Inilah Penjelasan Singkat Wisata Syariah yang Perlu Dipahami

Seorang wanita sedang mengambil foto suatu objek
Penjelasan mengenai wisata syariah. Photo by KlikCair
Waktu baca: 2 menit

Pariwisata di dunia saat ini berkembang dengan begitu cepat. Banyak negara yang mulai berlomba-lomba untuk memajukan sektor pariwisata guna menunjang perekonomian negara. Banyak negara yang berhasil mengembangkan pariwisatanya hingga membuat perekonomian negara tersebut menjadi meningkat dengan signifikan.

Peluang bisnis pariwisata dirasa menjadi salah satu sektor bisnis yang paling menguntungkan. Apalagi, jika sebuah negara tersebut memiliki kekayaan yang melimpah unuk dijadikan pariwisata seperti Indonesia. Hal tersebut akan menjadi sebuah peluang yang sangat besar untuk meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Indonesia.

Semua negara berlomba-lomba memberikan fasilitas wisata terbaik kepada para wisatawan. Namun, para wisatawan Muslim membutuhkan sebuah wisata yang tetap mengedepankan syariat Islam dalam pengelolannya. Seperti penginapan, makanan, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, muncul sebuah konsep wisata yang dinilai akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan Muslim yang diberi nama dengan wisata syariah.

Apa itu wisata syariah? Wisata syariah adalah sebuah pengelolaan wisata yang berdasarkan pada syariat Islam. Artinya, dalam wisata tersebut tidak akan menyediakan fasilitas yang bertentangan dengan syariat Islam. Semua pengelolaan wisata mulai dari penginapan, tempat ibadah, akomodasi, makanan, dan destinasi wisata akan didesain sedemikian rupa agar bisa memberikan kenyamanan bagi para wisatawan dalam melakukan wisata tersebut.

Dengan adanya wisata syariah, seorang wisatawan tidak perlu merisaukan lagi tentang bagaimana ibadahnya? bagaimana makanannya? dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut telah disediakan untuk memberikan kenyamanan pada para wisatawan. Dengan begitu, wisatawan akan merasa tenang dan menikmati perjalanan wisatanya tanpa harus merisaukan untuk menjalankan syariat-Nya.

Baca juga: Mampukah Wisata Halal Membantu Ekonomi Syariah Indonesia?

Perbedaan Wisata Syariah dengan Wisata Religi

penjelasan wisata syariah
Perbedaan wisata syariah dan wisata religi. Photo by IDN Times

Setelah kamu membaca beberapa penjelasan tentang wisata syariah, apakah kamu mempunyai pemikiran bahwa wisata syariah sama dengan wisata religi? Banyak orang yang mengira bahwa wisata syariah sama dengan wisata religi. Padahal wisata syariah jelas berbeda dengan wisata religi. Perbedaan tersebut diantaranya terletak pada tempat wisatanya.

Wisata religi merupakan wisata yang lebih mengedepankan pada ketenangan batin. Tempat wisata religi pun biasanya berupa tempat yang memiliki sejarah Islam maupun berbagai tempat yang ada hubungannya dengan agama Islam. Beberapa contoh dari wisata religi misalnya ibadah Haji, Ibadah Umroh, Ziarah Wali dan lain sebagainya.

Berbeda dengan wisata religi, wisata syariah bukanlah wisata yang kaitannya dengan beribadah. Akan tetapi, wisata syariah merupakan sistem pengelolaan yang dilakukan oleh sebuah tempat wisata guna memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi wisatawan Muslim. Destinasi wisata yang diberikan dalam wisata syariah pun beragam bentuknya, seperti pantai, gunung, ataupun budaya lokal. Akan tetapi, fasilitas yang diberikan seperti hotel, akomodasi, makanan, dan sebagainya, disediakan menggunakan syariat Islam sesuai dengan kebutuhan wisatawan Muslim.

Dari beberapa penjelasan di atas, sudah bisa disimpulkan bahwa wisata syariah berbeda dengan wisata religi. Wisata syariah lebih luas cakupannya dan destinasi wisatanya pun beragam. Indonesia sebagai negara dengan kekayaannya yang sangat melimpah, seharusnya dapat memanfaatkan beberapa kekayaan tersebut untuk dibuat menjadi wisata syariah. Peluang tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh negara Indonesia. Dengan begitu bisa lebih menarik para wisatawan khususnya wisatawan Muslim dari timur tengah. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, diharapkan akan meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia.

Demikian informasi mengenai penjelasan wisata syariah yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.

Mungkin Anda juga menyukai