Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Luar Negeri

Kelebihan dan kekurangan bekerja di luar negeri.
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk bekerja di luar negeri daripada mencari pekerjaan di dalam negeri. Berbagai alasan dilontarkan, di antaranya ingin mendapatkan gaji yang lebih besar atau bahkan bisa bekerja sambil liburan. Namun, yang perlu diingat ialah bekerja di luar negeri tidak semudah bekerja di dalam negeri. Banyak persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa kerja di luar negeri. Selain kemampuan bahasa, kamu juga harus bisa menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan di negara asing. Dan yang terpenting, kamu harus mumpuni dan profesional dengan jenis pekerjaan yang sudah dipilih.

Lalu, sebenarnya apa keuntungan dan kelebihan kerja di luar negeri? Berikut ulasannya.

Keuntungan kerja di luar negeri

Setiap orang sudah pasti mencari keuntungan di dalam hidupnya. Termasuk jika orang ingin bekerja di luar negeri, sudah pasti akan mencari keuntungan-keuntungan yang bisa kamu gapai. Berikut keuntungan tersebut.

Skill bahasa asing makin terasah

Bahasa asing menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa bekerja di luar negeri, entah bahasa yang universal seperti bahasa Inggris atau bahasa negara yang kamu tuju. Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk bisa menguasai bahasa asing. Apalagi, ada banyak kata informal yang bakalan kamu sering dengar sehingga skill bahasa asingmu makin terasah dan makin lancar saat berbicara menggunakan bahasa asing tersebut.

Skill bahasa asing akan terasah.
Skill bahasa asing meningkat karena sering ngobrol dengan orang asing. Photo by @eliottreyna

Mandiri

Bekerja di luar negeri sudah pasti akan jauh dari sanak saudara dan keluarga. Oleh karena itu, jika bekerja di luar negeri kamu harus bisa lebih bersikap mandiri. Kamu harus siap jika semua hal harus dilakukan sendiri, seperti masak makanan sendiri dan ke tempat kerja sendiri.

Kenal dengan budaya lain

Barongsai.
Barongsai, salah satu tarian dari China. Photo by Pexels

Setiap negara memiliki ciri khas budaya masing-masing yang tentunya berbeda. Dengan bekerja di luar negeri, kamu bisa mengetahui dan kenal dengan budaya dari negara yang kamu tuju. Hal itu juga bisa menambah wawasan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa merasakan menjadi minoritas sehingga kamu bisa lebih menghargai perbedaan.

Menambah koneksi pertemanan

Di era saat ini, koneksi menjadi hal yang penting untuk bisa meningkatkan kariermu. Maka dari itu, kamu bisa membangun koneksi pertemanan dan bekerja secara profesional dengan mereka. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari mereka.

Gaji lebih besar

Salah satu keuntungan yang pasti dicari saat bekerja di luar negeri adalah memiliki gaji lebih besar. Namun, kamu jangan kaget jika biaya hidup di luar negeri lebih besar karena gaji dihitung berdasarkan dengan standar hidup yang dijalani.

Gaji besar
Gaji besar menjadi kelebihan utama kerja di luar negeri. Photo by Pixabay

Kerugian kerja di luar negeri

Sudah pasti dalam hidup tidak selamanya berjalan dengan mulus. Kalau ada keuntungan, sudah pasti juga ada kerugian. Kerja di luar negeri memang ada keuntungan, tapi ada pula resiko yang harus kamu hadapi. Berikut kerugian yang bisa kamu tanggung.

Jauh dari keluarga

Jauh dari keluarga jadi kerugian kerja di luar negeri.
Keluarga menjadi salah satu support system yang kamu miliki. Photo by Pexels

Keluarga sudah pasti menjadi pihak yang memberikan dukungan kepadamu kapanpun secara ikhlas. Kamu juga bisa melakukan banyak bersama keluarga seperti liburan bareng, makan bareng, atau sekedar berkumpul bersama. Namun, kalau kamu sudah kerja di luar negeri, kamu tidak akan merasakan momen-momen tersebut setiap harinya.

Biaya hidup mahal

Memang gaji besar pasti akan didapatkan jika bekerja di luar negeri. Namun, dengan gaji yang besar sudah pasti akan berbanding lurus dengan biaya hidup di negara itu. Meski begitu, kamu tidak perlu takut karena gaji yang kamu terima sudah dihitung berdasarkan biaya hidupmu di negara itu.

Harus menyesuaikan kebiasaan

Peraturan di tiap-tiap daerah atau negara sudah pasti berbeda-beda. Kamu harus menyesuaikan kebiasaan yang sudah diterapkan di negara tujuan. Sebagai contoh, jika di Indonesia kamu bisa merokok di mana saja. Namun, jika di luar negeri, bisa jadi akses untuk merokok akan terbatas.

Kurang lebih itulah kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu akan mencoba untuk kerja di luar negeri. Yang terpenting, di manapun kamu bekerja, kamu harus bekerja secara profesional dan maksimal agar bisa meraih hasil yang memuaskan serta kariermu ke depan akan lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply