5 Tujuan Penting dari Pengelolaan Keuangan Usaha

tujuan pengelolaan keuangan usaha
Inilah tujuan pengelolaan keuangan usaha. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Kamu tahu, rahasia bagaimana perusahaan-perusahaan kelas dunia bisa berkembang pesat? Jawabanya adalah keuangan mereka yang stabil. Kamu bisa saja memiliki budget atau modal kuat saat memulai usaha. Namun, bila kamu tidak bisa membuatnya stabil, alias mengelolanya, jangan harap usaha kamu akan berkembang. Inilah pentingnya mengerti tujuan pengelolaan keuangan usaha. Dan, kali ini, akan dijelaskan beberapa alasan, mengapa kamu harus memperhatikan pengelolaan keuangan usaha yang kamu bangun.

Sebelum masuk ke pembahasan soal tujuan pengelolaan keuangan usaha, kamu harus mengerti apa pengelolaan keuangan usaha itu. Pengelolaan keuangan atau manajemen keuangan adalah kegiatan yang dilakukan untuk merencanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengatur aktivitas keuangan usaha kamu. Hal ini termasuk bagaimana kamu mendapatkan dana, dan juga memanfaatkannya untuk kepentingan usaha.

Nah, sudah tahu bukan, apa itu pengelolaan keuangan untuk usaha? Sekarang, mari lihat, tujuan pengelolaan keuangan usaha ini.

Penggunaan Dana Secara Efektif

Menggunakan dana dengan efektif.
Menggunakan dana dengan efektif. Photo by Pixabay

Salah satu bentuk pengelolaan keuangan usaha adalah dengan merencanakan untuk apa dana tersebut dipakai. Tujuan pertama dibuat rencana ini adalah agar dana yang kamu miliki, dapat digunakan secara efektif. Kamu mungkin punya dana berlimpah untuk usaha. Tapi, kalau kamu tidak menggunakannya secara efektif, usahamu tidak akan banyak berubah.
Disinilah, kamu akan tahu bila perencanaan akan memberikan banyak manfaat. Danamu dipakai untuk tujuan paling tepat. Dan, hal ini akan memberikan dorongan besar untuk perkembangan usaha. Sederhananya, pengelolaan keuangan bertujuan untuk membuat usaha berkembang lebih baik.

Memantau Penggunaan Dana

tujuan pengelolaan keuangan usaha
Memantau penggunaan dana. Photo by Pixabay

Banyak perusahaan yang mengalami permasalahan, saat dana digunakan secara tidak benar. Salah satu Tujuan pengelolaan keuangan usaha adalah untuk mengatasi hal ini. Kamu akan tahu untuk apa saja dana itu digunakan, bagaimana arus kas usahamu, dan jumlah utang dan piutang. Informasi ini akan berguna untuk menentukan, kearah mana kamu akan membawa usahamu.

Mencegah atau Menurunkan Risiko Kesalahan Penggunaan Dana

Utamakan bayar utang bunga tinggi.
Mencegah risiko penyalahgunaan dana. Photo by Pexels

Tanpa adanya pengelolaan yang baik, dana dari perusahaanmu bisa saja disalahgunakan oleh pegawaimu. Atau, karena tidak adanya hal ini, kamu sendiri, sebagai pemilik usaha, juga bisa melakukan kesalahan. Pada akhirnya, perusahaanmu akan mengalami kerugian besar, yang bisa saja menjadi awal masalah besar dan membuatmu harus menutup usahamu.

Salah satu tujuan dari pengelolaan dana ini adalah agar dana usaha dapat digunakan tanpa kesalahan. Aktivitas ini juga meningkatkan keamanan dari dana yang kamu miliki. Dan, seperti yang disebutkan pada poin 1, kamu dapat menggunakan dana usaha secara efektif, yang akan berdampak positif pada perusahaan.

Baca juga: Mulai Tahun Depan, Usaha Online Wajib Punya Izin Usaha

Referensi Kelayakan untuk Menerima Investasi

Utang jadi masalah besar.
Mendapatkan investor. Photo by Pixabay

Salah satu tujuan pengelolaan keuangan usaha yang paling penting adalah untuk membuat struktur keuangan yang jelas. Ada data lengkap tentang penggunaan dana, dari mana kamu mendapatkannya dan lain sebagainya. Informasi seperti ini akan sangat berguna saat perusahaanmu membutuhkan investasi dari pihak lain atau perusahaan lain.

Saat pihak lain akan berinvestasi atau menanamkan modal pada perusahaanmu, mereka pasti akan memeriksa dulu, bukan? Apakah perusahaan tersebut aman untuk uang mereka? Apa investasi ini akan mendatangkan keuntungan atau tidak? Data yang kamu dapat dari pengelolaan keuangan usaha yang benar akan sangat membantu investor untuk mengetahui kondisi perusahaanmu.

Ingat, pastikan kamu jujur, jangan melebih-lebihkan atau menutup-nutupi data yang akan dijadikan patokan investasi. Hal ini sangat penting untuk memperoleh kepercayaan dari investor. Dan, kamu akan mendapatkan investasi dengan lebih mudah.

Mencegah Kebangkrutan

Menghindari kebangkrutan
Menghindari kebangkrutan. Photo by Pixabay

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang benar, kamu akan mengetahui kondisi keuangan usahamu dengan lebih jelas. Hal ini akan dapat membantu, saat usaha kamu bermasalah. Kamu bisa tahu, bagian mana yang bermasalah, dan mencari solusi lebih cepat. Jadi, sebelum masalah memburuk dan menyebabkan masalah lebih besar lagi, alias bangkrut, kamu bisa memperbaikinya.

Mengerti dan memahami Tujuan pengelolaan keuangan usaha sangatlah penting. 5 poin diatas akan dapat membantumu untuk melewati cobaan saat menjalankan usaha. Dan yang paling penting, 5 poin tersebut juga dapat menjadi pemicu rangkaian sukses dari usahamu. Jadi, mulai kelola keuangan usahamu dengan benar sekarang juga!

Leave a Reply