Manfaat UMKM Bagi Masyarakat Beserta Kriterianya 

Manfaat UMKM Bagi Masyarakat
Manfaat UMKM Bagi Masyarakat Beserta Kriterianya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Di era industrial yang semakin berkembang, menjadikan banyak orang terjun di dunia bisnis. Salah satu jalan yang dirasa paling mudah adalah membuka UMKM. Diketahui bahwa ada banyak manfaat UMKM bagi masyarakat, lalu apa sajakah itu? 

Kamu perlu tahu manfaat dari UMKM ini karena tidak hanya berguna bagi pemiliknya, tetapi juga berguna bagi orang di sekitar kita. Pemerintah sudah memberikan pengertian UMKM beserta kriterianya menurut undang-undang. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Mengenal UMKM 

Berdasarkan pemerintah, sudah ada pengertian dan kriteria dari UMKM. Hal tersebut sudah dicantumkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2008. UU tersebut menjelaskan secara lengkap tentang UMKM dan peraturannya. Apa itu UMKM? 

Arti UMKM adalah bisnis yang dijalankan oleh pribadi, rumah tangga, atau badan usaha yang masuk dalam ukuran kecil. Penggolongan dari UMKM ini didasarkan dari jumlah omset maksimal yang didapatkan oleh bisnis tersebut tiap tahunnya serta dari aset. 

Usaha yang tidak masuk UMKM ini disebut sebagai usaha yang tergolong besar yaitu dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan dan hasil penjualan yang tinggi. 

Contohnya adalah usaha milik negara atau BUMN, usaha milik swasta, usaha patungan, sampai perusahaan asing yang menjalankan bisnisnya di Indonesia. 

Baca juga: Wajib Tahu Ini Dia Manfaat Komunitas UMKM

Apa Manfaat UMKM Bagi Masyarakat? 

UMKM punya banyak manfaat untuk masyarakat di Indonesia. UMKM Indonesia mampu meningkatkan perekonomian sehingga bagi pelaku bisnis bisa berkontribusi untuk negara. Lalu, apa saja manfaat UMKM? Simak penjelasannya berikut: 

1. Membantu Membuka Lapangan Kerja 

Saat ini, lowongan kerja semakin sempit jika dibandingkan dengan jumlah pengangguran yang ada. Pesaingnya juga sangat banyak sehingga masih ada warga Indonesia menganggur meski memiliki kemampuan dan sekolah tinggi. 

Dengan membuat bisnis UMKM, ini akan membantu untuk membuka lapangan pekerjaan warga sekitar. Orang yang membutuhkan pekerjaan bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga kelangsungan hidup warga Indonesia menjadi lebih baik. 

Manfaat UMKM bagi masyarakat ini juga bisa dilihat dari kualifikasinya yang tidak begitu memberatkan. Berbeda dengan lowongan di perusahaan besar yang membutuhkan banyak syarat. 

Jadi, masyarakat akan lebih berpeluang besar bekerja sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Contoh bisnis UMKM menjahit, menjaga toko, dsb. 

2. Membuat Perekonomian di Indonesia Menjadi Lebih Merata 

Manfaat UMKM bagi masyarakat berikutnya adalah meningkatkan ekonomi di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tingkat ekonomi di setiap wilayah Indonesia berbeda-beda. Contohnya di kawasan pedesaan dan perkotaan. 

Biasanya di desa perekonomiannya tidak stabil dan masih rendah jika dibandingkan di daerah kota. Untuk mengatasi masalah ini, penting hadirnya UMKM atau usaha mikro ini guna membantu keadaan ekonomi yang tidak merata. 

Kamu bisa membangunnya di daerah pedesaan atau di rumah sendiri tanpa perlu pergi ke kota. Saat ini, pemasaran bisnis juga lebih mudah dengan menggunakan jaringan internet. 

3. Meningkatkan Devisa Negara 

Manfaat UMKM bagi perekonomian di Indonesia yang bisa kamu rasakan yaitu devisa negara juga semakin meningkat. Hal ini terjadi karena hadirnya UMKM ini membuat banyak konsumen yang membeli produk dari Indonesia sehingga nilai tukar mata uang rupiah menjadi lebih baik. 

Selain membuat ekonomi lebih merata, UMKM yang ada bisa membantu Indonesia meningkatkan devisa negara. Apalagi jika pengelolaannya dilakukan dengan baik dengan perencanaan yang matang, kemungkinan besar membuat usaha menjadi berkembang. 

Dari yang awalnya hanya usaha mikro bisa menjadi usaha yang lebih besar lagi. Contohnya saat UMKM melakukan ekspor ke luar negeri hal ini akan memberikan keuntungan dalam devisa. 

4. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat 

Produk UMKM juga berguna untuk kebutuhan masyarakat. Jadi, tidak hanya menguntungkan untuk pelaku bisnis saja, tetapi juga bagi masyarakat luas. Banyak UMKM saat ini yang memasarkan produknya secara online. 

Dengan demikian, masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya dengan mudah. Contohnya adalah bisnis hijab yang banyak membuat wanita muslim menemukan berbagai model dan pilihan yang mereka sukai dengan variasi harga. 

5. Sebagai Sumber Penghasilan 

Manfaat UMKM bagi masyarakat yang terakhir adalah untuk sumber penghasilan. Kamu pasti sudah hafal kalau tujuan UMKM adalah mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, dalam menjalankannya, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang digunakan untuk kehidupan. 

Hadirnya UMKM bisa memberikan peluang usaha bagi seluruh kalangan masyarakat. UMKM juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Di lain sisi, untuk membuka UMKM tidak perlu persyaratan dokumen yang ribet dan modal besar sehingga lebih memudahkan. 

Kriteria Bisnis yang Termasuk UMKM

Ada berbagai contoh dari UMKM seperti makanan, agribisnis, otomotif, dsb. Semua usaha ini masuk ke UMKM tetapi tidak bisa dinilai kategorinya. Kategori UMKM hanya dinilai dari besar maksimal omzet yang diperoleh. Ada kriteria UMKM di Indonesia yang terdiri dari 3 kategori yaitu sebagai berikut: 

  • Usaha mikro punya aset minimum Rp50 juta sedangkan omzet maksimalnya Rp300 juta tiap tahun. Jadi, jenis usaha ini juga menghadirkan peluang bagus. 
  • Usaha kecil punya aset maksimal Rp50 juta – Rp500 juta sedangkan omzetnya dari Rp300 juta sampai Rp 2 milyar. 
  • Usaha menengah punya aset dari Rp500 juta sampai Rp 10 milyar sedangkan omset yang diperoleh mulai dari Rp2,5 milyar sampai Rp 50 miliar. Cukup besar bukan? 

Demikian manfaat UMKM bagi masyarakat yang perlu diketahui. Usaha mikro kecil dan menengah ternyata tidak hanya bermanfaat untuk pemilik usaha, tetapi juga masyarakat sampai negara juga turut merasakannya. Semoga bermanfaat. 

Mungkin Anda juga menyukai