4 Alasan Kenapa Kita Harus Investasi Sejak Dini

Investasi Sejak Dini Bersama KlikCair via environmentblog.net
Waktu baca: 3 menit

Gaji bulanan saat ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Maka, inilah saatnya kamu harus mulai berinvestasi. Saat ini, sayangnya masih sedikit anak muda yang memikirkan investasi, padahal manfaat investasi sangat menguntungkan bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Investasi juga menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan di masa mendatang. Mau tahu kenapa investasi itu penting? Inilah empat alasan kenapa kita harus investasi sejak dini.

Keuntungan berlipat

Semakin awal kamu mulai berinvestasi, maka keuntungan yang kamu raih akan semakin besar. Investasi di usia produktif akan mendatangkan hasil yang berlipat bila dibandingkan dengan mereka yang baru berinvestasi di usia tua. Usia muda adalah masa produktif dan waktu yang tepat untuk mengumpulkan aset.

Warren Buffet via bloomberg.com

Warren Buffet via bloomberg.com

Miliader kelas dunia, Warren Buffet, bahkan mulai berinvestasi di usia sebelas tahun. Memilih gaya hidup hemat dan sederhana akan mendatangkan banyak manfaat. Orang-orang yang memilih berinvestasi dan menerapkan gaya hidup sederhana pantas menikmati kehidupan yang sejahtera di masa yang akan datang.

Mewujudkan impian dan financial freedom

Bermimpi punya rumah dan mobil sendiri? Semua itu bisa terwujud jika kamu rajin berinvestasi sejak usia muda. Betinvestasi di usia belia akan meningkatkan peluang memiliki kebebasan finansial. Ketika kamu memiliki passive income, kamu tidak perlu lagi bekerja demi uang.

Ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu gunakan untuk kendaraan yang mengantarkan kamu menuju financial freedom. Kamu bisa memilih properti, saham, reksadana, dan investasi lain yang bisa menambah pendapatan kamu perbulannya. Jenis-jenis investasi tersebut mampu menangkal inflasi dan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Jadi lebih disiplin

Memiliki penghasilan sendiri sering kali membuat kamu mudah menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Kalau kamu berinvestasi, maka kebiasaan memenuhi gaya hidup glamor dan kebutuhan-kebutuhan tersier yang tidak penting akan terkikis. Daripada uang yang kamu hasilkan akan menguap begitu saja untuk belanja barang mewah, makan di restoran, atau nongkrong di kedai kopi ternama, lebih baik alokasikan untuk membeli reksadana, saham, atau emas.

Gunakan uang kamu secukupnya dan anggarkan setidaknya 20% untuk diinvestasikan setiap bulan dari gaji. Cara ini akan menumbuhkan rasa disiplin dan kamu akan semakain pandai mengelola keuangan sendiri. Manfaat investasi pun bisa segera kamu rasakan.

Kenapa Kita Harus Investasi Sejak Dini? via pexels.com

Kenapa Kita Harus Investasi Sejak Dini? via pexels.com

Dana di masa depan

Berinvestasi bagi generasi millenial mungkin belum menjadi hal prioritas. Padahal, untuk menghadapi ketidakpastian di masa depan, kamu perlu investasi sebagai salah satu upaya proteksi. Berinvestasi di usia muda akan membuat masa depanmu semakin cerah karena modal terus diputar sehingga menghasilkan keuntungan menjanjikan dalam jangka panjang. Masa depan akan aman meskipun kamu pada suatu saat tidak produktif lagi bekerja ataupun menghasilkan uang.

Investasi sejak dini bisa menyelamatkan kondisi finansial di masa-masa paceklik. Kontrol pengeluaran kamu sehari-hari dengan cermat agar kamu bisa menyisihkan dana untuk investasi lebih banyak.

Itulah alasan kenapa kita harus investasi sejak dini. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan memilih instrumen yang sesuai dengan kemampuan finansialmu saat ini. Anggapan bahwa investasi harus dimulai dengan modal besar itu tidak benar. Alternatif investasi peer-to-peer lending di KlikCair bisa kamu jadikan pilihan. Hanya dengan modal Rp 50.000,- kamu sudah bisa mulai berinvestasi dengan memberikan pinjaman dana kepada para pebisnis UMKM Indonesia. Menarik, bukan?

Yuk, rutin sisihkan pendapatan untuk merasakan manfaat investasi di masa depan!

You may also like...

Leave a Reply