Film Tentang Bisnis yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnismu

Daftar film tentang bisnis yang bisa jadi inspirasimu berbisnis
Waktu baca: 4 menit

Inspirasi memulai usaha baru bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Mulai dari bercengkerama dan berkumpul bersama teman, membaca buku, hingga menonton sebuah film. Hingga saat ini, film tentang bisnis masih banyak diminati oleh sebagian besar orang. Sebab, di film inilah selain mendapatkan inspirasi, kita juga bisa mendapatkan pelajaran berharga lainnya. Setidaknya ada delapan film tentang bisnis yang layak kamu tonton ketika ingin terjun berbisnis.

The Social Network (2010)

Film tentang bisnis yaitu The Social Network
Salah satu cuplikan film The Social Network yang dibintangi oleh Jesse Eisenberg. Photo by NPR.com

Semua orang tentu mengenal nama Mark Zuckerberg sebagai sang pendiri Facebook yang kini menjadi salah satu media sosial tersukses di dunia. Film tentang bisnis berjudul The Social Network ini bercerita tentang kehidupan Mark Zuckerberg ketika menjadi seorang mahasiswa di Harvard. Di sini kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai hambatan pengusaha startup dalam mengembangkan bisnisnya. Mulai dari berselisih dengan rekanan, tuntutan hukum, hingga isolasi. Selain itu, film ini juga mengajarkan kita bagaimana menjaga ketahanan, fleksibilitas, perluasan jaringan, hingga bagaimana menerima masukan untuk kemajuan bisnis.

Glengarry Glen Ross (1992)

Film tentang bisnis yang berjudul Glengarry Glen Ross
Poster film Glengarry Glen Rose. Photo by britishtheatre.com

Bila kamu tertarik dengan dunia sales, khususnya yang bergerak di bidang investasi properti, film berjudul Glengarry Glen Ross sangat layak untuk kamu tonton. Dunia bisnis dan wirausaha diibaratkan sebagai hutan rimba yang berbahaya. Maka, perlu dihindari hal-hal yang bisa ‘membunuh’ bisnismu, misalnya sikap ceroboh dan gegabah. Film ini pun akan mengajarkan bagaimana kecerdasan merupakan kunci kesuksesan dalam mencapai target yang sudah dibuat.

Crocodile in The Yangtze (2012)

Film tentang bisnis yang berjudul Crocodile in the Yangtze
Poster film Crocodile in the Yangtze. Photo by imdb

Dalam dunia e-commerce, Alibaba.com merupakan nama besar. Kesuksesannya pun tidak bisa terlepas dari sosok Jack Ma sang pendirinya. Siapa sangka dirinya yang dulu menjadi seorang guru kini menjadi pemilik startup dengan pendapatan tinggi? Semua kisah dan perjalanan karir Jack Ma tergambar jelas di film yang rilis pada tahun 2012 lalu ini. Banyak orang merekomendasikan Crocodile in The Yangtze sebagai film terbaik bila kamu ingin mengembangkan bisnis startup.

Pursuit of Happines (2006)

Film tentang bisnis yang berjudul Pursuit of happines
Salah satu scene dalam film Pursuit of Happines yang diperankan oleh Will Smith dan Jaden Smith. Photo by nytimes.com

Dalam mengejar mimpi, seseorang dihadapkan pada banyak pilihan dan tantangan yang tidak selalu berjalan mulus. Setidaknya itulah yang menjadi pesan moral dalam film yang mengangkat kisah nyata tentang Chris Gardner ini. Berbagai hambatan banyak dialami oleh Chris Gardner di awal karirnya. Dia pun harus rela kehilangan rumah dan berusaha menjalani kehidupan yang keras bersama sang anak. Hasil kerja kerasnya pun membuahkan hasil dan dia sukses menjadi seorang investor, motivator, penulis, broker, sekaligus menginspirasi banyak orang.

Moneyball (2011)

Film tentang bisnis yang berjudul Moneyball
Brad Pitt dan Jonah Hill beradu akting dalam film Moneyball. Photo by thecrimson.com

Moneyball adalah film tentang bisnis berikutnya yang wajib kamu tonton jika ingin menjadi seorang pebisnis sukses. Film ini mengisahkan tentang sebuah tim baseball yang harus bertanding pada musim 2002 di Oakland. Namun, tim ini tidak memiliki uang untuk merekrut pemain terbaik. Para pemain pun banyak yang memilih meninggalkan tim. Pemikiran out of the box dari sang manager-lah (diperankan oleh Brad Pitt) yang membuat tim ini akhirnya bangkit dan bertransformasi menjadi sebuah tim yang benar-benar berbeda dari musim sebelumnya. Dari sini kita pun belajar bahwa untuk meraih kesuksesan diperlukan pemikiran yang kadang tidak biasa.

Joy (2015)

Film Joy
Poster film Joy yang dibintangi oleh Jenifer Lawrence. Photo by hometheaterforum.com

Film Joy rilis pada tahun 2015 lalu dan dibintangi oleh Jennifer Lawrence. Menceritakan sosok Joy Mangano, sosok ibu rumah tangga biasa yang kemudian menemukan Miracle Pop. Berkat kerja keras dan dedikasinya, dia pun sukses menjadi seorang jutawan yang saat ini memiliki 100 hak paten. Dalam mencapai kesuksesan tersebut, dirinya mendapatkan banyak tantangan, mulai pengkhianatan keluarga hingga harus menghadapi iklim bisnis yang tidak selalu berjalan mulus.

Tucker: The Man and His Dream (1998)

Tucker: The Man and His Dream
Aktor Jeff Bridges saat berakting menjadi Preston Tucker di film Tucker: The Man and His Dream. Photo by USA Today

Tucker: The Man and His Dream adalah sebuah film biografi yang pernah berhasil masuk tiga nominasi Oscar. Film tentang bisnis ini berkisah tentang seseorang bernama Preston Tucker yang berusaha membuat produksi mobil dengan merek dari namanya, yakni Tucker, di tahun 1948. Mobil inilah yang lantas dijuluki sebagai ‘mobil masa depan’ mengingat Tucker menggunakan fitur keselamatan terbaik. Akan tetapi, usahanya mendapat tentangan maupun tekanan dari perusahaan otomotif pesaing. Kampanye kotor juga dilancarkan untuk menghalau Tucker dan perusahaannya agar bangkrut. Namun, dia pantang menyerah dan sukses merajai industri otomotif.

Rocky (1976)

Rocky (1976)
Sylvester Stallone dan Frankie Van dalam film Rocky (1976). Photo by imdb

Selain dikenal sebagai sosok Rambo, Sylvester Stallone juga bermain apik dalam film bertema olahraga Rocky yang dirilis pada tahun 1976 silam. Rocky Balboa yang merupakan tokoh utama di film ini digambarkan sebagai petinju miskin. Suatu ketika dia mengikuti audisi untuk bisa bertarung melawan petinju kelas berat Apollo Creed. Dia pun harus berlatih dengan keras untuk memenangkan audisi. Alhasil, Rocky mengalahkan Apollo. Pesan di film ini adalah, sebagai pengusaha kamu perlu memiliki mental baja dan petarung untuk mencapai target.

Itulah beberapa film tentang bisnis yang sebaiknya kamu tonton untuk mendapatkan inspirasi sekaligus pencerahan ketika ingin memulai sebuah usaha baru. Ingat, untuk menjaga bisnismu tetap berjalan lancar, penting kiranya untuk memikirkan investasi guna menjaga kestabilan finansial. Semoga bermanfaat dan selamat menonton!

You may also like...

Leave a Reply