Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Tidak?

Kuliah Sambil Kerja via medium.com
Waktu baca: 2 menit

Sekarang kamu mungkin cukup sering menjumpai teman-teman kamu yang kuliah sambil kerja. Walaupun terlihat berat, pada nyatanya mereka sukses lulus kuliah tepat waktu dengan hasil yang sangat baik. Kuliah sambil kerja membutuhkan manajemen waktu dan ketelitian yang sangat tinggi. Nah, untuk kamu yang sekarang sedang duduk di bangku SMA dan ingin melanjutkan kuliah sambil bekerja, atau mungkin sekarang kamu sedang bekerja dan ingin mengambil kuliah atau sebaliknya, simak dulu beberapa tips di bawah ini!

Buat plan mingguan sampai harian

Salah satu hal yang paling penting ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja adalah kamu harus mempunyai plan secara pasti. Apalagi jika kamu mempunyai jenis pekerjaan yang mengharuskan kamu meeting di luar jam kantor, misalnya asuransi atau di bidang penjualan mobil, kamu tentu harus memiliki waktu luang yang lebih besar untuk meeting. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu harus membuat plan mingguan sampai harian. Plan mingguan ini berisi jadwal kuliah dan jadwal pekerjaan. Jika ternyata kamu masih harus tahu lebih detail lagi, kamu bisa membuat jadwal harian. Di sini kamu bisa memetakan kapan selesai bekerja, kapan harus berangkat kuliah, sampai kapan waktu kamu untuk belajar. Dengan begini, kamu bisa mengerjakan tugas kuliah dan belajar secara lebih santai.

Belajar dan kerjakan tugas di tempat favorit kamu

Ketika kamu sudah membuat plan mingguan dan harian, sekarang saatnya kamu menaati dan melakukan sesuai plan tersebut. Fokuslah untuk menyelesaikan plan yang sudah kamu buat, jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia. Jika kamu merasa bahwa membuat plan ini malah membebani, kamu harus ingat bahwa membuat plan sesungguhnya bisa membuat kamu lebih santai untuk menentukan mana waktu untuk bekerja, kuliah, dan juga liburan. Agar kamu bisa lebih nyaman mengerjakan tugas dan belajar, kamu bisa melakukannya di tempat favorit kamu. Jika nyaman bekerja di restoran atau café, kamu bisa membiasakan untuk belajar dan mengerjakan di sana. Dengan mengetahui kebiasaan kamu lebih baik, tentu ini bisa jadi nilai plus yang sangat baik.

Kuliah sambil kerja bukan masalah lho! via pexels.com

Kuliah sambil kerja bukan masalah lho! via pexels.com

Fokus saat bekerja

Biasanya, masalah yang kerap muncul saat kuliah sambil bekerja adalah waktu yang terbuang karena pekerjaan. Misalnya, ternyata bos kamu tiba-tiba menambah bobot pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk lembur, tentu waktu pulang kamu bakal lebih lama. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus lebih fokus lagi saat bekerja, akan lebih lagi jika kamu selesai sebelum waktu pulang. Dengan begini, kamu bisa bersiap jika ada lembur dadakan. Belajar fokus saat bekerja ini juga akan membantu kamu untuk melatih daya tahan pikiran dan tubuh karena setelah pulang kantor kamu masih harus kuliah.

Beristirahat dengan cukup

Terakhir adalah kamu harus bisa menghargai waktu dengan cara beristirahat cukup. Stamina kamu akan sangat terkuras ketika harus kuliah sambil bekerja, jadi kamu harus memanfaatkan waktu untuk beristirahat. Biasanya, kamu akan tidur lebih larut karena harus menyelesaikan tugas ataupun membuat jurnal. Nah, jadi ketika ada waktu istirahat sedikit, kamu harus memanfaatkannya. Ingat ya, jangan terlalu memforsir untuk bekerja dan mengerjakan tugas kuliah terlalu berat karena jika kamu sakit tentu akan membuyarkan semua jadwal kamu.

Jadi, sekarang kamu bisa membayangkan bagaimana sibuknya ketika kamu kuliah sambil bekerja, kan? Kuncinya adalah manajemen waktu yang pas agar tidak tugas dan tanggung jawab tidak keteteran. Good luck!

You may also like...

Leave a Reply