Lanjut S2 atau Kerja? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Lanjut S2 atau Lanjut Kerja
Waktu baca: 5 menit

Hidup akan terus berlanjut walaupun kamu sudah lulus S1. Saat hari itu tiba, pilihan kamu hanya dua, bekerja atau lanjut S2 ? Mungkin banyak dari kamu yang sudah memantapkan diri untuk langsung bekerja. Atau, beberapa dari kamu justru masih mempertimbangkan untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan berbagai latar belakang alasan.

Seorang S1 biasanya akan mendapatkan petuah untuk terus melanjutkan ke jenjang S2 karena dianggap masih muda dan otak pun masih segar. Namun tidak sedikit juga yang menyarankan untuk langsung terjun ke dunia kerja untuk cari pengalaman dan ilmu baru sebanyak-banyaknya. Terlebih dalam dunia kerja tidak hanya gelar yang berbicara, tapi pengalaman juga. Lalu, apa yang harusnya kamu pilih? Sebelum memutuskan untuk lanjut S2 atau kerja? Mari simak penjelasan tim KlikCair di bawah ini:

Mana yang Lebih Baik, Lanjut S2 atau Kerja?

Saat selesai wisuda S1, seonggok beban yang tadinya terus kamu pikul di pundak selama kurang lebih 4 tahun berhasil luruh. Tapi saat melangkah lebih jauh, beban baru akan kamu pikul kembali. Setelah lulus, kamu tentu harus mandiri. Jangan sampai kamu masih mengandalkan uang saku dari orangtuamu. Carilah pekerjaan dan dapatkan penghasilan.

Tidak heran jika fresh graduate akan memadati event job fair dan berbagai event lowongan kerja lainnya. Di posisi ini kamu pasti akan menganggap bahwa kehidupan mahasiswa kamu lebih nyaman dibanding kenyataan hidup yang sebenarnya. Sebab, saat kamu lulus, tidak hanya gelar sarjana yang kamu dapat, tetapi kamu juga mendapatkan gelar lain yaitu pengangguran.

job fair
Job fair, career expo, atau pameran bursa kerja yang bisa kamu kunjungi via akurat.co

Masalah Pengangguran?

Banyak juga S1 yang menjadi pengangguran dalam waktu lama dengan alasan belum ada pekerjaan yang cocok. Seharusnya, kamu tahu posisimu. Sebagai lulusan baru, kamu belum memiliki banyak pengalaman. Hal ini sering di pandang oleh perusahaan belum terlalu kompeten untuk suatu pekerjaan sehingga kamu membutuhkan banyak latihan dan pengalaman dalam sebuah bidang pekerjaan di perusahaan.

Kondisi ini terkadang membuat kamu berpikir untuk lanjut S2 saja. Jika kamu lanjut S2 hanya untuk mengulur waktu terjun ke dunia kerja atau agar mendapatkan gaji yang lebih besar, sebaiknya lunturkan niat tersebut karena pada akhirnya kamu akan terjun ke dunia kerja juga dengan gaji yang belum tentu sebesar yang kamu harapkan.

Bersihkan Niatmu Saat Akan Lanjut S2

Seseorang yang berniat langsung melanjutkan ke jenjang S2 biasanya sudah memiliki niatan tersebut sedari mereka belum lulus S1. Lanjut S2 bukanlah sebuah niatan yang hanya timbul untuk mencari gaji yang lebih tinggi saja, tapi juga niat terus belajar. Saat S1, kamu dicetak untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang dihasilkan orang lain, tapi saat S2 kamu dituntut menjadi salah satu produsen dari ilmu tersebut.

hidup untuk belajar
Karena hidup adalah tentang belajar via unsplash.com

Menghasilkan ilmu untuk orang lain bukanlah sebuah hal mudah. Tidak heran pada saat awal-awal S2, kamu akan dihadapkan dengan kegiatan kelas yang penuh dengan aktivitas diskusi dibanding mendengarkan penjelasan dari dosen. Tentu saja, hal ini merupakan sebuah tuntutan karena kamu bukan murid yang harus dibimbing lagi oleh guru.

Banyak Riset yang Harus Dilakukan

Di akhir-akhir semester, aktivitas mahasiswa S2 didominasi oleh kegiatan riset. Pengetahuan terkait dengan bidang yang kamu ambil untuk S2-mu tidak datang dari kelas, melainkan dari aktivitas langsung di lapangan. Di momen ini, kamu mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan dosen dalam menyelesaikan sebuah riset. Kamu pun banyak mendapat kesempatan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman profesional lewat proses riset dan juga pembelajaran yang dilakukan mandiri.

Baca juga: Mau Lanjut Kuliah S2? Simak 3 Hal Ini Agar Kamu Tidak Salah Langkah!

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa pembelajaran jenjang S2 memang mengarah pada pengalaman di lapangan. Semua riset yang dilakukan oleh pascasarjana akan mengantarkan mereka pada ilmu dan pengalaman baru yang langsung mereka dapatkan dari sumber, bukan dari kelas.

Bukankah Lebih Baik Mencari Pengalaman Dulu Di Dunia Kerja?

Bukankah akan lebih baik jika kamu memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu sebelum melanjutkan S2? Toh saat S2 pun kamu dituntut untuk terjun ke lapangan dan mencari ilmu di sana. Banyak juga pascasarjana yang melanjutkan S2 mereka sambil bekerja. Kamu tentu harus bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan S2 kamu. Hal ini akan lebih memudahkan kamu untuk melakukan segala kegiatan di jenjang S2. Pengalaman kerja yang dibarengi dengan pendidikan dapat membentuk seseorang menjadi ahli di bidang yang ditekuninya.

Dengan lanjut S2 sambil bekerja, kamu tidak hanya mengantongi gelar S2-mu, tapi juga mengantongi banyak pengalaman yang membuat kamu lebih unggul dibanding kandidat lain di bidangmu. Hal ini tentu membuka peluang untuk kamu meraih karier yang lebih baik ke depannya. Sebab, untuk benar-benar tahu potensimu di dunia kerja, kamu harus merasakan dunia kerja terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan tahu kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan supaya kamu memiliki keunggulan dibanding dengan pesaing-pesaingmu.

Baca juga: Investasi untuk Karyawan Baru, Jangan Ragu Memulai!

Dari penjelasan di atas, mungkin kamu bisa menyimpulkan, bahwa lanjut S2 memang dapat membawa banyak keuntungan dalam proses pencapaian karier impian kamu, tapi gelar S2 bukan segalanya. Gelar S2 adalah kekuatan yang mendorong kamu untuk lebih maju dengan segala keahlian dan passion kuatmu di bidang tersebut.

Tetap Mau Lanjut S2 Tanpa Bekerja Terlebih Dahulu, Tidak Salah

Komitmen untuk lanjut S2 memang tidak boleh main-main. Sebab di jenjang ini, kamu akan menghadapi berbagai tugas yang siap menggempur hari-harimu. Tentunya itu adalah tugas mandiri yang mungkin tidak ada teori yang merangkum tentang hal itu. Di sisi lain, kamu pun harus kuat secara ekonomi karena bisa dipastikan, S2 membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding S1.

lanjut s2 atau kerja
Akhirnya cuman kamu yang bisa menentukan arah, lanjut s2 atau bekerja via @charlesdeloye

Sebelum benar-benar terjun menjadi salah satu dari mahasiswa pascasarjana, kamu harus benar-benar meyakinkan diri sendiri, apa kamu memang ingin belajar lagi? Bila iya, maka langkah selanjutnya adalah korek lebih jauh alasanmu. Harap tidak melanjutkan S2 karena beberapa alasan di bawah ini:

  1. Kamu ingin terlepas dari dunia kerja dan segala persaingannya.
  2. Kamu belum siap menghidupi dirimu sendiri.
  3. Lanjut S2 hanya sebuah pelarian dari pekerjaanmu yang menurutmu membosankan.
  4. Lanjut S2 hanya karena ingin tinggal di luar negeri.
  5. Kamu belum tahu tujuan hidupmu, sehingga memutuskan S2 hanya untuk sebuah keinginan tanpa tujuan.

Bila alasan kamu lanjut S2 ada di salah satu poin di atas, maka sebaiknya kamu pikirkan kembali. Dibanding melarikan diri dari masalah yang kamu hadapi, lebih baik kamu mencari cara lain untuk menghadapinya.

Pelajari sesuatu dari hidup Anda, sesuatu yang mampu mengubah hidup Anda menjadi lebih baik lagi.

kata-kata.co

Jangan takut untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus S1. Banyak perusahaan yang mempertimbangkan lulusan baru. Terlebih beberapa perusahaan berpendapat bahwa lulusan baru masih bisa dibentuk dan diarahkan sehingga tidak heran banyak pelatihan bagi lulusan baru di sejumlah perusahaan. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengalaman baru. Intinya, jika kamu lanjut S2 hanya karena alasan-alasan yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya jangan lanjut dulu. Sepertinya, kamu memang harus menghadapi gempuran dunia kerja terlebih dahulu supaya kondisi mentalmu lebih terasah. Semoga berhasil.

You may also like...

Leave a Reply