Kriteria yang Tepat saat Kamu Hendak Memilih Mitra Bisnis

Ilustrasi orang bermitra
Kriteria yang Tepat saat Kamu Hendak Memilih Mitra Bisnis. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha untuk mengembangkan bisnis. Ada yang mencari investor, meningkatkan kualitas produk atau layanan, memperluas pangsa pasar dan lain sebagainya. Namun, apakah kamu pernah berpikir untuk mencari mitra bisnis demi mengembangkan usaha kamu saat ini? Kamu perlu tahu apa itu mitra agar kamu benar-benar mengerti bagaimana mitra yang tepat itu bisa sangat membantu dalam mengembangkan usaha.

Alasan Mengapa Kamu Harus Bermitra

Lakukan inovasi
Inovasi alasan bermitra. Photo by Pixabay

Mungkin kamu sudah banyak membaca buku bisnis atau referensi di internet tentang tips mengembangkan usaha. Dan yang menjadi tren saat ini kolaborasi atau bermitra. Banyak pengusaha yang lebih memilih untuk mencari mitra untuk mengembangkan usaha mereka.

Apakah itu berhasil? Faktanya demikian. Banyak perusahaan kecil seperti startup yang berkembang begitu signifikan karena pendirinya mendapatkan mitra yang tepat. Ada satu mindset yang berbeda dengan mindset berbisnis di masa lalu. Jika di masa lalu pengusaha selalu melihat orang lain sebagai kompetitor, saat ini pengusaha melihat orang lain itu sebagai mitra.

Ini perubahan yang berbeda dalam dunia bisnis. Bisnis saat ini bisa berkembang signifikan ketika ada kolaborasi. Bahkan, beberapa usaha tertentu saat ini tidak ragu untuk berkolaborasi dengan perusahaan yang mungkin orang lain menganggapnya sebagai mitra.

Jadi, mengembangkan sebuah bisnis tidak harus selalu dengan cara menambah kapital. Bisa saja kamu tidak perlu menambah kapital atau modal sama sekali. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari mitra yang tepat. Mitra ini akan melengkapi apa yang menjadi kekurangan dari diri kamu. Ia entah akan menyumbangkan skill, pemikiran, atau pun ide yang akan membantu mengembangkan bisnis. 

Baca juga: Agar Tidak Tersesat, Ini Dia Buku tentang Bisnis Pemula yang Wajib Kamu Baca

Tips Memilih Orang untuk Diajak Menjadi Mitra Bisnis 

Berpikiran terbuka dan belajar terus.
Memilih mitra bisnis dengan baik. Photo by Pexels

Sekarang, kamu sudah mengerti bagaimana peran mitra ketika kamu mengembangkan bisnis. Namun, yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana cara memilih mitra yang tepat.

Memilih mitra itu bukan hal yang mudah. Ini beda dengan mencari karyawan. Mitra bukan karyawan kamu. Mitra itu berada satu level dengan kamu. Jadi, harus ada keseimbangan dan juga kesepahaman antara kamu dengan mitra. Untuk tujuan tersebut, ada baiknya kamu mempertimbangkan tips berikut ini agar kamu mendapatkan mitra yang tepat:

  1. Memiliki Visi yang Sama

Sepertinya tidak mungkin atau setidaknya sulit sekali untuk mencari orang yang sama persis dengan diri kamu. Namun, bukan hal yang mustahil untuk mencari orang yang memiliki satu visi dengan kamu. Dan orang yang seperti ini yang perlu kamu ajak untuk menjadi mitra.

Misalnya saja kamu bergerak di bidang bisnis sayuran organik. Kamu memiliki visi agar masyarakat lebih sehat dengan mengkonsumsi sayuran organik. Nah, kamu bisa mencari mitra yang memiliki visi yang sama terkait dengan kesehatan seperti ini.

  1. Integritas Tinggi

Percuma saja ketika kamu mendapatkan mitra yang hebat tapi tidak berintegritas. Integritas ini menjadi sangat penting karena ini merupakan mesin yang menggerakkan untuk terus maju. Integritas ini pula yang menjadi kekuatan untuk terus berusaha mencari solusi dari setiap masalah yang ada.

Mitra harus memiliki integritas karena ia adalah orang yang akan saling mendukung dalam mengembangkan tugas. Ia bukan sekedar menumpang makan di perusahaan tapi juga memikirkan bagaimana perusahaan terus berkembang.

  1. Saling Melengkapi 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mitra adalah orang yang melengkapi diri kamu. Pasti ada hal yang menjadi kekurangan kamu, bukan? Mitra yang kamu pilih harusnya orang yang mampu menutupi kelemahan kamu.

Misalnya saja kamu bagus di bidang marketing. Kamu bisa saja menjadi CMO. Sementara itu, kamu kurang bagus dalam menjaga kualitas produk. Kamu perlu mencari mitra yang memiliki kapasitas yang baik dalam production. 

  1. Saling Menghargai

Mitra beda dengan karyawan. Kedudukan mitra sama dengan kedudukan kamu. Untuk itu, harus ada perasaan saling menghargai satu sama lain. Ketika ada perbedaan pendapat, maka kamu dan mitra kamu harus saling menghargai atas perbedaan pendapat tersebut.

  1. Jujur

Tujuan utama mencari mitra adalah untuk mendapatkan kesuksesan secara bersama di perusahaan yang sama. Untuk itu, diperlukan kejujuran. Karena dengan kejujuran ini, kamu dan juga mitra kamu akan menjalankan tugas sesuai dengan job description masing-masing dengan penuh tanggung jawab.

Sekarang kamu tidak hanya tahu apa itu mitra tapi juga mengerti bagaimana tips memilih mitra yang tepat. Jika saat ini kamu merasa bisnis sudah berjalan baik dan perlu pengembangan, ada baiknya kamu mulai mencari mitra yang bisa melengkapi kekurangan kamu. Tidak perlu buru-buru untuk mencari mitra karena kamu benar-benar harus menemukan orang yang tepat, bukan sekedar orang yang menemani kamu bekerja di perusahaan atau di kantor yang sama.

Artikel Lainnya