Mengenal Karakter Konsumen sebagai Strategi Berbisnis

Salah satu pelanggan sedang melihat buah yang ingin dibeli
Mengenal Karakter Konsumen sebagai Strategi Berbisnis. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Karakter adalah tingkah laku yang diekspresikan oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Cerminan bagaimana seseorang berpikir dan bertindak. Sama hal nya saat berbelanja. Sebagai konsumen tentunya memiliki karakternya masing-masing saat berbelanja.

Pebisnis tentunya tahu betul bahwa konsumen adalah raja. Maka, penting untuk mengetahui karakter-karakter konsumen. Akan lebih mudah mencapai target yang kamu inginkan saat mengetahui dengan baik bagaimana karakter para konsumen. 

Berikut ini 5 karakter konsumen dari sudut pandang pebisnis yang perlu kamu pahami agar bisa menarik dan mempertahankan pelanggan bisnismu saat ini.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Kamu Harus Pelajari Sekarang Juga

5 Karakter Konsumen dari Sudut Pandang Pebisnis

Dua orang konsumen sedang belanja buah
Karakter konsumen. Photo by Pexels
  • Karakter Potensial

Memang secara teknis belum bisa dikatakan sebagai konsumen resmi, akan tetapi konsumen dengan karakter ini memiliki potensi besar untuk menjadi konsumenmu. Pada dasarnya, konsumen ini merupakan orang-orang target pasar kamu.

Saat melihat konsumen yang berpotensial, pastikan kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah meyakinkan calon konsumen dengan produk yang kamu tawarkan. Lalu kamu bisa memancing calon konsumen dengan memberikan penawaran-penawaran yang menguntungkan. Saat konsumen potensial ini sudah mulai berpikir untuk mengambil keputusan, saatnya kamu mengikatnya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan form contact.

  • Konsumen Baru

Konsumen baru adalah konsumen yang baru pertama kali membeli produk anda. Tapi jangan terlena dulu ya! Walaupun konsumen tipe ini sudah membeli produk kamu, memberikan kesan pertama yang baik juga sangat penting. Konsumen baru biasanya beradaptasi dengan pembelian pertamanya. Tugas kamu adalah meyakinkan konsumen ini agar puas dengan pembelian pertamanya. Jika merasa puas dengan pembelian pertamanya, konsumen baru akan memikirkan untuk kembali membeli produk kamu.

  • Konsumen Implusif

Konsumen implusif memiliki karakter yang cepat dalam mengambil keputusan. Sebagai pebisnis kamu bisa mencari celah dari sifat implusif ini. Konsumen implusif cenderung memilih proses yang simple. Kamu dapat menawarkan kemudahan untuk konsumen tipe ini. Memberikan layanan servis yang mudah dan cepat dalam pembelian produk kamu, maka semakin besar juga peluang konsumen ini untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

  • Konsumen Diskon

Pada dasarnya konsumen tipe ini sudah tertarik dengan produk kamu, namun harga yang kamu tawarkan menjadi permasalahan. Konsumen ini akan datang dan pergi sesuai dengan “keuntungan” yang bisa mereka dapatkan. Jika kamu memberikan potongan harga, konsumen tipe ini akan datang. Sebaliknya jika tidak adanya potongan harga, konsumen tipe ini tidak akan datang.

Tentunya kamu akan merasa kesulitan saat tidak ada potongan harga yang kamu tawarkan. Kamu bisa mempertahankan konsumen tipe ini dengan selalu menghubunginya saat ada potongan harga. Kamu bisa memberikan informasi mengenai potongan harga melalui telefon, email, hingga whatsapp.

  • Konsumen loyal

Mendapatkan konsumen loyal merupakan tujuan dari semua pebisnis. Tanpa harus melakukan promosi setiap saatnya, konsumen tipe ini akan selalu kembali. Dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik, konsumen tipe ini akan selalu percaya akan produk atau servis yang kamu berikan.

Konsumen tipe ini juga memiliki dampak yang besar bagi bisnis kamu. Dengan sendirinya, konsumen loyal akan merekomendasikan produk kamu kepada orang terdekatnya. Promosi “mulut ke mulut” selalu memberikan dampak yang sangat signifikan.

Cara Memahami Konsumen Agar Bisnis Lancar

Seorang konsumen sedang membayar
Memahami konsumen. Photo by Pixabay

Setelah mengetahui karakter-karakter konsumen dari sudut pandang pelaku bisnis, selanjutnya akan dijelaskan mengenai strategi atau cara agar bisnismu berjalan lancar. Simak penjelasannya di bawah ini ya TemanKlik.

  • Siapa Target konsumen Kamu dan Bagimana Karakternya

Menentukan target konsumen dengan jelas dapat membantu lancarnya bisnis yang kamu jalani. Kamu harus tau secara spesifik siapa target konsumen kamu. Apakah wanita atau pria? Berapa skala usia target konsumen kamu? Dan lainnya.

Jika sudah tahu jelas spesifikasi target konsumen kamu, saatnya melihat karakternya.

  • Mengenali Apa yang Konsumen Butuhkan dan Inginkan

Memastikan kamu tahu betul apa yang dibutuhkan dan inginkan. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengembangkan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Jika sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, pastinya produk atau layanan yang kamu tawarkan akan dicari.

  • Mencari Tahu Apa yang Konsumen Pikirkan Mengenai Produkmu

Setiap konsumen tentunya memiliki pandangannya tersendiri akan produkmu. Baik itu pandangan yang bagus ataupun tidak. Pandangan dan penilaian konsumen akan produkmu menjadi bahan evaluasi agar bisnis kamu terus maju. Kamu bisa mengetahui apa kelebihan dari produkmu dan bagaimana cara mempertahankannya. Atau kamu juga bisa tahu mengenai kekurangan produkmu dan bagaimana cara memperbaikinya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen memiliki peran penting untuk bisnis kamu. Memberikan pelayanan yang terbaik dengan memahami karakter konsumen bisa menjadi kunci kesuksesan dalam berbisnis.

Artikel Lainnya