Persiapkan Dana Pendidikan Anak untuk Masa Depan Lebih Baik

dana pendidikan anak
Waktu baca: 3 menit

Pendidikan menjadi hal penting dalam suatu peradaban. Pendidikan akan menjadi penentu majunya suatu peradaban bangsa. Oleh karena itu, sudah pasti banyak yang menginginkan keturunannya untuk mendapatkan pendidikan yang baik agar bisa terlibat dalam membangun peradaban dengan baik pula. Namun, biaya pendidikan yang dibutuhkan bisa sangat menguras tabungan. Sebenarnya sudah ada beberapa negara yang menerapkan pendidikan gratis. Akan tetapi, Indonesia saat ini masih menjadi salah satu negara dengan biaya pendidikan lumayan mahal. Apalagi jika dilihat, setiap tahunnya biaya pendidikan naik sekitar 10 persen.

Maka dari itu, saat ini sudah banyak orang tua yang menyiapkan dana pendidikan anak. Bahkan, biasanya sebelum anaknya lahir atau masih balita, orang tua akan menyiapkan dana pendidikan anak. Semua itu dilakukan agar anak bisa menggapai kesuksesan. Selagi masih mampu, tak ada orang tua yang tidak menginginkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Dengan pendidikan yang baik, diharapkan anak bisa meraih kemenangan di masa depannya.

Selanjutnya, biaya pendidikan anak yang tiap tahun meningkat itu bisa disiasati dengan berbagai cara. Ada beberapa produk keuangan dan investasi yang bisa membantu orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

Tabungan rencana

Tabungan rencana atau biasa disebut tabungan pendidikan adalah produk keuangan khusus yang dikeluarkan bank dan termasuk dalam tabungan berjangka. Tabungan pendidikan telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), artinya jika bank yang kamu gunakan bangkrut, maka nilai tabunganmu akan aman. Tabungan jenis ini memiliki fasilitas asuransi jiwa. Maksudnya, jika kamu telah tiada, target dana pendidikan akan tetap tercapai. Selain itu, rekening tabungan rencana ini bisa dipastikan menjadi turunan dari rekening pribadimu di bank yang sama dan sistemnya auto-debit.

Tabungan pendidikan memiliki jangka waktu 2 tahun ke atas. Namun, tabungan ini memiliki kekurangan yaitu bunga masih jauh di bawah rata-rata inflasi biaya pendidikan. Maka dari itu, kamu harus menabung dengan jumlah besar untuk melawan inflasi tersebut.

Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan bisa menjadi pilihan untuk persiapkan dana pendidikan untuk anak.
Dengan asuransi pendidikan, kamu bisa mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Photo by Pixabay

Banyak yang mengira bahwa tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan itu sama. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah, karena memang sekilas sama walaupun ada beberapa perbedaan yang signifikan. Asuransi pendidikan menjadi produk yang berbeda dengan tabungan pendidikan. Untuk pencairannya, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selain itu, asuransi pendidikan tidak dapat dicairkan sesuai nominal, kecuali kamu meninggal. Sebenarnya masih tetap dicairkan, maka akan ada potongan biaya cukup besar. Adapun asuransi pendidikan ini memiliki jangka waktu yang panjang. Dan jangan lupa kamu harus membayar preminya di setiap bulan agar bisa menikmati keuntungan yang tersedia.

Deposito

Deposito merupakan produk simpanan dari bank yang penyetoran dan penarikannya hanya dilakukan dalam waktu tertentu. Jika dana yang tersebut diambil maka akan terkena denda penalti. Maka dari itu pilihlah deposito dengan jangka waktu sesuai dengan kebutuhanmu dan masa anakmu untuk biaya sekolah karena semakin lama dan semakin besar dana yang disimpan, maka semakin besar pula bunga yang didapatkan. Namun, jika tidak memiliki dana yang terlalu besar, ada baiknya kamu memilih skema bunga deposito yang di roll over ke pokok sehingga nilai pokok deposito akan bertambah terus serta bunganya juga akan bertambah.

Reksa dana

Reksa dana sebagai salah satu pilihan persiapkan dana pendidikan anak.
Reksa dana membantu kamu untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Photo by @radenprasetya

Bagi pemula dalam investasi, kamu bisa mencoba investasi melalui reksa dana yang memiliki risiko kecil tapi keuntungannya lumayan. Kamu bisa memulai dengan dana awal sebesar Rp 100ribu. Untuk produknya, kamu bisa memilih reksa dana campuran karena memiliki kelebihan di mana danamu akan dialokasikan ke beberapa instrumen investasi yang berbeda.

Emas

Yang terakhir ialah investasi emas. Emas ini memang sejak dahulu kala sudah menjadi produk investasi dengan kelebihannya bisa dicairkan saat dibutuhkan dan harganya juga relatif stabil. Investasi ini bisa dimulai dengan modal yang minim. Kamu juga bisa membelinya melalui tabungan emas yang disediakan oleh PT Pegadaian atau PT Antam.

Itulah kira-kira strategi investasi yang bisa disiapkan untuk dana pendidikan anak. Sebenarnya, kepastian masa depan anak ada di tangan orang tuanya. Maka dari itu, jika kamu mau, silahkan lakukan strategi yang sudah dibagikan di atas.

You may also like...

Leave a Reply