Manfaat Rajin Belajar: Cari Tahu Biar Semangat!

Manfaat Rajin Belajar
Manfaat Rajin Belajar: Cari Tahu Biar Semangat! Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

SKS (Sistem Kebut Semalam) merupakan metode belajar yang termasuk sebagai kebiasaan buruk karena apa yang dipelajari hanya melekat sebentar di dalam otak. Untuk itu, konsep belajar yang baik bukanlah SKS melainkan konsisten belajar setiap hari. Lantas, apa sih manfaat rajin belajar?

Jangan khawatir, dalam artikel ini akan diulas lebih lanjut mengenai manfaat rajin belajar. Tentu saja proses belajar yang dilakukan setiap hari bisa meningkatkan pengetahuan seseorang secara lebih berkualitas, tidak hanya ilmu yang dihafal sesaat.

Baca juga: Ini Dia Cara Mewujudkan Impian dengan Mudah

Manfaat Terus Belajar

Penasaran dengan apa manfaat rajin belajar? Jadi, sistem belajar yang efektif ialah terus belajar materi sedikit demi sedikit setiap harinya secara konsisten. Jika seseorang belajar setiap hari, maka terdapat beberapa manfaat rajin belajar setiap hari yang akan dirasakan.

1. Melatih Kedisiplinan

Ketika menerapkan sistem belajar setiap hari, maka yang bisa didapatkan tidak hanya pemahaman mengenai suatu materi pembelajaran, namun juga melatih untuk disiplin pada diri sendiri. Belajar dengan giat ini perlu dibuat jadwal setiap harinya dari jam tertentu hingga tertentu.

Tidak perlu waktu yang lama, hanya menyisihkan waktu 1-2 jam saja namun harus rutin dilakukan setiap hari. Dengan demikian, belajar setiap hari ini bisa menjadi identitas dan kebiasaan yang melekat dalam diri.

2. Siap Segala Hal

Manfaat rajin belajar selanjutnya ialah menjadi lebih siap dalam segala hal. Tidak jarang seorang guru maupun dosen memberikan kuis dan soal dadakan. Apabila belajar setiap hari, maka tidak akan timbul rasa takut karena pastinya masih mengingat materi yang dipelajari setiap harinya tersebut.

Dalam hal ini, kamu tidak akan merasa tertekan pada situasi tersebut. Hal ini berbeda dengan orang yang belajar dengan sistem SKS karena pastinya akan sangat kelabakan ketika diadakan ujian mendadak. Untuk itu belajar setiap hari di rumah membantu agar lebih siap dalam menghadapi ujian dan kuis dadakan.

Dengan demikian, tujuan rajin belajar selain sebagai upaya agar menjadi lebih paham akan suatu materi juga menjadi bentuk persiapan dalam segala hal.

3. Cepat Memahami Materi

Manfaat rajin belajar di sekolah maupun di rumah selanjutnya ialah lebih cepat untuk memahami materi. Belajar setiap hari dengan materi yang sedikit tentu saja tak terlalu membebani dibandingkan dengan belajar materi banyak sekaligus.

Untuk itu, dengan rajin belajar seseorang tidak merasa tertekan dan khawatir dengan banyaknya materi yang harus diselesaikan dengan singkat karena telah mencicilnya terlebih dulu. Dengan materi yang sedikit, maka proses belajar lebih berkualitas sehingga materi lebih cepat dipahami.

Dengan demikian, manfaat belajar yang dilakukan secara disiplin setiap hari ini bisa membuat seseorang memahami materi pembelajaran dengan lebih cepat.

4. Menumbuhkan Kemandirian

Belajar secara rajin juga bisa menumbuhkan kemandirian. Ketika seseorang rutin belajar pastinya mempunyai catatan yang dibuat dalam menunjang kegiatan belajar sehingga lebih mandiri dan tidak bergantung pada catatan teman.

Oleh karena itu, manfaat rajin belajar juga mengenai kemandirian dari seseorang dalam memahami materi. 

5. Membantu Otak Berkembang

Dampak rajin belajar juga dapat membuat otak lebih berkembang. Semakin sering belajar, maka seseorang akan terbiasa menampung berbagai hal di pikiran sehingga otak lebih berkembang dan tidak mudah lupa.

Belajar secara rajin inipun bisa membuat seseorang terbiasa untuk berpikir tanpa harus disuruh. Untuk itu, belajar setiap hari ini menjadi penting untuk dilakukan.

Lantas mengapa belajar itu penting? Belajar itu sangat penting karena memberikan berbagai manfaat bagi seseorang. Dengan belajar setiap hari maka seseorang tersebut bisa lebih paham materi, lebih siap, lebih disiplin, dan lebih mandiri serta memiliki otak yang lebih berkembang.

Perbedaan Belajar dan Berlatih

Belajar dan berlatih walaupun keduanya berkaitan, namun kedua istilah tersebut sebenarnya berbeda. Apabila dilihat dari dimensi makna maka dapat diartikan bahwa belajar ialah suatu cara berpikir sehingga berhubungan dengan memperoleh pengetahuan.

Sementara untuk berlatih memiliki makna terkait cara bertindak sehingga hasil dari latihan ini ialah suatu kemampuan. Berlatih adalah bagian dari proses belajar agar seseorang bisa atau mampu untuk melakukan sesuatu.

Bisa dikatakan bahwa istilah belajar lebih digunakan secara umum untuk menyebut hal secara luas. Sementara berlatih lebih menekankan pada hal yang spesifik maupun hal tertentu misalnya berlatih untuk bermain music, bermain piano, bermain bola dan sebagainya. Kata berlatih ini lebih menunjukkan aktivitas fisik.

Dalam kaitannya dengan belajar, berlatih ini menjadi kegiatan yang ditunjukkan dengan tindakan misalnya berlatih mengerjakan soal. Berbeda dengan belajar yang bisa dilakukan dengan banyak upaya seperti membaca, menonton video dan sebagainya. Berlatih ini menjadi bagian dari proses belajar yang dilakukan seseorang.

Manfaat Berlatih

Setelah membahas mengenai manfaat rajin belajar, akan dibahas juga mengenai manfaat berlatih. Jadi, berlatih ini ialah suatu cara dalam bertindak sehingga hasil atau manfaatnya ialah mengenai meningkatnya kemampuan.

Dengan berlatih, maka kamu bisa memperoleh perubahan dalam diri dari yang awalnya tidak bisa apa-apa menjadi bisa melakukan sesuatu karena rajin untuk berlatih. Banyak latihan yang dilakukan terus menerus juga bisa membuat seseorang menjadi lebih hapal.

Kegiatan berlatih ini harus dilakukan secara rutin untuk melatih kedisiplinan. Dengan berlatih misalnya setiap hari dengan target tertentu maka dapat juga sebagai upaya untuk membentuk kedisiplinan.

Berlatih juga bisa membuat seseorang lebih terbiasa melakukan sesuatu. Misalnya saja dari yang tidak bisa naik motor kemudian memutuskan berlatih mengendarai sepeda motor maka akan terbiasa untuk mengendarai sepeda motor setiap harinya.

Pada proses belajar, berlatih soal juga bisa membuat seseorang lebih pandai dan lebih terbiasa berpikir dalam menyelesaikan soal-soal. Dengan demikian, seseorang tersebut akan lebih mudah menyelesaikan berbagai soal dengan tipe yang lain karena sudah terbiasa mengerjakan soal.

Berlatih ini menjadi konsep belajar yang perlu ditekankan dimana pada proses belajar, membaca materi saja tidak cukup karena materi yang dibaca bisa saja mudah lupa dari ingatan. Namun, dengan berlatih ini ilmu yang dipelajari bisa lebih lama membekas karena sudah diterapkan dalam bentuk soal.

Itulah penjelasan mengenai manfaat rajin belajar serta perbedaan belajar dengan berlatih. Untuk mendapatkan banyak ilmu, belajar dan berlatih ini harus dilakukan secara konsisten sehingga hasil belajar lebih maksimal.

Jadi apakah kamu lebih semangat untuk belajar? Semoga apa yang sudah dipaparkan pada pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Mungkin Anda juga menyukai