Ini Dia Ide Jual yang Cepat Laku Serta Alasan-Alasannya

Seorang sedang memikirkan ide bisnis
Ini Dia Ide Jual yang Cepat Laku Serta Alasan-Alasannya. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Sebenarnya, tidak sulit untuk mencari ide bisnis. Tinggal lihat saja di sekitar dan temukan produk apa yang biasanya orang cari. Dari sini, kamu bisa mendapatkan ide jual yang cepat laku.

Sayangnya, tidak semua bisnis itu sustain atau bisa bertahan lama. Bisnis itu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Contoh sederhanya, lihat saja kondisi 1 atau tahun terakhir ini.  

10 Ide Jualan yang Kemungkinan Besar Cepat Laku

Seorang wanita memegang kertas bergambar bohlam
Ide bisnis. Photo by Pexels

Masih belum menemukan ide jualan yang cepat laku? Tenang saja. Berikut ini 10 ide jualan yang laku keras. Dengan penjelasan berupa alasan-alasan yang masuk akal, kamu akan semakin yakin untuk mengambil salah satu ide jualan produk berikut ini. Lebih dari itu, ada trik khusus agar proses berjualan kamu lebih lancar sesuai dengan jenis produk yang kamu jual.

Baca juga: Panduan Menyusun Bisnis Plan untuk Pebisnis Pemula

  1. Sembako

Kenapa harus sembako? Alasannya sederhana. Setiap orang butuh sembako atau Sembilan bahan pokok seperti beras. Jualan sembako jelas tidak ada matinya. Lihat saja toko-toko kelontong sebelah rumah atau minimarket yang jualan sembako. Pasti ramai, bukan?

Lalu, bukankah kompetisinya sulit jiak ingin terjun di bidang berjualan sembako? Betul sekali. Akan tetapi, bukan berarti kamu kalah. Tetap saja ada celah sehingga kamu bisa sukses jualan sembako. Misalnya saja kamu jualan beras saja dengan berbagai merek dan kualitas yang berbeda. Tawarkan sistem delivery. Juallah beras dengan kualitas yang mulai rendah hingga kualitas premium. Sesuaikan dengan target market kamu.

  1. Sayuran Organik

Jualan sayuran juga tak ada habisnya. Namun, bukan sembarang sayur. Karena jika sayuran biasa, kamu pasti akan kalah dengan pedagang yang ada di pasar. Juallah sayuran organik. 

Kenapa? Karena sekarang ini sudah semakin banyak orang yang paham tentang sayuran organik. Pangsa pasar orang yang mengingikan sayuran organik semakin luas. Dan kebanyakan mereka berada di strata sosial ekonomi yang tinggi. Itu artinya daya beli mereka tinggi.

Usahakan agar kamu benar-benar bisa meyakinkan bahwa sayuran yang kamu jual organik, sama sekali tidak ada bahan peptisida. Kamu tidak perlu memiliki lahan dan menanam sayuran sendiri. Kamu bisa bekerja sama dengan petani.

  1. Kosmetik 

Produk wanita apa yang selalu ada dan jumlah brand-nya semakin banyak? Betul sekali. Jawabannya adalah kosmetik. Wanita kini sangat mementingkan penampilan. Mereka akan melakukan apa saja agar terlihat cantik. Salah satunya dengan membeli kosmetik.

Kamu bisa menjadi penjual kosmetik dari brand-brand yang belum begitu terkenal. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang relatif murah mengingat brand-nya belum terlalu terkenal.

Agar orang percaya, kamu sebaiknya juga menggunakan kosmetik tersebut. Jika kamu seorang wanita, usahakan agar kamu selalu tampil trendi, cantik, dan penuh semangat. Kamu akan menjadi representasi dari produk yang kam jual. Ini memudahkan kamu untuk jualan kosmetik.

  1. Produk Fashion Wanita

Ide jualan yang cepat laku selanjutnya adalah produk fashion wanita. Produk fashion khusus kaum hawa itu tidak ada matinya. Selalu ada produk dengan desain yang baru. Setiap kali ada desain baru, segera beli dan jual. 

  1. Jajanan

Di masa pandemi saat ini, banyak orang tua yang tidak memperbolehkan anak mereka untuk jajan sembarangan. Mereka lebih memilih membelikan jajajan dari orang yang mereka yakini produk yang dibuat itu bersih dan higienis. Bukankah ini peluang yang begitu menarik? Akan lebih baik lagi jika kamu berjualan jajanan yang sehat dengan bahan-bahan yang dipastikan tidak mengandung bahan pengawet.

  1. Katering 

Usaha katering juga sedang naik daun lho. Bukalah usaha katering. Kamu bisa bekerja sama dengan kantor-kantor yang ada di sekitar. Kenapa? Karena selama pandemi pegawai biasanya tidak diperbolehkan untuk keluar masuk begitu saja untuk membeli makanan. Bahkan, ada juga larangan makan di luar saat makan siang tiba. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran virus. Solusinya adalah dengan penyediaan katering yang biasanya langsung di handle oleh kantor.

  1. Alat Olahraga

Di masa pandemi, orang tahu pentingnya menjaga kesehatan. Gym ditutup. Olahraga di luar sangat berisiko. Mereka lebih memilih untuk membeli alat-alat olahraga seperti treadmill yang biasa dipakai di dalam rumah.

  1. Parsel 

Parsel juga jenis jualan yang cepat laku. Kini, banyak orang tahu bahwa membeli hadiah sendiri itu menghabiskan terlalu banyak uang. Belum lagi waktu yang harus disiapkan untuk packaging. Lebih praktis dan lebih ekonomis membeli parsel sesuai dengan budget dan keinginan.

  1. Kue

Siapa yang membutuhkan kue? Banyak, entah itu seorang ibu yang ingin menggelar acara arisan di rumah, acara ulang tahun, acara kantor, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, sebaiknya buatlah kue yang unik. Kue yang enak sudah banyak. Tapi kue yang unik itu tak banyak. Semakin unik kue yang kamu jual, maka semakin tertarik orang ingin beli.

  1. Produk Custom 

Memang benar produk custom itu mahal. Tapi, jangan salah. Banyak orang yang tidak mempermasalahkan harga. Justru mereka merasa bermasalah ketika mereka menggunakan produk seperti baju yang ternyata banyak orang yang memilikinya. Makanya, mereka rela mengeluarkan uang sedikit lebih banyak asalkan punya produk yang custom.

Nah, ide jual yang cepat laku apa yang tepat untuk kamu coba?

Artikel Lainnya