Indonesia Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

Indonesia Payment Gateway
Indonesia Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat. Photo by @christiannkoepke
Waktu baca: 4 menit

Masyarakat Indonesia melakukan banyak transaksi keuangan digital dalam skala kecil maupun besar untuk berbagai keperluan di era digital seperti sekarang. Indonesia payment gateway memiliki peranan yang penting dalam transaksi yang berbasis e-commerce tersebut. Memangnya, apa itu payment gateway dan contohnya? Apa saja manfaat atau fungsi payment gateway? Jika ingin mengetahui lebih dalam dan detail, maka langsung saja baca artikel di bawah ini yang akan membahas tentang Indonesia payment gateway!

Pengertian Payment Gateway

Di era serba digital dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, payment gateway hadir dengan memberikan banyak kemudahan dalam transaksi keuangan online atau fintech. Apa itu payment gateway? Payment memiliki arti pembayaran, sementara gateway memiliki arti gerbang. Secara singkat, payment gateway adalah sebuah sistem gerbang pembayaran untuk menghubungkan konsumen/ pelanggan dengan perusahaan atau penyedia barang/ jasa.

Indonesia payment gateway adalah sebuah media pembayaran transaksi keuangan yang ada di dalam sistem atau aplikasi e-commerce. Payment gateway memiliki otorisasi dalam berbagai proses pembayaran yang ada di perbankan, kartu kredit, langsung dari konsumen, dan lainnya. Teknologi payment gateway yang memanfaatkan internet memungkinkan sebuah bisnis menerima transaksi pembayaran dari pelanggan tanpa adanya batasan waktu dan tempat.

Sistem Keamanan Payment Gateway

Indonesia payment gateway terbaik tentunya terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang terjamin. Memangnya, bagaimana sistem keamanan yang ada di payment gateway? Payment gateway menerapkan sistem keamanan berlapis yang meliputi:

  • Enkripsi Data
  • Secure Socket Layer (SSL)
  • Tokenisasi
  • PCI DSS Compliance 

Seluruh sistem keamanan berlapis tersebut memberikan jaminan bahwa seluruh transaksi yang dilakukan dalam payment gateway terlindungi dengan aman.

Sejarah Pengembangan Payment Gateway

Payment gateway di Indonesia dikenal dengan nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang diresmikan pada tanggal 4 Desember 2017. Indonesia payment gateway telah disahkan ke dalam Peraturan BI No.19/8/PBI/2017. Selain itu, GPN juga terdapat dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Peraturan tersebut memuat aturan tentang sistem payment gateway dalam mengintegrasikan instrumen-instrumen pembayaran secara nasional. Selain itu, ada juga aturan dalam membuat lokal pembayaran perbankan di Indonesia. Payment gateway di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat karena adanya dukungan oleh pemerintah.

Pemerintah Indonesia bahkan membentuk tiga lembaga khusus untuk pengelolaan dan pengembangan GPN, yaitu Lembaga Switching, Lembaga Standar, dan lembaga Service.

Baca juga: Inilah Berbagai Jenis Pilihan Alat Pembayaran Non Tunai Modern yang Banyak Digunakan Masyarakat

Cara Kerja Payment Gateway

Berikut ini cara kerja atau strategi payment gateway yang ada di Indonesia, yaitu:

1. Konsumen Melakukan Transaksi

Ketika konsumen melakukan pembelian di e-commerce maka window shopping terbuka. Setelah memilih dan memutuskan barang yang akan dibeli, konsumen akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Salah satu opsi metode pembayaran adalah payment gateway.

2. Informasi Payment Gateway diteruskan ke Prosesor Pembayaran

Opsi pembayaran melalui payment gateway yang dipilih oleh konsumen akan langsung diteruskan ke prosesor pembayaran. Misalnya, pembayaran yang dipilih adalah pembayaran melalui bank, maka payment gateway akan langsung memberikan informasi kepada pihak bank.

3. Asosiasi Penerbit Menerima Informasi

Prosesor pembayaran akan meneruskan informasi terjadinya payment gateway kepada asosiasi penerbit. Asosiasi penerbit kartu yang dimaksud misalnya Visa atau Mastercard. Sistem payment gateway juga akan menghubungi bank yang terlibat dalam transaksi tersebut.

4. Kode Khusus Diberikan

Setelah itu, pihak asosiasi penerbit akan memberikan kode khusus kepada prosesor pembayaran. Kode khusus ini hanya diketahui oleh pihak penerbit kartu dan processor payment gateway yang bersangkutan.

5. Transaksi Berhasil Dilakukan

Konsumen dapat langsung melakukan proses pembayaran hingga selesai. Setelah itu, payment gateway akan segera mengubah status pembayaran lunas. Informasi tersebut akan diteruskan ke pihak merchant, sehingga transaksi jual beli pun berhasil dilakukan dengan aman.

Manfaat Payment Gateway

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan Indonesia payment gateway untuk melakukan transaksi keuangan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan payment gateway, yaitu:

1. Memudahkan Berbagai Transaksi Online

Manfaat pertama yang dapat diperoleh pengguna payment gateway adalah transaksi online menjadi mudah untuk dilakukan. Teknologi ini memang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi secara online.

Konsumen pun tidak perlu bertemu langsung dengan pihak penjual hanya untuk melakukan pembayaran. Seluruh transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan online melalui teknologi payment gateway.

2. Jangkauan Lebih Luas

Ketika sistem pembayaran dilakukan secara manual atau offline, maka jangkauannya lebih terbatas karena pembeli dan penjual harus bertemu. Namun, payment gateway yang dapat dilakukan secara online akan membuat jangkauan penjualan lebih luas. Transaksi pembayaran pun dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja oleh semua konsumen dengan mudah.

Selain konsumen yang mendapat keuntungan, penjual juga mendapat keuntungan karena jangkauan bisnisnya semakin luas dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Penjualan dan pembayaran yang dilakukan juga akan tercacat dengan rapi di dalam sistem. Rekap atau laporan transaksi yang terjadi pun dapat disusun dengan mudah dan tidak berantakan.

3. Opsi Pembayaran Lebih Beragam

Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh dengan sistem payment gateway adalah opsi pembayaran yang lebih banyak dan beragam. Konsumen dapat membayar produk yang dibelinya sesuai metode pembayaran yang dapat dilakukannya.

4. Jumlah Transaksi yang Dapat Dilakukan Tidak Terbatas

Transaksi yang dilakukan melalui payment gateway tidak terbatas pada jumlah tertentu. Konsumen dapat melakukan transaksi dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. Meskipun demikian, transaksi tetap akan berjalan lancar tanpa ada gangguan sistem.

5. Transaksi Lebih Cepat

Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan, transaksi melalui payment gateway juga cepat dilakukan. Proses pembayaran tidak perlu waktu yang lama bahkan beberapa hari. Pembayaran melalui payment gateway dapat dilakukan dalam beberapa detik saja.

Hal ini karena payment gateway sudah terhubung langsung dengan bank atau asosiasi penerbit dan merchant transaksi produk atau penjual.

6. Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

Indonesia payment gateway juga memberikan jaminan sistem keamanan yang lebih baik.  Hal ini karena payment gateway menerapkan sistem keamanan berlapis pada setiap transaksi yang dilakukan.

Contoh Payment Gateway

Payment gateway yang ada di Indonesia berkembang dengan pesat. Kini bahkan sudah ada berbagai perusahaan payment gateway yang memberikan layanan bagi masyarakat Indonesia. Payment gateway di Indonesia apa saja?

Berikut ini beberapa contoh payment gateway yang berkembang di Indonesia, yaitu:

  • DOKU
  • Midtrans
  • Faspay
  • Finpay
  • Espay

Masing-masing payment gateway tersebut memiliki karakteristik dan kelebihannya tersendiri. Selain itu, beragam layanan yang disediakan oleh masing-masing payment gateway tersebut pastinya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk penggunanya. Sistem Indonesia payment gateway memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi digital. Perkembangan payment gateway pun semakin cepat, buktinya semakin banyak perusahaan payment gateway terpercaya yang ada di Indonesia.

Artikel Lainnya