Intip Yuk! Inilah Cara Menabung yang Tepat

Cara menabung yang tepat.
Cara menabung yang tepat. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang diyakini banyak orang dapat mengatasi masalah keuangan dengan baik. Namun sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan untuk mulai menabung. Bahkan, ada yang sudah mulai, tapi akhirnya berhenti di tengah jalan. Mengatasi masalah tersebut sebenarnya ada banyak cara. Kamu harus menemukan cara menabung yang tepat supaya tidak gagal saat melakukannya. Kira-kira apa saja? Nah beberapa caranya ada di bawah ini:

Menambah Pemasukan dan Mengurangi Pengeluaran

Catat pemasukan dan pengeluaran
Menambah pemasukan. Photo by Rawpixel

Besar pasak dari pada tiang menunjukkan bahwa kamu membutuhkan tambahan uang untuk menopang pengeluaran kamu yang banyak. Cara menabung yang satu ini sengat mementingkan adanya pemasukan yang stabil dengan jumlah yang mampu mencukupi kebutuhan selama satu bulan kedepan bahkan harus menyisakan berapa ribu atau puluh ribu untuk ditabung secara rutin setiap bulannya. Dengan pemasukan yang lebih besar daripada pengeluaran maka dengan otomatis akan ada uang sisa yang bisa digunakan untuk ditabung.

Tentukan Skala Prioritas

buat prioritas saat bulan madu.
Tentukan skala prioritas. Photo by Pexels

Cara menabung selanjutnya adalah dengan menentukan skala prioritas. Catat semua kebutuhan kamu selama sebulan dan kebutuhan apa saja yang seharusnya dimasukkan dalam kebutuhan primer atau sekunder. Dengan membedakan skala ini akan memudahkan kamu dalam membedakan barang mana yang harus dibeli terlebih dahulu dan harus dibeli nanti saja setelah ada uang lebih atau tabungan sudah terkumpul.

Sebagai contohnya kebutuhan kamu adalah bahan makanan, sepatu, baju seragam dan laptop. Maka dari sini bisa dipilah berdasarkan skala prioritasnya. Kebutuhan primer orang ini adalah bahan makanan dan seragam. Sementara barang-barang lainnya adalah kebutuhan sekunder. Sehingga skala prioritasnya adalah membeli bahan makanan kemudian seragam dan kebutuhan lainnya akan dipenuhi jika ada uang lebih atau pemasukan yang baru.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Menabung yang Bisa Diterapkan Oleh Pelajar

Belajar Investasi

Apa itu Investasi
Belajar investasi. Photo by Pixabay

Investasi tidak harus dalam jumlah besar dan melibatkan beberapa perusahaan yang besar pula. Kamu bisa melakukan investasi dengan melibatkan keluarga atau orang tua kamu. Sisihkan dengan rutin uang kamu di awal penerimaan dan titipkan pada orang tua. Lakukan cara menabung ini dengan rutin dan tuai hasilnya setelah setahun lamanya. Setelah itu belikan sebuah emas atau barang-barang yang sekiranya jika dijual kembali harganya tidak turun.

Lakukan secara rutin dan jual aset ketika harga aset tersebut sedang naik-naiknya. Kemudian belikan aset ketika sedang murah-murahnya. Investasi sederhana bisa dimulai dengan melakukan trik semacam ini. Uang yang Anda simpan akan berkembang dengan cepat dan lebih efektif.

Jangan Gunakan ATM

menabung
Jangan gunakan kartu ATM. Photo by Pixabay

Jangan pernah membuka ATM jika penghasilan kamu belum tentu dan pasti setiap bulannya. Hal ini akan memicu pemborosan dan pembelian barang yang tidak penting karena sistem tagihannya ada di akhir dan akan menyulitkan kamu sendiri. Batasi pengeluaran kamu dengan tidak menggunakan ATM atau buat namun tinggalakan ketika hendak jalan-jalan bersama teman.

Lebih aman menggunakan cas karena efisien dan bisa diatur dengan mudah pembagian pengeluarannya selama jalan-jalan.

Itulah cara menabung yang bisa dipraktekkan oleh siapa saja tanpa ribet. Tinggal pilih salah satunya yang sesudai dengan karakter Anda. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan? Semoga bermanfaat.

You may also like...