Ikut Lomba Gapura 17 Agustus dengan Hemat

Gapura 17 Agustus hemat
Waktu baca: 3 menit

Dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT RI ke-74 pada tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Ekonomi Kreatif mengadakan lomba menghias gapura bagi masyarakat umum, lembaga, perusahaan, serta instansi. Seluruh masyarakat Indonesia bisa ikut perlombaan sejak 17 Juli hingga 17 Agustus 2019. Nantinya, total hadiah yang akan diberikan kepada pemenang sebesar Rp 1 miliar.

Kriteria penilaian yang akan dijadikan pertimbangan juri nanti yaitu relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep, semangat gotong royong, dan kebersamaan. Untuk info lebih lengkapnya, kamu bisa akses melalui website www.gapuracintanegeri.com.

Jika kamu dan lingkungan rumahmu ingin ikut terlibat dalam penyelenggaraan ini, sudah pasti akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit agar kamu bisa memenangkan perlombaan ini. Namun, kamu sebenarnya bisa juga lho berpartisipasi walau dengan budget yang minimal. Berikut tips hemat yang bisa kamu ikuti agar bisa berpartisipasi dalam lomba gapura 17 Agustus dengan hemat.

Buat konsep unik

Ide dan konsep unik pembangunan gapura.
Temukan ide dan konsep unik untuk pembangunan gapura. Photo by Pixabay

Dalam kriteria penilaian di atas, sudah disebutkan gapura yang dibangun harus relevan dengan tema dan ide harus orisinal. Pada lomba ini, tema yang diangkat ialah “Cinta Negeri”. Nah, setelah mengetahui hal itu, kamu bersama tim pembuat gapura bisa mulai berdiskusi untuk membuat konsep unik gapura yang akan dibangun.

Manfaatkan barang yang tersedia

Gunakan peralatan dan barang yang ada untuk membangun gapura 17 Agustus agar hemat.
Gunakan peralatan dan barang yang tersedia untuk membangun gapura. Photo by Pexels

Untuk membangun gapura dengan konsep yang unik, pasti butuh banyak barang yang nantinya akan digunakan. Nah, untuk mengakalinya, kamu bisa meminta tim mengumpulkan barang-barang yang dibutuhkan namun tersedia di rumah masing-masing warga sekitar. Setidaknya, kamu bisa mendapatkan perlengkapan tersebut dengan harga yang sangat miring atau bahkan malah dikasih gratis. Jangan lupa untuk menulis daftar barang-barang yang dibutuhkan agar tidak berlebihan ya.

Gunakan cat bekas yang masih bisa digunakan

Cat  bekas
Gunakan cat bekas untuk mengecat gapura. Photo by @kharaoke

Dalam membangun gapura pasti membutuhkan berbagai warna. Setelah menentukan konsep, pasti kamu dan tim akan menemukan warna apa saja yang nantinya akan digunakan. Berhubung untuk perayaan hari kemerdekaan, kamu pasti akan butuh cat warna merah putih yang tidak sedikit. Kamu bisa membelinya atau bisa juga meminta kepada warga yang memiliki cat tak terpakai di rumahnya.

Adakan iuran

Adakan iuran
Adakan iuran untuk pembangunan gapura. Photo by Pixabay

Setelah konsep dan semua barang serta cat terkumpul, namun kamu merasa masih ada yang kurang untuk membangun gapura tersebut. Maka kamu bisa meminta warga untuk mengadakan iuran bersama. Jangan lupa jelaskan secara rinci dan transparan dana yang dibutuhkan. Hal itu setidaknya bisa membuat warga percaya dan akan menyumbangkan dana untuk pembangunan gapura yang kamu inginkan.

Tak usah buru-buru

Jangan memaksa
Jangan terlalu memaksakan. Photo by @c_tohatan

Saat mengetahui waktu yang dibutuhkan sudah mepet, jangan sampai dalam membangun gapura jadi terburu-buru dan terkesan memaksakan agar cepat selesai. Dalam pengerjaannya, kamu harus bisa mengatur agar tetap santai, asik, namun bisa selesai. Karena pada dasarnya membangun gapura ini tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan menjunjung tinggi nilai gotong royong.

Baca juga: Prinsip Kerja yang Diterapkan Agar Lebih Bahagia & Sukses

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat memutuskan untuk membuat gapura 17 Agustus dengan biaya yang hemat. Ingat, jangan terlalu terobsesi untuk meraih kemenangan saja. Yang terpenting, warga jadi makin akrab dan bisa merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan khidmat. Jadi, udah siap 17an?

You may also like...

Leave a Reply