Jenis-Jenis Pengusaha, Cita-Cita Kamu yang Mana?

Salah satu contoh pengusaha
Jenis-Jenis Pengusaha, Cita-Cita Kamu yang Mana? Photo by @ruthson_zimmerman
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu tahu bedanya pengusaha dan wirausahawan? Ternyata pengusaha dan wirausahawan memiliki pengertian yang berbeda, lho. Terdapat juga jenis-jenis pengusaha yang membedakan lingkupnya.

Berbeda dengan zaman dahulu, sekarang banyak anak muda yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Apalagi dapat merealisasikannya di usia yang sangat muda, pasti menjadi suatu pencapaian yang sangat membanggakan.

Apakah kamu salah satunya? Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai apa yang dimaksud dengan pengusaha.

Pengertian Pengusaha

Apakah yang dimaksud dengan pengusaha? Pengusaha adalah suatu kelompok atau individu yang melakukan kegiatan di bidang perdagangan, seperti jual beli dan sewa. Inilah contoh pengusaha yang membedakan dengan wirausahawan. 

Jika wirausahawan berfokus pada pemanfaatan sumber daya manusia dan kemampuan yang dimiliki, pengusaha hanya berfokus pada bagaimana cara mendapatkan keuntungan secara maksimal yang bersifat komersial.

Bukan berarti pengusaha itu tidak mementingkan SDM dan kemampuan, ya. Justru dengan tujuan memperoleh keuntungan tersebut, para pengusaha sangat memperhatikan hal-hal seperti itu. Karena SDM dan kemampuan dapat disebut sebagai modal suatu usaha.

Ciri-Ciri Pengusaha

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis pengusaha, ternyata pengusaha juga memiliki ciri-ciri yang menggambarkan bahwa individu tersebut adalah seorang pengusaha. Bagaimana ciri-ciri seorang pengusaha yang kompeten? Berikut penjelasannya.

1. Memiliki Produk Usaha

Ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang pengusaha umumnya adalah memiliki produk usaha yang diperdagangkan. Produk tersebut dapat berupa apa saja, selama memiliki nilai jual. Mengingat tujuan utama seorang pengusaha adalah memperoleh keuntungan yang maksimal.

Ada banyak macam-macam bidang pengusaha yang bisa digeluti. Seperti usaha makanan, usaha kecantikan, usaha otomotif, sampai usaha produk kreatif semua bisa dijadikan ladang usaha.

Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha muda dan sukses, bisa mulai dipikirkan dan direncanakan dari sekarang produk usaha apa yang ingin dijalankan.

2. Memperoleh Keuntungan dari Produk Usaha Tersebut

Ciri-ciri pengusaha yang kedua adalah mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk usaha tersebut. Kembali lagi pada poin tujuan seorang pengusaha, yakni memperoleh keuntungan yang maksimal dari produk usahanya.

Keuntungan ini semata bukan untuk keuntungan pribadi, namun untuk mengembangkan usaha yang dimiliki agar lebih maju. Dengan fasilitas suatu usaha yang baik, maka produk usaha tersebut akan lebih mudah dikenal oleh khalayak umum.

Dengan begitu, keuntungan yang diterima dapat lebih besar lagi dari yang sebelumnya.

3. Memiliki Ilmu Tentang Berniaga yang Baik

Karena pengusaha berkecimpung di dunia perdagangan, maka wajib hukumnya seorang pengusaha menguasai ilmu berniaga dan berdagang dengan baik.

Ilmu yang dimiliki dapat menjadi pedoman seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya. Dengan ilmu tersebut, pengusaha dapat meminimalisir kemungkinan kerugian yang akan dialami.

Pengusaha juga lebih terampil dalam mengatur dan memanajemen usaha yang dimiliki.

4. Suka Menjalin Relasi

Ciri-ciri contoh pengusaha yang baik adalah pengusaha yang suka menjalin relasi dengan orang lain. Ini merupakan kebiasaan baik yang dapat menguntungkan seorang pengusaha.

Semakin luas relasi seorang pengusaha, maka peluang terjadinya kerjasama yang menguntungkan pun semakin besar pula. Kerjasama yang menguntungkan ini diharapkan dapat membantu mengembangkan dan memajukan produk usaha milik pengusaha tersebut.

Menjalin relasi tidaklah mudah. Dibutuhkan skill komunikasi yang mumpuni, serta kepercayaan diri atas apa yang dipunya. Selain itu, menjalin relasi juga membutuhkan kepercayaan.

Bangun image terbaikmu agar calon kolega pengusahamu memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kamu. Dengan begitu, peluang keuntungan akan meningkat pula.

Baca juga: Inilah 10 Pengusaha Wanita Indonesia yang Sukses dan Inspiratif

Tipe atau Jenis-Jenis Pengusaha

Sama seperti profesi lainnya, pengusaha memiliki tipe dan jenisnya sendiri. Jenis-jenis pengusaha ini dibagi berdasarkan lingkup para pengusaha tersebut menjalankan kegiatan usahanya. Berikut ini 4 jenis-jenis pengusaha sukses yang bisa kamu jadikan contoh.

1. Pengusaha Besar

Yang pertama adalah pengusaha besar. Mengapa disebut pengusaha besar? Karena umumnya pengusaha jenis ini telah memiliki produk usaha yang sangat dikenali oleh masyarakat umum.

Tugas pengusaha besar lebih banyak bekerja di belakang layar. Memantau kegiatan usaha dan memberikan evaluasi atas kinerja usahanya. Keuntungan yang diperoleh pengusaha besar juga sangat banyak.

2. Pengusaha Online

Ada juga jenis-jenis pengusaha online, yang kegiatan utama usaha dagangnya memanfaatkan media sosial digital. Kalau zaman sekarang banyak pengusaha online yang memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk melancarkan usahanya.

Pengusaha online kadang bekerja tidak mengenal waktu, mengingat dunia digital dengan fasilitas internet tidak pernah tidur. Hal ini bisa diantisipasi dengan membuat jadwal buka toko yang sama dengan toko konvensional lainnya.

Tugas pengusaha online cukup melayani pada jam operasi yang telah ditentukan.

3. Pengusaha Influencer

Pengusaha influencer merupakan jenis pengusaha yang awalnya seorang influencer. Influencer umumnya memiliki jumlah pengikut yang banyak. 

Dengan melihat peluang tersebut, para influencer membuat produk usaha dan memperdagangkannya kepada para pengikutnya. Selain itu, influencer yang hanya melakukan promosi endorsement juga dapat disebut sebagai jenis-jenis pengusaha.

Karena tujuannya sama, yakni memperoleh keuntungan dan bersifat komersial.

4. Investor

Jenis pengusaha yang terakhir adalah Investor. Mengapa investor dikategorikan sebagai jenis-jenis pengusaha? Karena semua investor berasal dari profesi pengusaha.

Investor merupakan jenis pengusaha tingkat tertinggi, karena sebagai seorang investor maknanya mereka memiliki keuntungan yang sangat besar.

Keuntungan inilah yang kemudian dikumpulkan dan dijadikan aset untuk investasi. Seorang investor haruslah pintar dalam memilih tempat investasi yang menjanjikan, terpercaya, dan tentunya menguntungkan.

Dari 4 jenis-jenis pengusaha sukses tersebut yang mana impian kamu? Kunci dari seorang pengusaha adalah pantang menyerah dan yakin bahwa suatu hari usaha yang ia buat dan jalani akan mencapai tangga kesuksesan.

Contoh Pengusaha Sukses di Indonesia

Di Indonesia sudah banyak lahir macam-macam pengusaha muda yang sukses dengan keuntungan yang berlimpah. Bahkan daftar pengusaha muda berikut masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30, lho. Keren banget, kan?

Daftar nama orang Indonesia yang merupakan seorang pengusaha sukses adalah sebagai berikut.

  1. James Prananto – Kopi Kenangan.
  2. Amanda Cole – SayurBox.
  3. Benz Budiman – Pomona Technologies.
  4. Haryanto Tanjo – Moka.
  5. Archie Carlson – StickEarn.
  6. Andi Nata – Ternak Domba Raja Aqiqah.
  7. Muhammad Alfatih Timur – Kitabisa.com.
  8. Yasa Paramitha Singgih – Fashion Men’s Republic.
  9. Hamzah Izzulhaq – Mebel Sofa Bed.
  10. Aruna Harsa – Dekoruma.
  11. Felicya Angelista – Scarlett Whitening.
  12. Ali Muharam – Makaroni Ngehe.
  13. Dea Valencia – Batik Kultur.
  14. Reza Nurhilman – Maicih.
  15. Hendy Setiono – Kebab Baba Rafi.
  16. Steven Wongsoredjo – Nusantara Technology.
  17. William Tanuwijaya – Tokopedia.
  18. Belva Devara – Ruangguru.
  19. Nabilah Alsagoff – DOKU.
  20. Rafi Putra Arriyan – Flip.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu menjadi terpacu dan lebih semangat lagi dalam mewujudkan mimpi kamu, ya. Daftar macam-macam pengusaha sukses di Indonesia ini dapat bisa menjadi inspirasi untuk cita-cita kamu kedepannya.Sekian pembahasan mengenai apakah yang dimaksud dengan pengusaha dan jenis-jenis pengusaha yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan semoga cita-citamu untuk menjadi pengusaha muda yang sukses dapat terwujud!

Artikel Lainnya