Cari Tahu Menu Berbuka Hemat tapi Sehat (Part 2)

menu berbuka hemat
Menu berbuka puasa. Photo by Tribunnews
Waktu baca: 3 menit

Sudah menjadi rahasia umum, jika kebutuhan di bulan Ramadhan lebih besar dibanding dengan bulan lainnya. Hal ini karena di bulan ini, banyak hal spesial yang biasanya dilakukan. Selain itu, faktor harga bahan pokok yang tinggi pun menjadi salah satu penyebab bulan yang penuh berkah ini membutuhkan biaya yang lebih besar. Jika sudah tahu seperti ini, kamu mungkin akan kebingungan untuk menentukan menu untuk berbuka yang hemat tapi tetap sehat.

Baca juga: Cari Tahu Menu Berbuka Hemat tapi Sehat (Part 2)

Menu-menu tersebut tentu harus tetap sehat, namun dengan harga yang tidak harus menguras kantong. Nah, di bawah ini ada dua menu berbuka yang bisa kamu praktekan di rumah. Tenang saja, menu berbuka ini dijamin tidak membuat kantong kamu kering. Apa saja menu berbuka hemat tapi sehat? Simak ulasannya di bawah ini:

Menu Bakso Tahu Udang

menu berbuka hemat
Bakso tahu udang. Photo by Cookpad

Hanya dengan budget Rp 49 ribu, kamu sudah dapat menyiapkan menu makanan selezat bakso tahu udang loh. Untuk kamu yang hendak memasak menu ini, maka akan sangat tepat untuk membaca artikel satu ini. Pencarian bahan-bahannya pun mudah didapatkan sebab hanya memerlukan bahan masakan umum yang banyak ditemukan di pasaran seperti beberapa bahan sebagai berikut:

  • 125 gram udang (Rp15.000),
  • 2 tahu jumbo (Rp7.000),
  • 1 butir telur ayam (Rp2.000)
  • 2 sendok makan tepung maizena (Rp6.000),
  • 3 siung bawang putih (Rp5.500),
  • Kaldu bubuk (Rp7.000),
  • Lada (Rp6.500),
  • Garam secukupnya.

Sedangkan untuk cara membuatnya juga cukup mudah loh. Cukup dengan haluskan bawang putih, lada, dan garam kemudian dilanjutkan dengan memasukkan udang bersama dengan bumbu yang telah halus sambil diulek di cobek. Nah, setelah itu, masukkan tahu dan ulek juga pada cobek isi udang. Selanjutnya tambahkan 2 sdm tepung maizena dan 1 butir telur ayam serta tambahkan sedikit kaldu bubuk. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng sedikit demi sedikit, tiriskan, bakso tahu udang sudah siap untuk Kamu santap…

Menu Bubur Manado

menu berbuka hemat
Bubur Manado. Photo by Tastemade

Selain terkenal sebagai menu yang mengenyangkan, bubur manado juga bisa dijadikan sebagai menu berbuka yang sehat dan low budget karena hanya memerlukan biaya Rp21.600. Selain hemat, bubur ini juga mengenyangkan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu sahur. Lantas, bagaimana dengan bahan-bahannya? Bubur manado memerlukan bahan-bahan seperti:

  • 100 gram ubi merah (Rp6.000),
  • 50 gram bayam (Rp1.000),
  • 50 gram kangkung (Rp1.000),
  • 50 gram daun kemangi (Rp2.000),
  • Quaker oats (Rp11.600),

Bagaimana, sangat mudah untuk didapatkan bukan? Tentu saja, sebab bahan-bahan tersebut sangat banyak di pasaran. Selanjutnya, tinggal bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk membuatnya. Untuk cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama yang harus Kamu lakukan adalah merebus ubi merahnya sampai empuk yang dilanjut dengan memasak kangkung serta bayam setengah matang saja. Kemudian langkah selanjutnya adalah memasak quaker oats dengan menambahkan garam secukupnya saja. Setelah itu, campurkan semuanya dan tambahkan daun kemangi. Aduk hingga merata. Bubur manado sehat hemat pun siap untuk Kamu sajikan sebagai menu sahur ketika bulan puasa.

Nah itulah beberapa menu sahur yang bisa kamu coba. Bagaimana? Cukup mudah dan murah di kantong bukan? Tunggu apalagi! Kamu bisa membuatnya untuk menu sahur di hari-hari selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

You may also like...