Kamu Berbisnis? Ini Tips Pilih Supplier Terpercaya

Supplier terpercaya buat bisnismu lancar.
Waktu baca: 3 menit

Perlu kamu ketahui, supplier itu bisa dikatakan memiliki peran yang penting bagi kamu yang sedang menjalankan suatu bisnis. Walaupun terlihat sepele, tapi supplier dapat menjadi hal yang mempengaruhi kekuatan produksi dan omzet bisnismu secara langsung. Maka dari itu, sangat diwajibkan untuk mencari supplier yang terpercaya. Supplier terpercaya jadi kunci dalam menjalankan bisnis, baik bisnis online maupun offline. Apalagi jika bisnismu adalah bisnis yang membutuhkan banyak bahan baku atau barang jadi.

Jika mendapatkan supplier yang tidak terpercaya, bisa jadi kamu tidak akan mendapatkan bahan baku yang diinginkan dan bahkan bisa tertipu. Hal itu justru membuat bisnismu jadi buntung. Melihat begitu pentingnya peran supplier, maka sudah seharusnya kamu berhati-hati dan jangan sembarangan dalam memilihnya. Supaya kamu tidak mengalami salah pilih supplier, simak tips berikut ini.

Perhatikan kualitas

Pilih produk berkualitas.
Memilih produk berkualitas dari supplier bisa membuat bisnismu jadi untung. Photo by @fiteka

Kualitas menjadi hal yang penting dalam pemilihan supplier. Jika kamu mendapatkan kualitas barang dari supplier yang buruk, maka produk yang kamu hasilkan akan buruk pula. Kamu harus lebih teliti dan memperhatikan kualitas produk. Jangan mudah tergiur dengan murahnya biaya atau harga yang diberikan. Kualitas juga menjadi kunci untuk bisnismu.

Pasalnya, jika kamu menjual produk dengan kualitas yang bermutu dan bagus, maka konsumen akan bertahan atau bahkan bertambah secara signifikan. Selain itu, kepercayaan pelanggan pun timbul sehingga mereka tidak akan merasa kecewa dengan produk yang kamu jual.

Cek track record

Sebelum menentukan supplier mana yang kamu pilih, kamu harus tahu bagaimana track record-nya. Cara mendapatkan info itu paling mudah adalah dengan melihat track record mereka terhadap pembeli sebelumnya. Kamu harus teliti dan mencari tahu lewat sumber-sumber informasi yang ada dan terpercaya. Pastikan juga bahwa supplier tersebut tidak pernah bermasalah dengan para pembelinya.

Analisa konsistensi

Konsistensi dari supplier.
Konsistensi dari supplier perlu dianalisa agar bisnismu berjalan lancar. Photo by Rawpixel

Konsistensi jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Terkadang, ada supplier yang mengalami ke-tidak-konsistensi-an dalam pengiriman barang sehingga membuat bisnis terhambat. Perhitungkan faktor-faktor kemungkinan adanya kendala seperti jarak pengiriman, waktu tempuh, jarak kerja, hingga peralatan kerja yang dibutuhkannya.

Baca juga: Tertarik Berbisnis? Coba Mulai dengan Bisnis UKM

Cari produsen langsung

Cari produsen tangan pertama.
Cari produsen tangan pertama agar bisa mendapat keuntungan lebih besar. Photo by Pexels

Cari produsen langsung maksudnya ialah mencari produsen yang menjadi tangan pertama untuk pendistribusian barang yang kamu inginkan. Hal ini tentu akan membuat keuntunganmu jauh lebih besar daripada bekerja sama dengan supplier yang sudah berstatus tangan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Minta contoh produk

Dengan meminta contoh produk, kamu bisa melihat bagaimana kondisi dari produk dari supplier. Kamu juga tidak akan merasa ragu karena sudah mendapatkan contoh produk terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan apakah akan bekerja sama dengan supplier tersebut atau tidak.

Pelajari soal garansi dan sistem retur

Pelajari soal garansi dan sistem retur.
Pebisnis perlu mempelajari soal garansi dan sistem retur dari supplier. Photo by Rawpixel

Garansi dan sistem retur yang diberikan dari supplier harus kamu pelajari dan perhatikan aturan serta kebijakannya yang berlaku. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut jika mendapatkan barang-barang yang tidak sesuai keinginan.

Punya lebih dari satu supplier

Hanya punya satu supplier dalam suatu bisnis adalah sebuah kesalahan. Coba bayangkan jika suatu ketika supplier tidak bisa memberikan produk padahal bisnismu membutuhkan produk tersebut. Hal itu malah bisa menghambat bisnismu. Tidak hanya itu, dengan memiliki banyak supplier, kamu bisa membandingkan harga antar supplier.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencari supplier terpercaya. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis dengan baik dan tenang.

You may also like...

Leave a Reply