Suka Belanja Online Bayar di Rumah? Perhatikan 3 hal Penting Ini

Transaksi COD
Suka Belanja Online Bayar di Rumah? Perhatikan 3 hal Penting Ini. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Ada banyak sekali orang yang suka belanja online bayar di rumah atau yang sering disebut dengan COD (Cash on delivery). Alasannya, mereka membayar setelah barang sampai di rumah. Ini yang sering dilakukan untuk mengantisipasi penipuan. Karena banyak orang tertipu oleh penjual online. Setelah uang ditransfer, ternyata barang tidak diterima.

Namun, ada juga masalah. Meskipun sudah menggunakan sistem COD, ada juga orang yang tidak paham. Contohnya seperti kasus yang sedang viral di mana pembeli justru membuka paket yang dibeli dan tidak mau membayar ke kurir karena menganggap barang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Pihak penjual juga punya masalah lain. Terkadang, barang sudah dikirim ke lokasi yang ternyata tidak bisa ditemukan. Atau rumah sedang kosong ketika kurir mengantarkan barang. 

Untuk itu, untuk kamu yang suka belanja online bayar di rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Ini sepele tapi penting sekali demi keamanan dan kenyamanan berbelanja online dengan sistem COD.

Baca juga: Jenis-jenis Bisnis Online yang Menguntungkan di Masa Kini

3 Tips Aman dan Nyaman Belanja Online Sistem COD

Transaksi belanja online
Aman belanja online. Photo by Pexels

Setidaknya cukup lakukan 3 tips berikut ini jika kamu sering belanja online bayar di rumah. Apa saja ketiga tips tersebut?

  • Pilih Online Shop yang Sudah Terpercaya 

Apakah semua online shop menerapkan sistem COD? Sayangnya tidak. Namun, jumlah toko online yang menerapkan sistem ini meningkat signifikan. Mengapa? Karena dengan adanya COD, banyak orang akhirnya mau berbelanja. Mereka lebih yakin karena uang tidak ditransfer terlebih dahulu.

Meskipun demikian, kamu tidak boleh asal dalam memiliki toko online dengan sistem COD. Pastikan tidak banyak komplain dari customer sebelumnya. Karena faktanya banyak toko online yang mengirimkan barang tidak sesuai dengan gambar di toko online. Atau barang rusak ketika proses pengiriman. 

Oleh sebab itu, cek dulu di bagian testimoni para pelanggan. Jika kebanyakan dari mereka puas dengan pelayanan sebuah toko online, itulah toko yang bisa kamu pilih. Lihat juga bagaimana pemilik toko online menghandle komplain. Apakah barang yang rusak diganti dengan yang baru? Apakah barang yang tidak sesuai dengan order juga diganti lagi? Itu yang harus kamu perhatikan. Biasanya, informasi tersebut ada di bagian testimoni.

  • Pahami Syarat Sistem COD 

Setiap toko online menentukan syarat dan ketentuan tersendiri terkait dengan transaksi sistem COD. Pastikan kamu baca secara detail syarat dan ketentuan tersebut. 

Biasanya, yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah jenis barang, harga, warna, dan ukuran. Pastikan semuanya sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

  • Ada Layanan Customer Care yang Jelas 

Toko online dengan sistem COD wajib memiliki customer care walaupun memang ada yang tidak. Pilih online shop yang menyediakan sistem customer care. Tujuannya, ketika barang sudah sampai dan terjadi masalah tertentu, kamu bisa langsung menghubungi pihak online shop.

Salah jika kamu menyalahkan kurir. Atau seperti beberapa kasus yang sedang viral baru-baru ini, ada pembeli yang tidak mau membayar dan meminta barang untuk dikembalikan. Jelas ini salah besar.

Jika barang tidak sesuai, jangan salahkan kurir. Kamu tetap harus bayar. Bayar lalu hubungi customer care yang ada di website atau marketplace di mana kamu membeli sebuah barang. Konfirmasi jika ternyata barang rusak atau terjadi kesalahan.

Itulah yang perlu kamu lakukan jika belanja online bayar di rumah. Memang benar belanja online sistem COD itu lebih aman. Namun, tetap saja kamu harus tahu apa yang harus dilakukan agar kamu mendapatkan barang seperti yang kamu inginkan.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai