Mengenal Lebih dalam Konsep Time Value of Money

Time value of money
Mengenal Lebih dalam Konsep Time Value of Money. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Mungkin jika kamu berkutat di dunia bisnis dan finasial, sudah familiar rasanya dengan konsep time value of money. Namun, bagaimana dengan orang awam yang tidak pernah tahu sama sekali konsep tersebut? Kenyataannya, konsep time value of money juga dapat membantu secara individu.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai konsep time value of money!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Retained Earning: Penggunaan, Fungsi, Unsur dan Cara Menghitungnya

Pengertian dari Time Value of Money

Sesuai dengan namanya, time value of money berhubungan erat dengan uang dan waktu. Time value of money biasanya dapat membantu seseorang dalam memutuskan untuk membeli sesuatu ataupun dalam berbisnis. Konsep ini merupakan sebuah persepsi finansial dimana uang yang kamu miliki saat ini nilainya lebih berharga daripada jumlahnya yang sama di masa depan.

Pada intinya, nilai uang sekarang dapat berbeda nilainya di masa depan walupun dengan jumlah yang sama. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Hal ini dikarenakan uang yang kamu miliki sekarang mempunyai potensi untuk tubuh jika kamu menginvestasikan uang tersebut atau menyimpan uang tersebut lalu mendapatkan bunga dikemudian hari.

Tidak hanya membantu seseorang dalam memutuskan perihal berbisnis dan membeli sesuatu, namun konsep time value of money juga berkaitan dengan konsep inflasi dan daya beli.

Konsep time value of money berkaitan dengan inflasi dikarenakan inflasi menyebabkan harga selalu meningkat dari waktu ke waktu dan menyebabkan uang yang kamu miliki saat ini dapat kamu gunakan untuk membeli banyak hal dibandingkan dimasa depan.

Oleh karena itu, dengan menerapkan konsep time value of money, kamu dapat menanggulangi inflasi dengan cara menginvestasikan uang yang kamu miliki saat ini ke pasar saham.

Keinginan dan rasa puas yang dimiliki oleh manusia juga mendorong terjadinya time value of money. Rasa ingin yang hadir saat ini dianggap memiliki rasa puas yang lebih besar dibandingkan dengan keinginan dimasa yang akan datang.

Hal ini karena ada rasa bahwa keuntungan di masa depan masih tidak bisa diprediksikan dan belum ada kepastian. Sedangkan keuntungan yang ada saat ini sudah terlihat dengan jelas dan nyata.

Manfaat dari Konsep Time Value of Money

Dari pengertian konsep time value of money, sudah dapat disimpulkan bahwa manfaat utamanya adalah pengelolaan keuangan dengan efesien. Namun faktanya, manfaat dari konsep time value of money memiliki dampak yang berbeda kepada setiap aspek yang bersangkutan. Berikut ini manfaat dari penerapan konsep time value of money, diantaranya;

  • Bagi Investor

Bagi investor, konsep time value of money sangat membantu untuk menganalisis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Dengan konsep ini, investor dapat melihat terlebih dahulu apakah melakukan suatu investasi dapat menguntungkannya atau tidak.

Investor dapat memperhitungkan terlebih dahulu apakah risiko, profit dan juga returnnya sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan. Dengan ini, investor dapat mengelola dana yang dimilikinya dengan tepat.

Artikel Lainnya