Mengenal Lebih dalam Konsep Time Value of Money

Time value of money
Mengenal Lebih dalam Konsep Time Value of Money. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit
  • Bagi Perusahaan

Konsep time value of money dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menyusun anggaran perihal perhitungan hingga penyusunannya. Tujuan utamanya adalah agar perusahaan tidak hanya memproduksi saja namun diharapkan dapat mengembangkan produknya dan juga berinovasi.

Konsep ini juga digunakan oleh perusahaan untuk menganalisis terlebih dahulu apakah inovasi ataupun ekspansi produk yang nantinya dijalankannya akan memberi untung apa tidak. Perusahaan melihat konsep ini sebagai investasi untuk perusahaan itu sendiri.

  • Bagi Pribadi

Tidak hanya untuk investor dan juga pihak perusahaan yang merasakan manfaat dari konsep time value of money, namun bagi individu juga sama hal nya. Dengan menggunakan konsep time value of money dapat membantu kamu dalam memutuskan saat ingin membeli suatu barang.

Kamu akan bertanya-tanya, apakah dengan membeli suatu barang saat ini akan lebih menguntungkan jika kamu membelinya di kemudia hari. Secara tidak langsung, konsep ini membantumu agar kamu dapat mengelola keuangan dengan baik.

Rumus Time Value of Money

Dalam menghitung time value of money, ada beberapa variable yang dibutuhkan. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa rumus untuk menghitung time value of money akan berubah-ubah sesuai dengan situasimu. Berikut ini variable yang ada pada rumus menghitung time value of money, yaitu;

Future Value (FV): Nilai uang pada masa mendatang

Present Value (VP): Nilai uang pada masa kini

Interest (i): Suku bunga

Time (nPer): Periode waktu

T: Jumah tahun

Rumus dari time value of money adalah: FV = PV x [1 + (i/n)](nxt)

Lalu, kamu juga dapat mengatur ulang rumusnya untuk menemukan nilai sekarang dari uang di masa depan dengan cara: PV = FV/[1+(i/n)]^(nxt)

Contoh Time Value of Money

Sebelumnya sudah di jelaskan mengenai rumus dari time value of money, berikut ini contoh dari menghitung time value of money, yakni;

Ibu Siska ditawari dua metode pembayaran dari pekerjaanya. Pertama upah yang ditawarkan sebesar Rp4 Juta rupiah dibayar saat ini dan yang kedua Rp5,5 Juta dibayar satu tahun kemudian. Jika Ibu Siska menginvestasikan upah yang ia perolehnya saat ini, maka Ibu Siska akan memperoleh 5 persen dari hasil investasinya. Lalu, apakah nilai uang yang diterima saat ini sama dengan nilai masa depan sebesar Rp 5,5 juta rupiah?

PV = FV [1+(i/n)](nxt)

= Rp5.500.000 / (1+5%/1)] (1×1)

= Rp.5.500.000/ 1,05

= Rp5.238.095

Maka dapat disimpulkan bahwa, tingkat return investasi senilai 5 persen per tahun. Ibu Siksa akan memperoleh Rp.5.238.095 saat ini agar nilainya sama di masa yang akan mendatang dari nilai uang Rp.5.500.000. Dengan ini, nilai uang di masa depan yang senilai Rp.5.500.000 bernilai sama dengan Rp.5.238.095 di masa sekarang.

Itulah penjelasan mengenai time value of money yang perlu diketahui. Dengan memahaminya, kamu bisa mengelola keuangan dan waktumu dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai