Trik Jitu Mengatur Keuangan Bagi Kamu yang Menempuh Pendidikan

mengatur keuangan untuk menempuh pendidikan
Waktu baca: 2 menit

Halo Teman Klik, apakah kamu termasuk salah seorang yang saat ini tengah menempuh pendidikan? Jika iya, banyak hal yang harus kamu pikirkan selain menyelesaikan studi lho! Ya, mengatur keuangan.

Pernahkah kamu mengalami kondisi di mana orang tuamu mengalami kesulitan untuk membayar uang pendidikanmu? Nah saat ini lah waktu yang tepat untukmu mengatur keuangan. Maka dari itu, penting banget kan mengelola keuangan dengan baik, apalagi menyangkut biaya pendidikanmu.

Langkah Mengatur Keuangan Bagi Kamu yang Menempuh Pendidikan

Belajarlah untuk Menabung

Trik pertama untuk mengatur keuangan memang tak jauh dari kata menabung. Sedari kecil kita diajarkan untuk menabung oleh orangtua kita. Oleh karena itu, apalagi bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan nih. Tabunglah uangmu sebanyak mungkin setiap bulannya. Apalagi tabungan inilah yang berguna buatmu untuk menjadi jawaban dari dana-dana tak terduga di kemudian hari. Belum untuk ujian praktek, fotocopy ataupun print papper tugas-tugasmu? Wah, kamu harus punya alokasi dana khusus dari tabunganmu ya!

Tahukah kamu menabung dengan disiplin dapat melatihmu untuk investasi secara kecil-kecilan. Kamu juga bisa membeli barang yang sudah sejak lama kamu inginkan. Nggak ada ruginya untuk menabung demi membeli barang yang kamu inginkan dan pastinya berguna buatmu di kemudian hari.

Cari Pemasukan/ Ikutilah Part Time

Sebagai pelajar ataupun mahasiswa, memang masih menjadi tanggung jawab orang tua untuk membiayai kebutuhanmu. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu tidak lagi begitu membebankan dana-dana kebutuhan pribadi dari hasil pemberian orang tua. Kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu untuk membiayai kebutuhan pribadi seperti membeli kebutuhan makeup, kebutuhan baju baru, maupun lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan sumber pemasukan itu disamping kamu harus mulai belajar untuk melakukan usaha atau bekerja sampingan untuk membantu orang tua dalam pembiayaan kuliah ataupun pendidikanmu. Teman Klik, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak menyita waktu kuliah dan belajarmu. Ada banyak pekerjaan freelance maupun part time yang bisa kamu cari via internet. Jika kamu mahasiswa yang cukup berprestasi, kamu bisa melamar untuk menjadi asisten dosen atau pegawai part time administrasi di kampusmu lho!

Pisahkan Berbagai Jenis Pengeluaran

Hal ini penting untuk kamu lakukan ya Teman Klik. Setelah seluruh sumber pendapatan kamu catat, saatnya kamu mencatat seluruh biaya yang harus kamu keluarkan dalam sebulan. Ha-hal yang wajib atau mendesak sebaiknya didahulukan ya! Sebagai contoh: membayar kos, pulsa telepon, uang transportasi, uang kuliah, uang makan sehari-hari, uang pembelian buku, fotocopy dan alat tulis. Datalah hal-hal yang memang menjadi kebutuhanmu sehari-hari.

Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Rencana anggaran keuangan juga perlu untuk kamu tuliskan ya! Catatlah secara terperinci seluruh sumber uang masuk dan jenis-jenis pengeluaran rutinmu setiap bulannya.

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana anggaran keuangan. Pada poin ini, kedisiplinanmu sangatlah dituntut. Kamu harus dengan bijak memilah kira-kira apa sajakah sumber pemasukan yang sangat bisa membantumu, dan memilih apa saja pengeluaranmu yang bisa ditunda ataupun di press dahulu.

Catatlah Segala Jenis Pengeluaran Sehari-hari

Catatlah apapun pengeluaranmu dalam sehari. Usahakan konsisten menulis hingga di penghujung bulan. Setelah itu, pastikan anggaran dana yang telah kamu buat sebelumnya sesuai dengan pengeluaranmu sehari-hari yang telah kamu catat ini. Sebaiknya kamu mengunduh aplikasi money planner untuk sehari-hari.

Teruslah Konsisten!

Nah, setelah poin-poin di atas sudah kamu jalani. Lakukanlah terus menerus dengan konsisten. Dijamin, kamu akan mahir mengatur keuangan pribadimu. Terlebih buat kamu kaula muda, cara di atas mampu membuatmu belajar untuk investasi di kemudian hari.

You may also like...

Leave a Reply