Sering Diremehkan, Pentingnya Asuransi untuk Proteksi Diri

Pentingnya asuransi proteksi untuk diri sendiri dan keluarga.
Waktu baca: 5 menit

Semua orang tentu ingin terjamin kehidupannya, mulai jaminan kesehatan, hari tua hingga bekal di masa mendatang. Maka dari itu, asuransi proteksi menjadi pilihan terbaik sebagai solusi permasalahan tersebut. Namun, terkadang masih saja ada keengganan dalam memiliki asuransi ini. Padahal, asuransi memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Apa saja jenis asuransi dan manfaatnya, serta bagaimana memilihnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis asuransi jiwa

Asuransi proteksi seperti asuransi jiwa memiliki beberapa jenis berdasarkan manfaatnya. Perbedaan asuransi ini bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan, kemampuan membayar premi, serta daya beli dalam masyarakat. Berikut beberapa jenis asuransi jiwa untuk diri sendiri dan keluarga yang perlu kamu ketahui.

1. Asuransi jiwa berjangka

Bila kamu ingin memiliki asuransi proteksi sekaligus menjamin masa depan keluarga, asuransi jiwa berjangka sangat cocok untuk dipilih. Kontrak dari asuransi jenis ini biasanya mulai dari lima hingga 20 tahun dengan premi tetap yang murah. Keuntungan dari asuransi jiwa ini antara lain adalah, sebagai pemegang polis kamu akan mendapatkan kebebasan dalam menentukan besaran premi sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Keuntungan berikutnya adalah keuntungan dari uang pertanggungan yang bisa diperoleh bisa mencapai miliran rupiah. Dengan artian bahwa bila tertanggung (nasabah) ini meninggal masih dalam masa kontrak aktif, uang pertanggungan yang dibayarkan kepada ahli waris cukup besar.

2. Asuransi jiwa seumur hidup

Asuransi proteksi berikutnya adalah asuransi jiwa seumur hidup. Meskipun nama asuransi seumur hidup, namun biasanya perusahaan hanya membatasi pemberian manfaat perlindungan hanya untuk jangka waktu 100 tahun kepada tertanggung. Premi asuransi ini memang terbilang cukup besar. Akan tetapi, manfaat yang didapat antara lain bisa digunakan sebagai tabungan dan instrumen investasi jangka panjang.

Sebagai pemegang polis, kamu bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang dibayarkan. Premi tersebut tidak akan hangus bila tidak ada klaim dan ketika kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan sepenuhnya oleh perusahaan asuransi proteksi.

3. Asuransi jiwa dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna biasa juga disebut dengan endowment insurance yang memberikan dua manfaat sekaligus selain sebagai asuransi perlindungan juga sebagai tabungan di masa mendatang. Dalam asuransi proteksi ini kamu juga bisa menarik polis asuransi yang sudah dibayarkan sebelum masa kontrak berakhir.

Keuntungannya adalah kamu bisa menggunakan polis yang sudah ditarik tersebut untuk keperluan lainnya, semisal untuk biaya pendidikan dan sebagainya. Lalu, ketika tertanggung masa kontraknya sudah habis dan masih hidup maka tertanggung ini berhak mendapatkan seluruh uang pertanggungan yang sudah dibayarkan.

4. Asuransi jiwa unit link

Terakhir, asuransi proteksi yang paling sering ditawarkan oleh agen maupun perusahaan adalah unit link. Adapun keuntungan dari asuransi jiwa ini adalah kamu tidak hanya mendapatkan proteksi jiwa saja, tetapi juga memiliki imbal hasil investasi yang cukup tinggi. Imbah hasil tersebut diambil dari bunga yang cukup tinggi setiap tahunnya. Akan tetapi, uang pertanggungannya tergolong rendah terlebih bila investasinya gagal dan menghasilkan keuntungan yang sedikit.

Manfaat asuransi jiwa untuk proteksi diri

Jika kita melihat beberapa jenis asuransi di atas, maka bisa disimpulkan sebenarnya asuransi proteksi memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri maupun keluarga. Sebenarnya, apa saja manfaat dari asuransi yang sudah kita beli tersebut secara garis besar? Berikut di antaranya.

1. Memberikan ketenangan

Manfaat pertama sudah jelas, asuransi proteki akan memberikan ketenangan. Seseorang tidak ingin hal buruk terjadi pada dirinya maupun keluarga, namun ketika hal buruk tersebut terjadi seseorang tidak bisa mengelaknya. Contohnya, ketika kamu sakit keras dan tanpa memiliki persiapan yang matang akan menyusahkan dan kamu pun harus berpikir keras. Akan berbeda bila kamu memiliki asuransi proteksi. Kamu bisa mendapatkan penanganan dan fasilitas sesuai premi yang dibayarkan sesuai kesepakatan pada waktu tertentu.

Baca juga: 4 Program Dana Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Sejahtera

2. Sebagai aset di masa tua

Hal kedua mengapa kamu memerlukan asuransi proteksi adalah sebagai aset di masa tua. Seiring bertambahnya usia, produktivitas seseorang akan berkurang. Sementara itu, kehidupan masa tua memiliki biaya yang tidak sedikit. Jika kamu hanya mengandalkan biaya pensiun mungkin tidak akan cukup terutama dalam keadaan darurat. Mengantisipasi hal tersebut, asuransi jiwa memberi solusi jaminan masa tua. Premi yang kamu bayarkan setiap bulan bisa menjadi tabungan untuk masa tua.

3. Memberi perlindungan jiwa pada keluarga

Menyambung dari poin di atas, selama masa tua risiko terkena penyakit semakin besar karena daya tahan yang makin menurun. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan baik bagi diri sendiri maupun keluarga. Akan tetapi, biaya kesehatan memang tidak murah. Tidak memiliki asuransi proteksi tentu sangat bermasalah. Namun, ketika kamu memiliki asuransi proteksi, sebagian biaya perlindungan kesehatan akan ditanggung oleh asuransi. Inilah yang membuat perlindungan jiwa semakin terjamin.

Pentingnya menggunakan asuransi proteksi
Mengapa harus menggunakan asuransi proteksi? Photo by Pexels.

4. Keuangan menjadi teratur

Manfaat keempat dari adanya asuransi proteksi ialah keuangan kamu menjadi teratur. Memang, mengatur keuangan bukan perkara mudah, apalagi menyisihkannya untuk keperluan darurat. Setidaknya dengan memiliki asuransi proteksi kamu bisa tahu berapa besaran yang perlu disisihkan. Asuransi proteksi juga memiliki paket-paket polis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pembayaran premi. Jadi, kamu tidak perlu menghitung dengan rumit sebab premi yang dibayar sudah berdasarkan perhitungan yang matang.

5. Dapat menjadi instrumen investasi

Seperti dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, manfaat lainnya dari asuransi proteksi dapat menjadi sebuah instrumen investasi. Dalam hal ini adalah untuk asuransi unit link, premi yang dibayarkan dapat pula kamu gunakan sebagai instrumen portofolio investasi lainnya. Contohnya saja portofolio saham, deposito, hingga reksadana yang bebas untuk kamu pilih. Keuntungannya pun tentu bisa berlipat ganda.

6. Bisa digunakan untuk menjamin pendidikan anak

Berikutnya yang bisa kamu dapatkan dari asuransi proteksi bisa digunakan untuk tabungan pendidikan anak. Perlu kita ketahui, biaya pendidikan memang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Oleh karena itulah penting kiranya bagi para orang tua mempersiapkan biaya pendidikan. Adanya asuransi proteksi bisa kamu jadikan solusi masalah ini seperti keuntungan yang dimiliki oleh asuransi dwiguna.

Tips memilih asuransi jiwa terbaik

Memiliki asuransi proteksi memang penting untuk menjamin kehidupan dan masa kita. Meski begitu, kamu perlu kecermatan dan kehati-hatian saat membeli asuransi. Ada beberapa hal berikut ini  yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih dan membeli asuransi agar semakin nyaman serta mendapatkan produk terbaik.

1. Pastikan sesuai kebutuhan

Membeli asuransi proteksi, sama halnya dengan kamu membeli produk lainnya. Contohnya saja adalah mengenal dan memastikan produk apa saja yang perlu dibeli. Pastikan pula produk asuransi proteksi yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu membayar premi di tiap bulannya. Sebab, bila kamu membelinya namun ternyata tidak sesuai dengan kemampuan hal ini bisa menjadi beban pengeluaran.

2. Rekam jejak perusahaan asuransi

Tidak hanya dari segi pribadi kamu saja, dalam memilih perusahaan asuransi proteksi kamu pun perlu mengetahui rekam jejaknya. Sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang sudah berpengalaman dan mendapatkan kredibilitas terpercaya di masyarakat. Semisalnya saja memiliki badan hukum yang jelas dan memberikan pelayanan terbaik. Untuk hal ini kamu bisa melihat dari testimoni yang diberikan oleh pengguna lainnya melalui media internet dan website resmi perusahaan asuransi tersebut.

3. Pelayanan

Memilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan ekstra, akan sangat bermanfaat bagi kamu. Beberapa contohnya adalah pelayanan maksimal 24 jam, dengan begitu kamu akan mudah memperoleh informasi mengenai produk asuransi bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, pilihlah asuransi yang memberikan kemudahan dalam klaim seperti apakah perusahaan asuransi bekerjasama denganrumah sakit dan sebagainya.

4. Sebaiknya lakukan ketika masih sehat

Kebiasaan buruk dari seseorang adalah selalu menunda-nunda hal baik, termasuk dalam membeli asuransi. Untuk hal satu ini sebaiknya jangan kamu lakukan ketika membeli asuransi proteksi. Kamu perlu membeli asuransi saat dalam kondisi sehat. Mengapa demikian? Sebab bila kamu membeli pada saat jatuh sakit, tentu saja biayanya akan membengkak. Jadi, belilah sedini mungkin ketika kamu masih sehat dan mampu membayar premi.

Besar bukan manfaat asuransi bagi diri sendiri maupun keluarga. Agar asuransi semakin aman dan nyaman, kamu juga bisa dengan menambahkan investasi lainnya supaya keuangan tetap stabil. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

You may also like...

Leave a Reply