Yuk Hitung Berapa Perkiraan Budget Usaha Dekorasi Pernikahan

Budget Usaha Dekorasi Pernikahan.
Yuk Hitung Berapa Perkiraan Budget Usaha Dekorasi Pernikahan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Berapa budget usaha dekorasi pernikahan yang harus disiapkan? Apakah dibutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis dekorasi nikah?

Sebenarnya, modal itu bukan hal yang utama dalam memulai sebuah bisnis. Bukan berarti modal tidak penting ya. Yang paling utama dan paling penting sebenarnya adalah keberanian dan kemauan untuk memulai. Setelah dua hal ini kamu miliki, kamu bisa masuk ke tahap berikutnya. Yaitu memikirkan modal kapital yang harus kamu siapkan.

Potensi Usaha Dekorasi Pernikahan

Sebelum membahas mengenai budget usaha dekorasi pernikahan, kamu harus tahu usaha ini sangat potensial. Apalagi saat ini di mana pandemi sudah bisa diatasi. Sudah tidak ada lagi larangan untuk membuat acara seperti resepsi. Di sinilah kamu akan menuai rejeki lantaran banyak orang yang mengadakan resepsi. Selama kurang lebih 2 tahun, para pasangan yang hendak menikah kebanyakan melakukan penundaan karena larangan membuat acara resepsi. Sekarang, mereka bisa lebih leluasa membuat acara tersebut.

Bukankah ini potensi yang besar?

Di sini lain, pasangan yang menikah biasanya memiliki satu kesamaan, yaitu ingin menjadikan resepsi pernikahan menarik dan memorable. Meskipun acara hanya satu hari, mereka ingin hari itu adalah hari yang paling berkesan. Untuk itu, mereka tidak ingin dekorasi pernikahan mereka biasa-biasa saja. Mereka membutuhkan orang yang ahli dalam bidang dekorasi meskipun mereka harus membayar lebih banyak.

Namun, ada juga lho yang tidak ingin mengeluarkan budget pernikahan yang terlalu tinggi. Ada yang memiliki membuat resepsi nikah yang lebih private dengan hanya mengundang orang terdekat. Jika ini konsepnya, mereka biasanya memilih dekorasi nikah sederhana. Simple tapi elegan.

Yang pasti, resepsi pernikahan tidak akan berkesan tanpa dekorasi pelaminan pengantin yang indah. Jika kamu mampu mewujudkannya, kamu memiliki peluang untuk membuka bisnis dekorasi pernikahan.

Baca juga: Memahami Market Size Adalah Instrumen Penting Dalam Mengelola Bisnis

Modal Membuka Usaha Dekorasi 

Melihat potensi yang begitu besar seperti itu, berapa sebenarnya budget usaha dekorasi yang harus kamu siapkan? Menurut beberapa survei, modal awal yang harus disiapkan sekitar 10-20 juta rupiah. Ini hanya untuk dekorasi. Tentu angka tersebut bisa naik tergantung bentuk dan bahan yang digunakan untuk dekorasi.

Modal yang relatif terjangkau, bukan? Dan modal tersebut hanya perlu kamu keluarkan ketika ada yang memesan dekorasi saja. Ada beberapa bahan dekor yang memang harus dibeli saat ada yang menikah, seperti bunga-bunga.

Namun, jasa dekorasi pernikahan biasanya tidak hanya menyiapkan dekorasi saja. Mereka harus mengatur yang lain, seperti setting tempat resepsi. Ini terkait dengan meja, kursi, pendingin ruangan, dan lain sebagainya. Jika ini juga layanan yang ingin diberikan, budgetnya pasti naik. Ini tergantung dengan jumlah tamu undangan.

Perkiraan, untuk 200-300 tamu undangan, budget yang diperlukan sekitar 50 hingga 500 juta rupiah. Ini tergantung jenis makanan apa saja yang ingin disajikan. 

Jadi, yakin ingin membuka jasa usaha dekorasi pernikahan?

Tips Ketika Ingin Mulai Usaha Dekorasi Pernikahan 

Karena budget usaha dekorasi yang tidak begitu tinggi, mungkin kamu mantap untuk memulai usaha ini. Namun, jangan gegabah. Ada beberapa tips yang harus kamu pelajari ketika ingin memulai. Apa saja itu?

  1. Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

Setiap usaha butuh kolaborasi dengan pihak lain. Begitu juga dengan usaha dekorasi pernikahan. Kamu perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak. Contohnya saja pihak penyedia bunga. Kamu pasti membutuhkan bunga untuk dekorasi, bukan? Dengan kerja sama seperti ini, kamu bisa memastikan ketersediaan bunga kapan pun dibutuhkan. Bisa juga harga bunga lebih terjangkau.

Apalagi jika kamu ingin menambah layanan, tidak hanya membuat dekorasi pernikahan saja. Kamu ingin mengatur acara resepsi. Kamu sebaiknya bekerja sama dengan catering, penyewaan gedung, jasa sewa sound dan lighting, dan lain sebagainya. Karena tidak semuanya bisa kamu tangani sendiri, kamu harus berkolaborasi.

  1. Miliki Karyawan yang Terampil dan Kreatif

Ketika di awal memulai usaha, mungkin kamu harus turun tangan. Kamu sebaiknya langsung terjun mengerjakan dekorasi jika memang kamu memiliki keterampilan di bidang tersebut.

Akan tetapi, lambat laun, kamu harus melakukan delegasi. Sebagai pebisnis, kamu tidak boleh melakukan semua hal. Kamu harus menjadi manager, bukan eksekutor. 

Cari karyawan yang terampil dan kreatif di bidang desain dekorasi pernikahan. Ini aset terpenting dalam usaha dekorasi resepsi pernikahan.

  1. Siapkan Tawaran yang Menarik

Dalam bisnis, negosiasi itu pasti ada. Untuk itu, kamu harus pintar dalam melakukan negosiasi. Apalagi mengenai budget pernikahan. Sudah barang tentu klien kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Mereka pasti mencoba untuk mencari jasa dekorasi semurah mungkin dengan hasil yang sebaik mungkin.

Yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan bahwa hasil dekorasi nanti tidak mengecewakan. Kamu bisa melakukan presentasi dengan cara menunjukkan contoh dekorasi pernikahan yang pernah kamu buat. Atau kamu bisa buatkan desain 3D dekorasi sesuai dengan keinginan klien. Jika kamu mampu meyakinkan klien dengan cara ini, maka kamu akan lebih mudah untuk menemui kesepakatan saat negosiasi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui, mulai dari budget usaha dekorasi dan apa saja yang dibutuhkan. Jadi, sudah siap untuk membuka bisnis baru?

Artikel Lainnya