Cari Tahu Penghasilan TikTok Berdasarkan Jumlah Pengikutnya

ilustrasi TikTok
Cari Tahu Penghasilan TikTok Berdasarkan Jumlah Pengikutnya. Photo by @franckinjapan
Waktu baca: 3 menit

Tahukah kamu sumber pendapatan dari pengguna TikTok? Lantas, berapa penghasilan yang diperolehnya dengan jumlah pengikut ribuan follower? Kamu bisa cari tahu penghasilan TikTok dan sumbernya di sini.

TikTok sendiri merupakan platform berbagi video yang semakin naik daun. Popularitasnya seakan tidak terbendung. Ini dibuktikan dengan jumlah pengguna yang semakin banyak di tiap harinya.

Salah satu alasan yang melatarbelakangi munculnya akun baru disebabkan oleh terbukanya kesempatan untuk memperoleh penghasilan. Bahkan, pendapatan yang diperoleh pemilik akun bisa melewati gaji UMR di kotanya.

Di sini, Aku akan berbagi informasi untuk Kamu yang sedang cari tahu penghasilan TikTok dari akun yang sudah ada. Sebelumnya, Kamu perlu mengetahui dari mana sumber pendapatan dari pengguna TikTok. Berikut ini informasi lengkapnya.

Sumber Penghasilan Pengguna TikTok

Cukup banyak sumber pendapatan yang bisa didapatkan oleh pemilik akun TikTok. Dari sekian banyaknya cara, yang paling familiar berasal dari sumber berikut ini.

  1. Payout Coins

Istilah ini dikenal juga dengan sebutan donasi atau gift. Dan donasi ini akan diberikan langsung ketika pengguna TikTok melakukan Live Streaming.

Para viewer inilah yang akan memberikan Gift. Tentu saja, Gift ini baru bisa dikirimkan ketika seseorang membelinya terlebih dahulu di platform tersebut.

Pemilik akun cukup mengumpulkan Gift tersebut. Nantinya, donasi tersebut dapat dikonversikan menjadi uang.

Sekedar informasi saja, pemilik akun baru bisa memperoleh metode ini jika sering live streaming. Dan fitur live ini hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang saja.

Orang yang dimaksud setidaknya memenuhi persyaratan. Syarat utamanya ialah memiliki follower minimal 1000 orang. Kemudian, pemiliknya sudah berusia 16 tahun ke atas.

  1. Sponsored Content Post

Sumber penghasilan lain yang cukup menguntungkan datang dari sponsor content post. Di sini, pengguna harus memiliki setidaknya ribuan follower.

Pengguna pun cukup aktif dan terus membangunnya. Tujuannya supaya memiliki basis yang kuat sehingga promosi iklan dari sebuah Brand dapat masuk.

Ketika memperolehnya, pemiliknya bisa mengantongi sejumlah keuntungan. Tentunya, nilai atau biayanya terkadang bergantung pada jumlah pengikut dan relevansi iklan tersebut.

  1. TikTok Marketing

Model selanjutnya ini menggambarkan jika TikTok hanya dijadikan sebagai sarana untuk pemasaran. Tentunya, kamu memanfaatkannya sebagai media untuk promosi atau menawarkan produk ke pengguna lainnya.

Sederhananya, Kamu punya Brand atau bisnis. Dan kamu mempromosikan bisnis ini melalui TikTok. Tepatnya melalui iklan yang ditujukan pada pengguna yang tertarget.

Apabila menyasar pada target yang tepat, target pasar bisa ditarik untuk mengunjungi tokomu. Kemudian, melakukan pembelian seperti yang diharapkan.

  1. Influencer TikTok

Menjadi influencer di TikTok pun sangat menguntungkan. Alasannya, jumlah pengguna di platform ini semakin besar.

Kamu bisa membangun akun di platform tersebut dengan menyajikan konten yang menarik. Kontennya pun sudah dirancang sesuai niche yang diambil. Dengan begitu, kamu dapat fokus dan lebih menguasai hal yang dibicarakan dalam niche.

Ketika sudah menjadi besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebagai influencer. Di antaranya memperoleh penghasilan dari endorsement, affiliasi hingga Brand ambassador dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Ampuh Agar Video TikTok Masuk FYP, Simak di Sini

Cara Mengetahui Penghasilan Pengguna TikTok

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara cek penghasilan TikTok? Salah satu jawabannya ialah memanfaatkan TikTok kalkulator uang. Berikut ini rekomendasi kalkulator dan cara menggunakannya.

  1. Feed Pixel

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah memanfaatkan Feed Pixel. Cara ini pun sudah sering digunakan oleh seseorang untuk menilai penghasilan dari pemilik akun TikTok.

Tidak hanya itu saja, kalkulator uang ini pun bisa digunakan pula untuk pemilik akun Instagram, Facebook hingga Youtube.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke situsnya dan siapkan nama akun TikTok yang akan diperiksa.

Ilustrasinya seperti ini. Buka browser yang sering kamu gunakan. Kamu bisa membukanya di smartphone ataupun laptop.

Setelah itu, ketik feedpixel.com/tiktok-money-calculator. Ketika muncul, ketik nama akun yang ingin diperiksa pada kolom TikTok Username. Kemudian pastikan untuk mencentang I’m not a robot.

Langkah selanjutnya adalah menekan Calculate. Situs akan menunjukkan statistic dari akun yang kamu periksa dalam hitungan detik.

  1. Exolyt

Kalkulator TikTok uang rupiah yang paling banyak digunakan adalah Exolyt. Kalkulator online ini pun menyajikan informasi yang jauh lebih lengkap.

Betapa tidak, data yang disajikan meliputi jumlah follower, like, jumlah video hingga perkiraan dari pendapatan dari video.

Biasanya, ini pun digunakan oleh pemilik akun. Khususnya untuk memberikan laporan tentang engagement rate yang nantinya diperlukan oleh pihak endorse dan lain sebagainya.

Exolyt TikTok ini pun sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengakses masuk ke halaman untuk menghitungnya di website exolyt. Alamatnya adalah exolyte.com/id/guides/tiktok-money-calculator.

Silahkan ketik nama pengguna atau nama akun. Kemudian, tekan tombol hitung penghasilan. Dalam beberapa detik, kamu akan melihat data yang berkaitan dengan pendapatan pemilik akun.

Itulah bagaimana cara untuk cari tahu penghasilan TikTok milik sendiri atau orang lain. Dan Exolyt merupakan pilihan paling baik lantaran data yang disajikan jauh lebih komplit.

Artikel Lainnya