebut.

Sebagai catatan, usahakan untuk menggunakan kata sandi yang unik dan kuat dengan kombinasi campuran huruf, angka, simbol, huruf besar dan kecil. Selain itu pastikan gunakan kata sandi yang berbeda-beda antara akun yang satu dengan lainnya.

Baca juga: Marak Jual-Beli Data Pribadi, Inilah Cara Melindunginya

Tidak memposting data pribadi ke media sosial

Jadi admin media sosial
Tidak posting data pribadi ke media sosial. Photo by Pixabay

Jangan pernah dengan sengaja mengunggah foto KTP, KK, SIM atau identitas lainnya di sosial media. Sebab, hal ini dapat mengundang tindak kejahatan siber oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu kamu perlu berhati-hati dan jangan sembarangan mengunggah data pribadi di platform media sosialmu. Jika sudah terlanjur, segeralah hapus postingan tersebut.

Hati-hati dengan telpon dari nomor tidak dikenal maupun informasi via email dan SMS berhadiah

Takut berbicara lewat telepon.
Hati-hati dengan telepon dari nomor tidak dikenal. Photo by Pexels

Waspada dengan setiap modus penipuan yang terjadi. Beberapa modus penipuan tersebut ialah telpon dari nomor tidak dikenal atau informasi via email dan SMS yang mengumumkan bahwa kamu mendapatkan hadiah. Biasanya, jika kamu terlena maka yang ada uang yang ada di rekeningmu dapat terkuras habis.

Nah, agar menghindari terjadi hal itu maka jangan pernah menuliskan nama email/nomor HP saat berselancar di dunia maya.

Cek link URL sebelum melakukan transaksi online

Jangan pernah sepelekan hal kecil yang penting seperti sebelum login untuk melakukan transaksi pembayaran dengan memperhatikan situs URL yang diberikan. Perhatikan apakah situs web itu dimulai dengan https yang secara sederhana dapat diartikan bahwa web tersebut aman atau secure.

Jangan gunakan Free VPN dan waspada dengan Wifi umum

cara menghindari pencurian data pribadi
Jangan gunakan free VPN. Photo by @lagopett

Jangan pernah sembarangan menggunakan VPN gratis untuk mengakses internet/mobile banking karena hal ini berisiko bagi keamanan transaksi online. Hindari juga gunakan koneksi wifi umum untuk transaksi elektronik maupun perbankan secara online. Sebab, ada banyak kejahatan siber dan virus/malware berbahaya yang mengintai dibalik fasilitas umum dan gratis.

Jangan lupa untuk update software di smartphone/tablet/PC

Dengan mengupdate software di smartphone/tablet/PC milikmu, maka sistem akan jadi lebih kuat dan terbaharui sehingga jadi lebih kuat terhadap serangan virus/malware.

Hindari instal aplikasi dari store resmi

Kejahatan siber saat ini makin canggih. Maka dari itu, berhati-hatilah saat akan mengunduh aplikasi untuk ponsel pintarmu. Usahakan tidak mengunduh dan instal aplikasi di luar store resmi seperti google play sotre atau iOS Apple.

Hindari login akun digital di komputer/handphone orang lain

Penggunaan media sosial bisa memicu kesalahan dalam branding produk
Hindari login akun digital di handphone orang lain. Photo by Rawpixel

Jangan pernah login atau masuk ke akun digital milikmu melalui komputer/handphone milik orang lain. Sebab, kamu tidak tahu apakah handphone/komputer tersebut ada malware atau tidak.

Jangan lupa log out selesai aktifitas di akun digital

Hal yang paling penting dan tidak boleh diremehkan ialah jangan lupa untuk log out setelah selesai aktifitas di akun digital. Hal itu dilakukan demi keamanan data-data milikmu.

Demikian cara menghindari pencurian data pribadi yang perlu diketahui. Yuk amankan data pribadimu ya TemanKliK!


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...