Bagaimana Cara Mencairkan Giro? Cek Selengkapnya di Sini

Cara Mencairkan Giro
Bagaimana Cara Mencairkan Giro? Cek Selengkapnya di Sini. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam transaksi perbankan, giro mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Transaksi yang satu ini pada dasarnya sudah ada sejak dahulu. kendati demikian masih banyak orang belum mengetahui metode ini, khususnya cara mencairkan giro dengan mudah.

Setiap metode transaksi mungkin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun metode pembayaran giro ini sudah diberlakukan sejak dahulu, tetapi masih banyak orang memilih metode ini. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam penarikan uang kapan saja.

Bagi kamu yang belum mengetahui pengertian bilyet giro, artikel ini akan menjelaskan lebih rinci mengenai giro hingga cara melakukan pencairan giro. Penjelasan ini sangat penting untuk diketahui semua orang. Pasalnya ada banyak kelebihan giro dibanding tabungan lain.

Apa Itu Giro?

Berbagai macam pertanyaan tentang giro mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, giro bank adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan nasabah. Penarikan giro bisa kapan saja dengan warkat cek dan bilyet.

Umumnya, giro dapat berupa surat. Surat tersebut berupa perintah pemindahbukuan sejumlah uang yang tertera dari rekening seseorang kepada rekening pribadi, begitupun sebaliknya. Adanya giro memudahkan seseorang melakukan transaksi.

Transaksi giro sering kali disamakan dengan metode cek. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ada beberapa beda cek dan giro yang harus kamu ketahui. Perbedaan cek dan giro dilihat proses penarikan hingga waktu penarikan.

Pada bilyet giro sebetulnya tidak boleh diuangkan, sedangkan cek boleh langsung diuangkan secara tunai di bank tertentu. Perbedaan mendasar lainnya yakni penarikan cek harus ada biaya materai dari pihak bank, sedangkan giro tidak. 

Tidak hanya itu saja, cek sudah tercantum di tanggal penerbitan, sedangkan giro sudah memiliki tanggal terbit dan cair. Jadi, giro dan cek cukup memiliki perbedaan signifikan. 

Adanya penjelasan ini, kamu dapat membedakan antara giro dan cek. Selain itu, adapun penjelasan rinci giro yang sudah dijelaskan.

Baca juga: Pengertian, Manfaat dan 4 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Cara Mencairkan Giro

Ada banyak cara untuk mencairkan giro. Cara pencairannya sendiri terbilang sangat mudah dilakukan. Bahkan sudah banyak orang yang mengetahui cara melakukan pencairan giro. Kendati demikian, masih banyak orang mempertanyakan bagaimana cara mencairkan giro?

Perlu diketahui, cara mencairkan giro terbagi menjadi dua cara. Kedua cara tersebut yakni cara mencairkan giro beda bank dan dari bank yang sama. Lebih lanjut, berikut ini merupakan tata cara selengkapnya.

1. Tutorial Cara Melakukan Pencairan Giro Beda Bank

Dalam proses transaksi tentunya ada banyak alamat bank yang akan dituju pemilik rekening giro. Pada alamat bank tersebut bisa sama dan berbeda. Jika alamat yang dituju berbeda, ada cara mencairkan giro tersendiri. Berikut ini merupakan cara yang wajib diketahui.

  1. Pada proses pencairan, pastikan terlebih dahulu informasi yang sudah tertera dalam giro sudah tepat.
  2. Harap lengkapi dokumen yang sudah tertera dalam persyaratan.
  3. Sebaiknya lakukan proses pengecekan terlebih dahulu, jika giro tersebut mengatasnamakan perusahaan.
  4. Setelah itu, lakukan pengisian form kliring.
  5. Jika sudah dilakukan, kamu bisa mengunjungi lokasi bank yang dituju.
  6. Segera menuju taller bank, pihak taller akan membantu kamu dalam proses pencairan dana.
  7. Proses pencairan dana akan memerlukan waktu tertentu. Biasanya sekitar waktu tiga hingga lima hari setelah mengajukan pencairan dana. 

Cara yang dijelaskan tersebut tentunya sangat mudah dan aman untuk dilakukan. Kendati demikian, kamu harus memperhatikan prosedur pencairan giro dan selalu ketahui tanggal pencairan dana. Dengan begitu proses pencairan dapat berjalan dengan lancar.

2. Tutorial Cara Melakukan Pencairan Giro dari Bank Serupa

Setelah mengetahui cara mencairkan giro beda bank, kamu juga diharuskan mengetahui tata cara melakukan pencairan giro dari bank serupa. Tentunya, cara ini tidak kalah praktis dari cara sebelumnya. 

Pada dasarnya ada saat dimana nasabah menuliskan alamat bank yang serupa dengan pemiliknya. Dalam kasus tersebut, terdapat metode pencairan dana yang harus diperhatikan, lebih lanjut, berikut ini merupakan cara melakukan pencairan giro dari bank yang serupa.

  1. Sebelum melakukan pencairan, pastikan terlebih dahulu informasi di dalam giro sudah sesuai dengan apa yang diinginkan.
  2. Lengkapi persyaratan untuk mencairkan giro.
  3. Setelah itu, kamu dapat membawa berbagai persyaratan ke bank yang akan dituju. Sebaiknya pilih bank yang terdekat dengan lokasi.
  4. Jika sudah, segera lakukan pengisian formulir setor tunai di bank.
  5. Berikutnya, bawa formulir tersebut ke teller. Umumnya pihak taller akan membantu dalam melakukan pencairan giro.
  6. Selanjutnya, pencairan giro sudah berhasil dilakukan.

Pada dasarnya cara ini sudah banyak digunakan. Selain mudah dilakukan, menggunakan giro juga akan mendapatkan banyak keuntungan. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi untuk melakukan transaksi secara non tunai.

Nah, itulah beberapa pengertian mengenai pembayaran giro dan cara melakukan pencairannya. Perlu untuk diketahui, masa berlaku bilyet giro adalah 70 hari sejak tanggal penarikan. Adanya giro ini memudahkan semua orang dalam melakukan transaksi non tunai.

Jadi, sangat direkomendasikan untuk kamu melakukan giro sebagai tempat melakukan transaksi. Dengan menggunakan giro, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Mungkin Anda juga menyukai