Daftar Negara Paling Miskin di Dunia dengan Kondisi yang Memprihatinkan

Daftar Negara Paling Miskin di Dunia
Daftar Negara Paling Miskin di Dunia dengan Kondisi yang Memprihatinkan. Photo by @retrokram
Waktu baca: 5 menit

Cukup senang ketika mendengar Indonesia tidak menjadi bagian dari daftar negara paling miskin di dunia. Bahkan, Indonesia kabarnya sudah siap untuk masuk dalam kategori negara maju. Dari negara berkembang, negara kita katanya sudah layak untuk disebut negara maju.

Dari hal tersebut, kita bisa tahu bahwa ada 3 level kriteria negara yang disepakati, yaitu negara maju, negara berkembang, dan negara miskin. Untuk negara maju, pasti kamu sudah bisa menebak kan, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa menjadi contohnya. Negara berkembang itu seperti Indonesia yang katanya sudah bisa dianggap negara maju.

Lalu, bagaimana dengan negara miskin? Mana saja yang termasuk ke dalam daftar negara paling miskin di dunia?

Apa yang Menjadi Patokan Negara Paling Miskin?

Sebelum mengetahui daftar negara miskin di dunia, apakah kamu tahu siapa yang menentukan predikat tersebut? Mereka adalah Bank Dunia. Lembaga inilah yang diberi wewenang untuk menilai sebuah negara.

Lalu, bagaimana Bank Dunia menentukan mana negara maju, negara berkembang, dan negara miskin? Mereka menilai berdasarkan apa yang disebut dengan Pendapatan Nasional Bruto per kapita. Ini juga sering disebut dengan PDB atau Produk Domestik Bruto. Ini merupakan angka pendapatan yang dihitung dari total pendapatan negara dibagi besarnya populasi di negara tersebut.

Kemudian, Bank Dunia membuat kriteria angka untuk negara maju, berkembang, dan miskin. Dari sinilah ditemukan mana saja yang termasuk urutan negara termiskin di dunia.

Baca juga: Menelisik Apa Itu Kapitalisme Beserta Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya di Indonesia

15 Negara Paling Miskin di Dunia versi Bank Dunia

Kamu sekarang sudah tahu apa yang dimaksud dengan negara miskin. Secara singkat, negara termiskin di dunia adalah negara yang PDB-nya berada di angka yang oleh Bank Dunia dianggap paling rendah.

Lalu, mana saja yang termasuk ke dalam daftar negara miskin? Berikut ini daftar 15 negara yang dimaksud:

  1. Burundi 

Apakah kamu tahu Burundi itu negara di benua apa? Ini salah satu negara yang ada di Afrika. Negara ini terletak di antara danau besar. Jadi, Burundi berada di sebuah dataran yang sangat besar.

Ini dimasukkan ke dalam daftar negara paling miskin di dunia karena menurut statistis penduduk di sana hanya mendapatkan uang sekitar Rp 17.000 per hari. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti produktivitas yang rendah, mindset tentang kekayaan yang kurang modern seperti orang dianggap kaya ketika memiliki sapi, dan mayoritas penduduk adalah petani konvensional. Lebih dari itu, ada satu faktor lagi yang sangat berpengaruh, yaitu seringnya terjadi perang saudara. Inilah mengapa banyak orang menganggap Burundi merupakan negaranya dunia.

  1. Somalia

Nama negara yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Negara ini sering disorot karena adanya masalah yang terus terjadi, seperti kelaparan, kematian karena penyakit, gizi buruk pada anak, dan lain sebagainya.

Sama seperti Burundi, Somalia juga berada di Benua Afrika. Banyak yang memberikan julukan “Negara Bajak Laut” untuk Somalia. Pasalnya, banyak perompak yang berasal dari negara yang satu ini.

  1. Mozambik

Negara di Afrika berikutnya yang termasuk ke dalam salah satu negara paling miskin di dunia adalah Mozambik. Pendapatan per kapita hanya sekitar 466 USD. Padahal, ini surganya para peneliti satwa liar. Banyak peneliti dari berbagai belahan dunia yang datang untuk melakukan penelitian. Ada potensi alam yang luar biasa di sana. Hanya saja, potensi tersebut belum bisa dimaksimalkan sehingga bisa menaikkan PDB mereka. 

  1. Madagaskar

Madagaskar merupakan negara kepulauan yang besar. Ini dinobatkan sebagai negara kepulauan terbesar keempat di dunia. Akan tetapi, pada saat yang sama, negara ini juga dinobatkan sebagai salah satu negara paling miskin di dunia.

Mungkin kamu pernah atau sering menonton film yang setting berada di Madagaskar. Seperti itulah gambaran negara yang satu ini. Banyak sekali hutan liar, binatang buas, serta kondisi cuaca yang sangat gersang. Kondisi alam seperti inilah yang membuat negara ini sulit untuk maju.

  1. Sierra Leone 

Negara yang satu ini juga memiliki mata uang yang termasuk mata uang terendah di dunia. Ini mungkin yang membuat Sierra Leone juga masuk ke dalam negara miskin. Di era digital seperti ini, penetrasi internet di negara ini hanya 11% dari populasi. Ini jauh beda dengan Indonesia. Beberapa isu yang membuat negara ini sulit untuk berkembang adalah korupsi, masalah kesehatan, dan mindset penduduk yang belum bisa diajak untuk maju.

  1. Afghanistan 

Ini negara yang cukup sering diberitakan di media internasional mengenai adanya perang antara pemberontak dengan negara. Konflik internal rasanya membuat peperangan tidak pernah berhenti sehingga negara ini tidak sempat untuk melakukan pembangunan. Hingga akhirnya PDB mereka rendah dan menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

  1. Eritrea 

Ini negara yang tidak begitu terkenal. Namun, kamu pasti pernah dengar Negara Sudan, bukan? Eritrea ini tepat berbatasan dengan Negara Sudan. Sama seperti negara tetangganya, penduduk Eritrea kebanyakan memeluk agama Islam. Akan tetapi, konflik dengan kelompok pemberontak yang sering terjadi membuat negara ini kurang fokus dalam mengatasi kemiskinan. Bahkan, sampai sekarang, Eritrea masuk ke dalam negara yang sulit dikunjungi. Ini pula yang membuat orang asing yang ingin berwisata atau berbisnis di sana kurang begitu berminat.

  1. Republik Afrika Tengah 

Negara dengan ibu kota Bangul memiliki kurang lebih 4,8 juta penduduk. Ada 2 mata uang yang mereka gunakan, yaitu Franc CFA Afrika Tengah dan Bitcoin. Mungkin kamu berpikir negara ini sudah sangat luar biasa karena sudah menerima bitcoin sebagai alat tukar. Namun, faktanya tidak. Tingkat PDBnya rendah, yaitu sekitar 476 USD.

  1. Liberia 

Sebenarnya, PDB negara Liberia tidak begitu rendah, yaitu 800 USD per kapita. Hanya saja, tingkat penganggurannya yang terlalu tinggi membuat negara ini kewalahan untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Selain itu, produktivitas penduduk juga relatif rendah. 

  1. Nigeria

Nigeria memang sudah terkenal karena banyak pemain sepakbola dari negeri ini yang merumput di klub besar Eropa. Akan tetapi, ini bukan masalah prestasi individu. Nigeria masih mengalami berbagai masalah seperti busung lapar, penyakit yang mematikan, dan lain sebagainya. Ini yang juga membuat tingkat PDB rendah dan menjadikan Nigeria sebagai salah satu negara miskin di dunia.

  1. Kongo

Kongo sebenarnya memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Hanya saja, konflik dan juga tingkat pendidikan yang kurang bagus membuat negara ini tidak bisa lepas dari predikat negara miskin. Apalagi dengan adanya wabah penyakit yang seolah-olah tidak berhenti, seperti malaria. Ini membuat pemerintah dari negara ini semakin sulit untuk meningkatkan kualitas dan menaikkan PDB mereka yang hanya 556 USD.

  1. Malawi

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa penduduk Malawi rata-rata hanya mendapatkan penghasilan Rp 13.000 per harinya. Ini diperparah dengan kondisi alam yang sering mengalami bencana. Sering kali beberapa daerah di Malawi mengalami masalah bencana berupa banjir bandang. 

  1. Sudan

Sudan merupakan salah satu negara Islam yang tidak pernah lepas dari perang saudara. Kondisi ini membuat negara sulit untuk melakukan pembangunan. Padahal, jika tidak terjadi perang saudara, Sudan bisa sangat kaya dengan penghasilan bumi. Pasalnya, Sudan termasuk negara dengan sumber daya alam berupa minyak yang sangat luar biasa.

  1. Chad

Chad termasuk negara miskin di dunia yang tak pernah berhenti dilanda perang saudara dan konflik. Chad yang merupakan bagian dari Afrika Tengah ini memiliki PDB hanya 614 US. Rasio pertumbuhan PDB mereka dinyatakan menurun terus menerus. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Kondisi ekonomi kian terpuruk.

  1. Gambia 

Gambia memiliki populasi sekitar 2.4 juta. PDB mereka 787 USD. Ini merupakan negara terkecil di Benua Afrika. Produk utama mereka hanya pertanian berupa kacang. Inilah produk utama yang diekspor oleh negara Gambia. Karena hanya mengandalkan satu produk ekspor, Gambia tidak bisa berkembang dan selalu menjadi langganan daftar negara termiskin di dunia.

Itulah 15 negara termiskin di dunia. Dari data tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kebanyakan negara miskin karena adanya konflik atau peperangan di dalam negara. Jadi, kemiskinan tidak hanya disebabkan oleh tingkat produktivitas yang rendah tapi stabilitas keamanan dalam negeri.

Artikel Lainnya