Cara Menabung untuk Konser Tanpa Khawatir Keuangan Bermasalah

Crowd dalam sebuah konser
Cara Menabung untuk Konser Tanpa Khawatir Keuangan Bermasalah. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Mau datangi konser impianmu tahun depan? Mari menabung untuk konser sejak awal. Tujuannya agar bisa memastikan diri untuk datang tanpa perlu mengorbankan keuangan pribadi.

Seperti diketahui jika berkunjung ke konser favorit membutuhkan dana tak sedikit. Anggaran yang dikeluarkan meliputi pembelian tiket, transportasi, konsumsi hingga akomodasi.

Jika kamu tidak menabung untuk keperluan tersebut, kamu hanya akan menyulitkan keuangan pribadi. Pasalnya, uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian malah dialokasikan untuk konser.

Risikonya, pemenuhan kebutuhan harian akan lebih sulit. Oleh sebab itu, langkah yang tepat adalah menabung untuk konser. Nah, bagaimana cara melakukannya?

Baca juga: Tantangan Rajin Menabung yang Menarik Dicoba untuk Mencapai Kestabilan Keuangan

Kiat Menabung untuk Menonton Konser Idola

Gambaran orang sedang menghitung uang untuk ditabung
Kiat Menabung untuk Menonton Konser Idola. Photo by Wirestock

Bingung bagaimana memulai menabung? Tenang saja, terapkan tips menabung ini agar impianmu menonton konser terwujud:

1. Kenali Dana yang Dibutuhkan untuk Nonton Konser

Setiap kali hendak menabung, tentu ada tujuannya. Di sini, tujuannya adalah menonton konser. Lantas, berapa besar biaya yang diperlukan?

Kamu perlu menghitungnya sejak awal. Caranya dengan membuat rincian dana yang akan dialokasikan untuk kebutuhan konser. Ini harus dipikirkan sejak awal.

Tentunya, ada banyak biaya yang dikeluarkan selama mengunjungi konser. Ini meliputi pembelian tiket, biaya transportasinya, hingga biaya selama berada di lokasi konser.

Untuk tiket biasanya sudah jelas. Sisanya, tinggal tambahkan dengan sejumlah biaya lainnya yang ingin dikeluarkan. Nantinya, kamu akan mengetahui jumlah biaya yang akan dikeluarkan selama menonton konser.

2. Tentukan Batas Waktu untuk Menabung

Cara menabung selanjutnya adalah dengan menentukan batas waktunya. Ini juga penting untuk dipikirkan.

Namanya juga menabung, maka tidak mungkin berjalan sangat cepat. Tentu ada masa di mana kamu harus mengumpulkan uang secara bertahap.

Kuncinya, kamu harus mengetahui informasi mengenai jadwal konser favorit yang ingin dikunjungi. Usahakan supaya jadwalnya masih cukup lama. Dengan begitu, menabung bisa dilakukan.

Contohnya buat batas waktu selama 3-5 bulan. Usahakan dana sudah terkumpul maksimal menjelang hari penutupan dari penjualan tiket.

3. Tentukan Jumlah Dana yang Ditabung

Setelah mengetahui lamanya menabung dan jumlah keseluruhan anggaran yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah dana yang akan ditabung. Tentukan berapa banyak uang yang disisihkan.

Ketika menentukan jumlahnya, usahakan agar uang yang disisihkan ini tidak sampai menyulitkan keuangan. Pastikan anggaran untuk kebutuhan utama tetap terpenuhi. Sisanya disisihkan untuk keperluan menabung.

4. Buatlah Jadwal Menabung

Ritme menabung sangatlah penting. Ini disesuaikan dengan kebiasaan. Karena kebiasaan ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mengingatnya.

Di sini, kamu bisa menabung secara harian, mingguan atau bulanan. Tentunya, pilihan jadwal menabung juga mempengaruhi besar kecilnya uang yang ditabungkan.

Contohnya bila anggaran yang dibutuhkan untuk nonton konser idola sebesar Rp1.000.000, maka pikirkan bagaimana uang ini terkumpul sesuai batas yang ditentukan.

Ketika batasnya adalah 3 bulan, maka uang yang ditabung per hari sebaiknya di kisaran Rp12.000, mingguan Rp48.000 dan bulanan Rp360.000. Nantinya, total tabungan yang terkumpul selama 3 bulan sekitar Rp1.080.000.

5. Buatlah Tabungan Terpisah

Tanpa membuat tabungan terpisah, kamu akan kesulitan untuk mengelola keuangan. Oleh karena itu, pisahkan penghasilan untuk beberapa kebutuhan.

Bagi penghasilan menjadi beberapa kategori. Mulai dari kebutuhan utama, kebutuhan sekunder hingga tabungan.

Setelah itu, buatkan masing-masing tempat untuk menyimpan uangnya. Kamu bisa menggunakan cara konvensional dengan meletakkan beberapa celengan di rumah. Atau, bisa langsung membuat beberapa rekening.

Setiap kali mendapatkan penghasilan, langsung pisahkan dan masukkan sesuai kategorinya. Tentunya, uang yang ditabungkan harus segera masuk ke rekening atau pun celengan.

6. Mulai Menabung dan Kurangi Pengeluaran

Tips menabung untuk konser selanjutnya adalah segera melakukannya. Hindari kebiasaan menunggu yang membuat kamu tidak mampu mencapai target.

Bisa jadi, tahap awal ini membutuhkan dana lebih besar karena waktunya terlalu mepet. Solusinya, minimalkan keluarkan yang tidak perlu.

Ketika pengeluaran sudah diminimalkan, praktis uang yang disisihkan bisa lebih besar. Tentunya, kamu juga tidak mengorbankan biaya yang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan utama.

Setelah memasuki bulan kedua dan seterusnya, tinggal ikuti ritme yang ditentukan sejak awal. Dengan menabung untuk konser seperti ini, kamu akan lebih mudah dalam mencapai targetnya.

7. Pikirkan Penghasilan Tambahan

Ada kalanya jika penghasilan dinilai masih belum cukup, ini saatnya kamu memikirkan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya dengan memanfaatkan peluang di sekitar.

Kamu bisa meluangkan waktu untuk mencari penghasilan tambahan. Di antaranya membuka layanan katering, jual pakaian atau barang yang tak terpakai, dan jualan foto atau pun mengikuti layanan translator di internet.

Penghasilan tambahan ini bisa menutup semua kekurangan. Bahkan, bisa menambah jumlah tabungan hingga anggaran-anggaran lain yang mendesak.

Apabila sudah mendapatkan penghasilan tambahan, kuncinya adalah tidak menaikkan gaya hidup. Tetapi, tetaplah berpegang pada gaya hidup sebelumnya. Dengan begitu, keuangan pribadi tetap stabil dan bisa mengalami peningkatan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan agar tidak menyulitkan keuangan pribadi. Kunci menabung untuk konser adalah cermat dalam mengelola keuangan. Ketika keuangan dikelola dengan benar, apa pun bisa kamu wujudkan tanpa khawatir keuangan bulanan bermasalah.

Mungkin Anda juga menyukai