Begini Cara Menilai Bisnis Online yang Menjanjikan dan Terbukti

Seorang wanita membaca buku yang menjelaskan tentang profit
Begini Cara Menilai Bisnis Online yang Menjanjikan dan Terbukti. Photo by @ideanaire
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Sekarang ini, ada banyak sekali orang yang menawarkan bisnis online yang menjanjikan dan terbukti mendatangkan profit. Namun, tidak semua itu benar. Ada juga yang hanya memberikan klaim saja bahwa bisnis tersebut menguntungkan. Setelah dipraktikkan, hasilnya nol besar.

Kamu mungkin pernah mendengar orang-orang yang tergiur bisnis online yang kabarnya mendatangkan profit yang sangat tinggi. Setelah mereka mengeluarkan uang sebagai modal, ternyata mereka tidak segera mendapatkan untung. Bukannya untung malah buntung. Modal yang mereka keluarkan tidak kunjung kembali.

Agar kamu tidak menjadi korban seperti itu, ada baiknya kamu ketahui ciri-ciri dari bisnis online yang menjanjikan dan terbukti.

Ciri-Ciri Bisnis Online yang Terbukti Mendatangkan Profit 

Seorang pebisnis sedang memegang uang
Bisnis yang menguntungkan. Photo by Pexels

Jika saat ini kamu sedang mencari bisnis online yang bukan tipu-tipu, ada beberapa yang bisa kamu jadikan patokan. Apa saja itu?

  • Banyak Orang yang Membuktikan 

Apakah bisnis online yang ditawarkan kepada kamu itu sudah banyak orang yang join atau ikut? Jika ya, kemungkinan besar itu bisnis yang benar-benar profitable. Apalagi jika yang ikut adalah orang-orang yang kamu tahu dan kenal. Dan orang tersebut benar-benar bukan orang sembarangan. Misalnya saja mereka pubic figure, tokoh masyarakat, atau orang yang menurut kamu kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Ini salah satu ciri dari bisnis online yang menjanjikan dan terbukti.

Baca juga: Menilik Apa Bisnis Online yang Menjanjikan 5 atau 10 Tahun ke Depan

  • Iming-Iming Profit Masuk Akal 

Setiap bisnis pasti menawarkan potensi profit atau untung. Namun, jangan pilih bisnis yang memastikan bahwa kamu pasti mendapatkan profit. Namanya saja bisnis. Sudah pasti ada risiko rugi.

Begitu juga ketika ada bisnis yang menawarkan profit yang terlalu tinggi. Jangan pilih bisnis seperti itu karena kemungkinan besar itu adalah bisnis abal-abal. Sebaiknya, pilih bisnis yang profitnya masuk akal.

  • Tetap Harus Ada Usaha 

Apakah kamu pernah ditawari sebuah bisnis yang katanya nyaris tidak perlu ada keringat yang harus kamu keluarkan? Jangan percaya. Memang ada banyak pengusaha yang memiliki bisnis online besar sehingga mereka tidak perlu lagi banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Sudah ada sistem sehingga bisnis berjalan dengan baik tanpa harus dikontrol terus menerus. Namun, kamu harus tahu bisnis tersebut pasti sudah lama dan memiliki fondasi yang kuat.

Lain hal jika kamu langsung join di sebuah bisnis dan dalam kurun waktu beberapa hari kamu langsung mendapatkan income. Apalagi dengan iming-iming tanpa perlu usaha keras. Jelas itu bohong. 

Bisnis online yang terbukti menghasilkan pasti harus dijalankan dengan usaha. Entah itu usahanya kecil, sedang, ataupun besar. Yang pasti, kamu tidak bisa berbisnis tanpa harus berusaha dan berkeringat.

  • Produk Benar-Benar Dibutuhkan Masyarakat

Jika bisnis yang kamu akan jalankan itu berupa berjualan, pastikan produk yang kamu jual itu dibutuhkan oleh masyarakat. Jangan ikut bisnis online yang produk jualannya sepertinya sulit untuk dijual di masyarakat.

  • Program yang Jelas

Sekarang ini, banyak sekali model bisnis yang dibuat sehingga orang yang ikut berbisnis bisa mendapatkan kemudahan. Misalnya saja bisnis online dengan model reseller, dropshipper, atau affiliate. Itu memang benar ada. Akan tetapi, pastikan kamu perhatikan secara jelas bagaimana jalannya sistem tersebut. Programnya harus jelas, mulai dari modal yang harus dikeluarkan, cara kerja, pembagian profit, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu sedang mencari bisnis online yang menjanjikan dan terbukti. Jangan sampai kamu menjadi korban program bisnis abal-abal.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai