6 Tips Ampuh Menabung yang Bisa Diterapkan Oleh Pelajar

Tips menabung untuk pelajar.
Tips menabung untuk pelajar. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Menabung adalah kegiatan yang amat sangat bermanfaat. Menabung berarti memikirkan masa depan dan tidak hanya fokus pada hari ini saja. Menabung memberikan manfaat yang sangat beragam, diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak, untuk antisipasi saat keadaan ekonomi sedang down, dan menggapai cita-cita. Maka dari itu bagi kamu seorang pelajar sangat perlu untuk menabung. Adapun kali ini akan dijelaskan tips menabung yang bisa diterapkan oleh pelajar.

Bagi pelajar, menabung sangat membantu orang tua saat ada kebutuhan mendadak yang kaitannya dengan sekolah, membeli buku bacaan, mendapatkan kebutuhan yang diinginkan, dan termasuk juga untuk persiapan memilih lembaga pendidikan terbaik yang dimimpikan kedepannya. Maka dari itu, wajar saja jika sebagai pelajar perlu tahu tips menabung untuk pelajar.

Sayangnya, sebagai pelajar terkadang kita sering berfikir sangat sederhana. Misalkan, ah ya udah nanti minta mama papa saja. Padahal, kebiasaan menabung bisa kamu mulai dari sekarang. Dengan menabung sifat konsumtif akan lebih terkendali dan lebih tenang. Kebahagiaan akan kamu dapatkan saat kamu mampu membeli sesuatu yang diinginkan dari hasil jerih payahmu sendiri. Yuk, coba tips ampuh menabung bagi pelajar berikut ini:

Bulatkan tekad

Punya niat dan tekad yang kuat.
Punya niat dan tekad yang kuat. Photo by @goian

Apapun, jika tekad atau niat sudah bulat, tidak ada lagi yang bisa mengalahkan. Menabung butuh kesabaran, awalnya nominalnya mungkin sangat kecil dan kamu harus bersabar agar bagaimana caranya nominal tersebut lambat laun bisa jadi banyak. Fokus pada niat awal, jika tergoda untuk membelanjakan semua uang saku, kembali ke tujuan awal, saving for  our future. Menabung demi masa depan yang lebih cerah. 

Buat target yang ingin dicapai

Tentukan tujuan yang jelas.
Tentukan target yang diinginkan. Photo by Pixabay

Buat target yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Ambil kertas, tulis target yang ingin dicapai, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Target jangka pendek misalkan dalam bentuk target bulanan pengen beli novel, atau target jangka panjang ingin mengikuti bimbingan belajar sebelum SNMPTN tanpa biaya orang tua, dan sebagainya. Pasang target tersebut di dinding dan komitmen selalu pada target itu. 

Sisihkan jatah mingguan

Mengatur uang dalam waktu singkat.
Sisihkan jatah mingguan. Photo by Pexels

Tahapan real menabung adalah dengan menyisihkan uang jajan setiap harinya.  Putuskan berapa uang yang akan kamu tabung. Misal setiap hari kamu dapat uang jajan 10ribu, lalu kamu sisihkan 3ribu. Atau, bagi yang mendapatkan jatah mingguan, di awal pekan saat jatah mingguan diberikan mama papa, sisihkan sebanyak persentase tabungan yang ingin disisihkan. 

Baca juga: Cara Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan Cerah

Bawa bekal dari rumah

Tips menabung pelajar
Bawa bekal makan dari rumah. Photo by Sahabat Nestle

Konsultasikan ke mama-papa bahwa saat ini kamu sedang ingin menabung. Bawa bekal yang sudah disiapkan dari rumah, atau yang bisa kamu ambil dari cadangan makanan di dalam kulkas. Ini akan sangat membantu kamu untuk berhemat. Kamu tidak perlu membeli makanan saat istirahat yang belum tentu jajanan tersebut di olah dengan bersih dan berasal dari bahan makanan yang sehat. Walau begitu, sisakan momen mempererat keakraban bersama teman dengan sesekali membeli cemilan bersama dengan kadar yang tidak melebihi persentase uang yang ingin di tabung. 

Sibukkan diri dengan hal positif

Belajar bahasa Rusia.
Sibukkan diri dengan hal positif. Photo by @ratushny

Selanjutnya, yuk, sibukkan diri dengan hal positif. Hobby nongkrong dengan teman sangat membantu meningkatkan hubungan harmonis dengan teman. Namun, nongkrong biasanya identik dengan menghabiskan banyak uang jajan.

Kembali ke tujuan awal pelajar. Alihkan aktivitas tersebut ke lebih banyak meng-upgrade kemampuan kognitif diri untuk mencapai apa yang dicita-citakan. Nongkrong, jalan bareng seperlunya agar goal sebagai pelajar tercapai dan keinginan menabung pun terwujud. 

Siapkan media menabung yang pas

Menunda untuk menabung.
Siapkan media menabung yang pas. Photo by Pexels

“Uang ini mau di taruh di mana ya?” Bingung mau letakkan uang di mana? Ya, ini adalah salah satu persiapan wajib sebelum menabung. Siapkan tempat tabungan yang pas, baik itu dengan cara menitipkan pada mama, atau dengan cara menyiapkan celengan di kamar. Siapkan celengan dengan bentuk dan warna yang lucu agar lebih bersemangat menabung. Jika uang yang kamu titipkan di mama sudah mencapai target bulanan, letakkan uang tersebut di bank. Lakukan secara rutin, komitmen yang kuat sangat diperlukan dan fokus pada apa tujuan ke depan yang ingin dicapai.

Menabung adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. Rajin-rajinlah menabung sejak dini untuk mencapai target yang ingin kamu capai. Dengan menabung, muncul perasaan puas tersendiri saat target yang ingin dicapai terwujud. 

Mungkin Anda juga menyukai