Pelayanan Prima: Pengertian, Konsep, Tujuan, dan Cara Memberikannya dalam Bisnis

ilustrasi pemberian pelayanan prima
Pelayanan Prima: Pengertian, Konsep, Tujuan, dan Cara Memberikannya dalam Bisnis. Photo by @claybanks
Waktu baca: 3 menit

Sebagai konsumen, apa yang kamu perhatikan selain kualitas produk? Sudah pasti pelayanannya bukan? Istilah “pelanggan adalah raja” mungkin sering kamu dengar. Namun nyatanya hal tersebut memang benar faktanya bagi pelaku bisnis. Semua cara dilakukan agar konsumen selalu merasa terlayani dengan baik. Oleh karena itu perusahaan selalu menerapkan pelayanan prima.

Baca Juga: Mengenal Karakter Konsumen sebagai Strategi Berbisnis

Apa Itu Pelayanan Prima?

Pelayanan prima (excellent service) adalah pelayanan terbaik yang diberikan untuk konsumen. Dengan menerapkan pelayanan prima, konsumen akan merasa puas. Tujuan dasar dari pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang maksimal dan konsumen akan merasa puas, sehingga pihak perusahaan mendapatkan keuntungan sesuai target.

Konsep Pelayanan Prima

Untuk mencapainya, banyak hal yang harus dilakukan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pelayanan yang prima perlu memperhatikan konsep dasarnya. Konsep dasarnya antara lain;

  • Sikap (attitude)

Sikap dari karyawan merupakan kesan pertama yang diberikan oleh konsumen kepada perusahaan. Bagaimana sikap dan pelayanan dari karyawan merupakan cerminan dari citra perusahaan tersebut. Terutama karyawan yang bertugas untuk berinteraksi langsung dengan pihak konsumen.

Sudah sepatutnya karyawan suatu perusahaan memiliki sikap yang baik dan juga selalu mengutamakan profesionalitas. Hal ini bertujuan untuk menjaga citra dan nama baik perusahaan di mata konsumennya.

  • Perhatian (attention)

Bentuk perhatian dan kepedulian dari karyawan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari suatu perusahaan. Terutama disaat konsumen sudah menunjukan bahwa ia membutuhkan bantuan. Karyawan sudah seharusnya untuk menunjukan kepekaan dan segara membantu dengan memberikan pelayanan yang terbaik

  • Tindakan (action)

Tentunya untuk menunjukan sikap yang baik dan perhatian kepada konsumennya, dibutuhkan suatu tindakan. Tindakan kecil pun dapat mempengaruhi citra perusahaan. Seperti contohnya menanyakan apakah ada hal yang bisa dibantu, mengucapkan terima kasih ataupun membantu untuk membuka pintu kepada konsumen. Dengan tindakan-tindakan tersebut, konsumen akan merasa diperhatikan dan terlayani dengan sangat baik.

  • Kemampuan (ability)

Kemampun dalam konteks ini memiliki arti bahwa karyawan diharapkan untuk dapat memiliki kemampuan untuk melayani konsumen dengan baik. Hal ini bisa dengan cara komunikasi yang baik, kemampuan memecahkan sebuah masalah dengan cepat, ataupun kemampuan menjual dan pengunaan teknologi.

  • Penampilan (appearance)

Penampilan yang baik dan rapi dari karyawan akan memberikan kesan lebih profesional. Setiap perusahaan memiliki standarnya masing-masing untuk penampilan karyawannya. Oleh karena itu karyawan diharapkan untuk selalu menjaga penampilannya demi menjaga citra perusahaan.

  • Bertanggung Jawab (accountability)

Tentunya dalam menjalankan tugas tidak akan sepenuhnya berjalan secara lancar. Oleh karena itu karyawan diharapkan untuk memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Dengan memiliki rasa tanggung jawab maka kredibilitas dari perusahaan tersebut akan terbentuk. Tidak hanya itu, saat menjalankan rasa bertanggung jawab dengan baik maka akan meminimalisir rasa ketidakpuasan dari konsumen.

  • Simpati (sympathy)

Simpati merupakan hal terakhir dari konsep pelayanan prima. Rasa simpati dibutuhkan agar proses pelayanan yang diberikan dapat berjalan dengan maksimal.

Tujuan Pelayanan Prima

Tentunya setiap tindakan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga halnya dengan pelayanan prima. Berikut ini tujuannya:

  • Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen
  • Mempertahankan standar dan kredibilitas perusahaan
  • Membangun rasa percaya kepada pelanggan
  • Untuk menghindari citra perusahaan yang buruk
  • Membantu konsumen untuk yakin memilih produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan
  • Konsumen merasa terlayani dengan baik dan diperhatikan
  • Mempertahankan loyalitas konsumen

Pentingnya Pelayanan Prima dalam Bisnis

Apakah memberikan pelayanan prima penting dalam bisnis? Jawabannya tentu saja penting. Apalagi jika kamu bergerak dalam bisnis yang menyediakan jasa. Itulah yang dicari oleh para konsumen.

Dengan memberikan pelayanan prima, tentunya akan meberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Jika konsumen merasa puas, secara otomatis konsumen tersebut berpotensi akan datang kembali. Tidak hanya itu, konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan akan mempunyai ingatan yang baik akan perusahaan tersebut.

Bahkan konsumen akan merekomendasikan kepada orang lain akan perusahaan tersebut. Hal ini yang dapat membedakan perusahaanmu dengan perusahaan lainnya.

Manfaat Pelayanan Prima

Pada umumnya, ini yang akan diperoleh oleh suatu perusahaan saat memeberikan pelayanan prima kepada konsumen;

  • Citra perusahaan akan meningkat
  • Layanan yang baik akan menjadi lahan untuk promosi bagi perusahaan tersebut
  • Menciptakan kesan pertama yang baik
  • Meningkatkan keuntungan untuk jangka panjang
  • Sebagai modal untuk bersaing dengan perusahaan lain

Cara Memberikan Pelayanan Prima dalam Bisnis

Setelah mengetahui apa saja konsep yang ada dalam pelayanan prima, kini saatnya merealisasikannya. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk membangun pelayanan prima, antaralain;

  • Selalu Responsif dan Reaktif

Karyawan yang selalu bersifat responsif dan reaktif tentunya akan membuat hubungan komunikasi kepada konsumen terjalin dengan efesien.

  • Memberikan Sapaan Ramah Kepada Konsumen

Memberikan sapaan yang ramah kepada konsumen akan memberikan kesan bahwa mereka disambut dengan baik. Hal ini dapat menciptakan suasana yang baik.

  • Memberikan Batasan Waktu Pelayanan

Pastikan untuk memberikan batas waktu untuk setiap pelayanan. Hal ini agar konsumen lainnya tidak menunggu lama. Namun harus dipastikan tuntutan dari konsumen tetap terpenuhi dengan baik meskipun diberikan Batasan dalam waktu pelayanan. Maka dibutuhkannya karyawan yang selalu sigap.

  • Selalu Tepat Waktu

Ketepatan waktu akan membuat semua hal berjalan lebih efesien dan lancar. Tidak hanya itu, dengan selalu tepat waktu perusahaan akan terlihat lebih profesional.

  • Kejujuran dan Kepercayaan

Kejujuran menjadi aspek yang sangat penting. Dengan adanya perilaku jujur akan menumbuhkan rasa kepercayaan yang tinggi untuk konsumen. Hal ini dapat menjadi point plus bagi sebuah perusahaan.

  • Melakukan Survei dan Evaluasi

Agar suatu perusahaan dapat terus berkembang, sangat penting untuk melakukan survei. Hal ini dijadikan untuk bahan evaluasi agar dapat meningkatkan mutu pelayanan.

Artikel Lainnya